Balita

Rekomendasi Mainan Edukatif Anak Untuk Usia 2-8 Tahun

Rekomendasi Mainan Edukatif Anak Untuk Usia 2-8 Tahun

Sebagai orang tua, tentu kita menginginkan anak tumbuh menjadi sosok yang cerdas dan trampil dalam segala hal. Nyatanya, hal ini tentu tidak akan timbul begitu saja tanpa adanya edukasi dan stimulasi yang tepat dari orang tua.

Akan tetapi, sebenarnya dalam mewujudkan hal tersebut bisa dilakukan dengan berbagai cara mudah, lho! Contohnya memberikan anak mainan edukatif yang menarik.

Sebuah jurnal berjudul Children’s Only Profession: Playing With Toys mengungkapkan, mainan edukatif anak memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan si kecil. Bahkan mainan edukatif untuk anak berkontribusi pada pengembangan ketrampilan kognitif, motorik, psikososial, emosional, dan linguistik anak, lho!

Hal ini nantinya juga sangat berkontribusi dalam membantu orang tua dalam membesarkan anak-anak yang percaya diri, kreatif, dan bahagia. Namun, saat beli mainan edukatif anak orang tua perlu memperhatikan bahan-bahan berkualitas yang aman bagi si kecil. Yuk, ketahui cara memilih mainan edukatif untuk anak yang tepat dalam ulasan berikut ini!

Pentingnya memilih mainan edukatif anak


Sebelum memutuskan untuk beli mainan edukatif anak, Ibu perlu tahu bahwa nggak semua mainan edukatif anak aman dimainkan oleh si kecil, lho! Apalagi beberapa jenis mainan beserta dengan bahan dasar pembuatannya bisa jadi justru membahayakan si kecil.

Melansir Healthy Children bukan tidak mungkin sebuah mainan justru bisa membuat anak cedera. Meskipun cedera ringan layaknya lecet, terbentur mainan hingga hal lainnya.

Tapi yang pasti, mainan dapat menyebabkan cedera serius atau bahkan kematian pada anak. Untuk itu di sinilah pentingnya peran orang tua dalam membantu memilih mainan edukatif anak.

Berikut ini adalah beberapa tips dan trik mudah dalam memilih mainan edukatif anak yang bisa Ibu terapkan:

  1. Baca labelnya. Beberapa mainan memiliki label peringatan guna memberikan informasi penting terkait tata cara menggunakan mainan dan usia berapa mainan itu aman untuk digunakan. Pastikan untuk menunjukkan kepada anak dalam menggunakan mainan tersebut dengan cara yang benar ya Bu
  2. Awasi saat anak bermain. Jangan berikan usia di bawah 5 tahun mainan bola manik-manik kecil yang berisiko membuat anak menelan mainan dan membuatnya tersedak
  3. Hindari beli mainan edukatif yang menembakkan benda ke udara. Sebab dapat menyebabkan cedera mata yang serius atau juga tersedak
  4. Hindari mainan yang berisik untuk mencegah kerusakan pendengaran anak
  5. Pilih boneka mainan edukatif yang dibuat dengan bahan baik
  6. Beli mainan edukatif berbahan plastik yang kokoh. Sebab, mainan yang terbuat dari plastik tipis mudah pecah menjadi potongan-potongan tajam
  7. Hindari mainan yang mengandung bahan beracun dan dapat berisiko menyebabkan anak keracunan
  8. Hindari membeli mainan edukatif anak berbahan kimia berbahaya yang bisa menyebabkan kebakaran.

Nah, tak lupa dalam memberikan mainan edukatif untuk anak juga harus disesuaikan dengan usia mereka ya Bu. Kalau bisa, saat memilih mainan edukatif anak juga perlu berdasarkan penelitian dari para ahli dan psikolog. Supaya orang tua maupun anak juga bisa memetik manfaat dari mainan edukatif yang diberikan.

Learning Time, mainan edukatif anak yang bisa jadi pilihan


Zaman sekarang, nggak perlu lagi khawatir saat beli mainan edukatif untuk anak. Apalagi, saat ini sudah ada Learning Time, yang merupakan sebuah brand mainan edukatif anak.

Menariknya, brand ini menawarkan mainan edukatif untuk anak bahkan dari usia 0-8 tahun yang sangat menarik, lho! Bahkan setiap mainannya sengaja didesain oleh para ahli berdasarkan tahap tumbuh kembang anak, berkualitas tinggi dan berstandar kurikulum pendidikan internasional.

Dikutip berdasarkan press release yang Ibupedia dapatkan, sebelumnya Learning Time memang telah sukses mengeluarkan beberapa produk seperti; Early Learning Kit (mainan edukasi untuk usia 0-24 bulan), The Storytelling Kit (paket mainan edukasi untuk usia 2.5-5 tahun), serta School Essential Kit (paket pembelajaran untuk usia 2-3 tahun).

