Balita

Rekomendasi Sepatu Anak untuk Membantu Tumbuh Kembang

Rekomendasi Sepatu Anak untuk Membantu Tumbuh Kembang

Ternyata dalam memilih sepatu anak kecil tidak boleh sembarangan lho!

Seiring dengan berjalannya si kecil, Ibu pasti semakin tidak sabar untuk membelikan si kecil berbagai sepatu. Ada banyak jenis sepatu yang beredar di pasaran. Bagaimanakah cara memilih sepatu anak kecil yang sesuai dan tidak mengganggu tumbuh kembangnya?

Tips memiih sepatu anak

Berikut hal-hal yang harus Ibu perhatikan terlabih dahulu sebelum memutuskan membeli sepatu anak kecil bagi buath hati.

  • PIlih ukuran yang pas. Ukuran kaki anak cepat sekali berubah seiring dengan pertumbuhannya. Sebelum membeli, ibu disarankan untuk mengukur terlebih dahulu panjang kaki anak. Saat mengukur kaki anak, pastikan si kecil menggunakan kaus kaki dan berdiri tegak. Cara ini sangat membantu dalam menemukan ukuran sepatu yang pas dan tidak kesempitan.
  • Beli ukuran yang pas. Ibu bisa membelikan sepatu dengan ukuran sedikit lebih besar. Jangan sampai Ibu membeli ukuran yang jauh lebih besar dengan alasan agar sepatu awet. Alih-alih awet, anak malah akan rentan tersandung dan terjatuh jika memakai sepatu yang kebesaran. Jangan juga membeli sepatu yang kekecilan karena akan menghambat pertumbuhan kaki anak dan membuat kakinya sakit.
  • Utamakan bahan sepatu yang nyaman. Sepatu anak yang beredar di pasaran terdiri dari aneka bahan. Mulai dari kanvas, kain, kulit, dan karet. Hindari memilih sepatu dengan bahan karet atau plastik. Bahan karet atau plastik sebaiknya sendal saja. Pastikan juga sepatu memiliki sirkulasi udara yang baik seperti adanya pori. Sepatu anak kecil juga sebaiknya fleksibel atau mudah ditekuk sehingga memudahkan mobilitasnya. Berat sepatu juga jangan terlalu besar agar anak lebih mudah berlari-lari menggunakannya.
  • Utamakan beli di toko, bukan daring. Meski Ibu sudah mengetahui panjang sepatu anak, Tidak semua sepatu memiliki dimensi lebar, tinggi sertan kenyamanan yang sama pada semua merk. Sebagai contoh, jika kaki anak memiliki punggung kaki tebal, anak tidak cocok menggunakan sepatu dengan model ceper.
  • Perhatikan sol luar sepatu. Selain mempertimbangkan model, ibu juga harus memastikan sol luar sepatu yang memiliki anti slip sehingga anak tidak mudah jatuh terpleset. Hindari juga sol dengan lekukan yang terlalu dalam karena dapat membuat anak tersangkut di tepi karpet dan membuatnya tersandung.
  • Pertimbangan apakah memilih sepatu bertali atau velcro. Meski sepatu bertali terlihat keren, jangan pilih sepatu model ini jika anak belum bisa mengikat sepatu sendiri. Selain akan merepotkan ibu, sepatu bertali pada anak yang belum bisa mengikat sepatu sendiri rentan membuatnya sering terjatuh akibat terlepas. Jika menginginkan sepatu bertali, sebaiknya pilih sepatu velcro dengan tali hanya sebagai aksesoris saja.

Rekomendasi sepatu anak laki-laki

1. Pyopp Gallop Sneaker X Andien

Sumber: pyopp.id

Pyopp Gallop Sneaker merupakan kolaborasi antara merk sepatu Pyopp dan artis Andien. Desainnya memungkinkan anak berjalan dengan leluasa karena memiliki sol yang super lentur. Sepatu anak laki-laki ini memiliki ujung lebar sehingga cocok bagi anak yang memiliki bentuk kaki depan lebar. Bahan utama sepatu adalah seperti jaring yang membuat sepatu memiliki sirkulasi udara yang baik. 

Harga: Rp 358.000 

2. Asics Idaho mini

Sumber: asics.com

Dengan desainnya yang menarik dan sporty, sepatu anak laki-laki ini cocok bagi yang aktif bermain dan banyak bergerak. Menggunakan bahan yang lembut untuk melindungi jari-jari anak. Memiliki bantalan tipis agar dapat meredam guncangan saat kaki anak dipakai berjalan. Selain itu, bahannya mudah dibersihkan sehingga tidak perlu khawatir jika suatu waktu terciprat air kotor atau sisa makanan. Desainnya juga memiliki motif asics yang ikonik, membuat Asics Idaho mini ini membuat si kecil terlihat stylish dan sporty.

Harga: 699.000

3. Onitsuka Tiger Mexico 66 Baja

Sumber: onitsuka.cc

Meski sepatu anak laki-laki ini ini berwarna putih, sepatu ini terbuat dari material kulit premium yang mudah dibersihkan. Ini sangat cocok untuk anak yang aktif bermain di luar ruangan. Ibu tidak perlu khawatir lagi jika sepatu anak terciprat banyak noda. Desain Onitsuka sudah sangat tersohor dengan ciri iconic dan stylish.

Harga: Rp 899.000

Rekomendasi sepatu anak perempuan

1. Attipas Ribbon

Sumber: blibli.com

Jika ibu ingin membeli sepatu anak perempuan yang baru belajar berjalan, maka Attipas Ribbon adalah pilihan yang tepat. Sepatu keluaran Attipas ini didesain dengan seksama memperhitungkan kenyamanan penggunanya. Bentuknya seperti kaus kaki yang memiliki sol dibawahnya, sehingga kelenturannya cocok untuk anak yang baru bisa berjalan. Kaki anak tetap terlindungi meskipun menggunakan bahan seperti kaus kaki saja.

Harga: Rp 368.000

2. Hello Mici Sheva

Sumber: shopee.co.id

Tersedia pilihan warna pink sehingga sepatu ini cocok sebagai sepatu anak perempuan. Hello Mici Sheva terbuat dari bahan sintetis yang mudah dibersihkan dan nyaman bagi kaki si kecil. Produk ini mengutamakan 5 poin utama dalam pemilihan sepatu yaitu bentuk, bahan, sol, dan area kosong untuk pertumbuhan kaki yang luas. Sol yang digunakan juga cukup kokoh sehingga anak semakin percaya diri dalam melangkah.

Harga: Rp 225.000

Itulah rekomendasi sepatu anak laki-laki dan sepatu anak perempuan. Ibu sekarang tidak bingung lagi kan dalam memilih sepatu si kecil?

Penulis: Zeneth Thobarony
Editor: Dwi Ratih