Balita

Si Kecil Mogok Makan? Simak Ide Makanan Untuk Anak Tumbuh Gigi

Si Kecil Mogok Makan? Simak Ide Makanan Untuk Anak Tumbuh Gigi

Mengonsumsi makanan yang bergizi sangat penting bagi bayi di atas usia 6 bulan. Namun, terkadang proses pemberian MPASI memang tak semudah yang dibayangkan.

Apalagi ketika si kecil sedang tumbuh gigi, dari yang tadinya lahap makan bisa tiba-tiba mogok makan. Hal ini jelas bikin Ibu pusing tujuh keliling.

Ditambah dengan si kecil yang seringkali rewel di malam hari, akibat kemungkinan rasa sakit yang ditimbulkan saat tumbuh gigi. Jika sudah seperti ini, biasanya Ibupun tak punya pilihan lain selain bersabar.

Meski begitu, perlu diingat pada proses ini si kecil tetap tidak boleh kekurangan nutrisi ya Bu. Ibu tetap harus memberikan makanan bergizi sedikit demi sedikit pada si kecil. Nah, berikut ini adalah beberapa pilihan makanan untuk anak tumbuh gigi yang bisa Ibu berikan.

Tumbuh gigi dan menolak makan, apa yang harus Ibu lakukan? 

Tumbuh gigi pada bayi merupakan fase yang normal dialami oleh semua orang tua. Proses anak tumbuh gigi pun biasanya beragam, ada yang rewel dan tidak nafsu makan, tapi ada pula yang tidak mengalami gangguan sama sekali.

Jika melansir WebMD pada umumnya gigi pertama bayi akan muncul mulai usia 4-7 bulan. Namun hal ini tentu berbeda bagi tiap bayi, ada yang lebih cepat atau lebih lambat. Anak tumbuh gigi biasanya ditandai dengan beberapa ciri berikut:

  • Gusi kemerahan dan tampak bengkak serta terasa lembut saat disentuh
  • Bayi lebih rewel dan sering menangis tanpa sebab
  • Demam ringan hingga sedang
  • Sering mengeluarkan air liur
  • Gemar menggigit semua benda di sekitarnya
  • Muncul ruam merah di wajah
  • Batuk atau pilek
  • Sering menarik pipi dan telinganya
  • Lebih sering memasukkan tangan ke mulut
  • Terjadi perubahan pola tidur
  • Menolak makan

Proses tumbuh gigi pada anak biasanya memang cukup menyakitkan. Sehingga wajar adanya jika anak tumbuh gigi tidak mau makan sama sekali.

Meski begitu, melansir Today’s Parent proses tumbuh gigi ini tidak membahayakan bayi. Selama bayi cukup cairan serta nafsu makan tidak berkurang banyak maka hal ini tidak menjadi masalah.

Akan tetapi, bagi bayi yang makan lebih sedikit selama tumbuh gigi ada baiknya Ibu perlu lebih sering menawarkan makanan. Obat-obatan seperti Ibuprofen dapat mengurangi peradangan dan meminimalkan rasa sakit dan membantu anak lebih nyaman saat makan. Namun, konsumsi obat ini harus sesuai dengan petunjuk dari dokter ya Bu.

Aneka makanan untuk anak tumbuh gigi

Mengingat proses tumbuh gigi anak cukup menyakitkan, maka Ibu bisa membantu meringankan rasa sakitnya dengan memberikan makanan pereda nyeri. Melansir Strong 4 Life berikut adalah aneka makanan untuk anak tumbuh gigi yang bisa Ibu berikan pada si kecil:

1. Makanan dingin

Saat anak tumbuh gigi, gusinya pun bisa menjadi lebih sensitif dan bengkak, sehingga membuat proses mengunyah makanan menjadi menyakitkan baginya. Kabar baiknya, ada berbagai macam makanan untuk anak tumbuh gigi yang mudah dikonsumsi seperti:

  • Makanan bayi yang didinginkan atau dihaluskan (puree). Ibu bisa memberikan puree buah yang didinginkan di dalam chiller atau freezer sebagai camilan, guna membantu menenangkan gusi yang sakit.
  • Makanan lunak yang mudah di telan. Yogurt, bubur, mashed potato dan buah adalah pilihan yang tepat untuk si kecil.
  • Aneka buah-buahan beku, sayuran atau ASIP yang dibentuk seperti es lilin. Ibu bisa membuat es lilin sendiri dengan buah  yang di bekukan seperti pisang, kiwi atau buah naga untuk membantu menenangkan gusi bayi yang sensitif.

2. Makanan sedikit asin atau manis

Makanan untuk anak tumbuh gigi lainnya ya g bisa diberikan adalah makanan dengan rasa sedikit asin atau manis. Tumbuh gigi tidak hanya dapat menyebabkan si kecil makan lebih sedikit, tetapi juga dapat menyebabkannya menginginkan makanan manis dan asin yang mudah dimakan.

Meskipun biskuit bayi berbentuk puff mungkin lebih mudah untuk digenggam oleh bayi, namun terkadang ia juga ingin rasa lain yang lebih enak. Ibu bisa mencoba beberapa makanan berikut:

  • Plain yoghurt
  • Keju batangan
  • Orak-arik telur
  • Hummus
  • Saus apel
  • Buah yang dihaluskan atau lunak, seperti pisang
  • Sereal gandum panggang
  • Roti gandum utuh (potong-potong)
  • Kacang polong dan irisan mentimun tipis

3. Sup

Sup juga dianjurkan sebagai salah satu makanan untuk anak tumbuh gigi. Ibu bisa membuat berbagai resep sup seperti sup wortel, sup beras merah, sup kentang, atau sup sayuran lembut lainnya.

Ibu juga bisa membuat sup labu kuning yang lembut dengan ditambah keju dan susu. Labu mengandung vitamin C, A, E, K, fosfor, zat besi, magnesium, kalium, riboflavin, serta kaya akan asam folat yang baik jika dikonsumsi bayi saat sedang tumbuh gigi.

Labu bermanfaat untuk menambah kekebalan tubuh. Supaya si kecil tetap sehat selama proses tumbuh gigi berlangsung.

4. Smoothies

Makanan untuk anak tumbuh gigi selanjutnya yang bisa diberikan adalah smoothies. Yup! Ketika bayi tumbuh gigi, Ibu memang dituntut untuk lebih kreatif dalam mengolah makanan.

Nah, salah satu yang bisa jadi pilihan adalah dengan memberikan smoothies buah. Smoothies buah yang lembut dan dingin dapat membantu meredakan nyeri di gusi bayi, Ibu juga dapat memberikan smoothies buah bagi bayi yang sedang belajar minum dari sedotan.

5. Memberikan teether dingin

Meski bukan merupakan makanan, teether dingin yang dibekukan bisa membantu meredakan gusi bayi yang bengkak saat proses tumbuh gigi berlangsung. Teether yang beku juga bisa membantu merangsang proses tumbuh gigi si kecil jadi lebih cepat, sehingga nafsu makannya bisa kembali normal.

Makanan untuk anak tumbuh gigi jaman sekarang memang sudah beragam. Semoga ulasan ini bisa membantu para Ibu yang sedang kebingungan menghadapi bayi yang sedang tumbuh gigi ya Bu!


Editor: Atalya