Nah, saat ini Learning Time kembali meluncurkan mainan edukatif anak terbarunya yang bernama The Emomo Kit. Produk ini dikemas dalam sebuah paket untuk pembelajaran sosial & emosi (Social Emotional Learning) kepada anak usia 2-8 tahun.

Mainan edukatif 2 tahun untuk anak ini punya banyak manfaat untuk membantu orang tua dalam berkomunikasi dengan anak, serta memperkenalkan berbagai jenis emosi kepada anak melalui seperangkat alat yang tersedia di paket ini. Jadi otomatis bisa menciptakan pola asuh positif serta mempererat hubungan orang tua dan anak.

Mainan edukatif anak The Emomo Kit, ini juga bisa membantu orang tua dalam melihat dunia anak melalui perspektif mereka. Apalagi anak-anak cenderung memiliki imajinasi yang lebih tinggi dibanding orang dewasa.

Menariknya lagi, The Emomo Kit akan diwakilkam oleh karakter bernama Emomo, yanni sebuah ‘makhluk perasaan’ yang dapat berubah warna berdasarkan perasaan si kecil. Dengan kata lain, diharapkan nantinya Emomo bisa jadi karakter dalam mainan edukatif anak yang dapat membantu anak mengerti perasaan serta emosi mereka.

9 paket The Emomo Kit yang bisa jadi pilihan


Paket The Emomo Kit ini nggak hanya terdiri dari 1 pilihan saja, lho! Bahkan Ibu bisa memilih 9 varian paket yang bisa disesuaikan dengan usia dan kemampuan si kecil.

Nah, yang terpenting The Emomo Kit telah mendapat review positif dari KOL, orang tua, sekolah hingga ahli dan psikolog. Jadi sudah pasti mainan edukatif ini sangat aman dan bermanfaat buat si kecil ya, Bu!

Beberapa paket The Emomo Kit yang bisa jadi pilihan buat orang tua adalah sebagai berikut:

1. Menemukan Emomo (Rp 75.000)

Buku ini akan menjadi refleksi atas perkenalan diri anak dengan sebuah emosi yang seru sekaligus menegangkan.

2. Tentang Perasaanku (Rp 75.000)

Ini merupakan buku cerita tentang pengenalan setiap perasaan dengan warna Emomo yang terkait. Sangat disarankan untuk membaca buku ini setelah buku Menemukan Emomo sebagai perkenalan dengan karakter.

3. Saat Duo Duo Marah (Rp 75.000)

Amarah adalah bagian dari emosi yang sulit dihadapi oleh anak. Buku ini akan mengajarkan anak bahwa marah adalah perasan normal serta bagaimana cara menangani amarah dengan sehat.

4. Boneka Emomo 2 Sisi (Rp 105.000)


Boneka ini bisa dapat berubah dari bahagia menjadi sedih, agar dapat membantu anak menenangkan diri dengan cara yang benar

5. Poster Perasaanku Hari Ini


Poster ini dapat membantu anak menunjuk perasaan apa yang sedang  mereka rasakan.

6. Papan Penunjuk Perasaan (Rp 230.000)


Papan ini adalah inti dari paket mainan edukatif anak yang sengaja didesain oleh para konselor, terapis dan pengajar yang berkolaborasi dengan Learning Time. Tujuannya agar anak dapat mengidentifikasi dan mengekspresikan emosi dengan mudah.

7. Jurnal Pemikiran (Rp 125.000)


Anak lagi suka menulis diary? Ibu bisa lho menghadiahkan mainan edukatif anak yang satu ini. Jurnal pemikiran merupakan buku yang dilengkapi dengan berbagai pengarahan. Dilengkapi dengan buku stiker yang dapat mewakili perasaan anak.

8. Balok Yang Menenangkan (Rp 150.000)


Mainan balok ini merupakan mainan edukatif kayu anak dengan bentuk yang unik. Mainan edukatif kayu ini berfungsi menenangkan diri dan melatih fokus anak dalam sebuah tugas yang sangat sederhana namun juga menantang. Menariknya, mainan edukatif ini juga sudah dilengkapi dengan kartu tantangan, lho!

9. Buku Panduan Orang tua

Buku panduan ini akan membantu menjelaskan informasi setiap produk pada orang tua, serta memberikan penjelasan mengapa pembelajaran sosial emosi itu penting. Nah, kalau kamu mau membeli mainan edukatif ini sudah tersedia dalam bentuk paket, set dan juga satuan dalam bahasa Indonesia & Inggris.


Parents bisa membeli seluruh paket edukasi The Emomo Kit secara lengkap di Tokopedia atau Shopee yaa!