Balita

Tetap Penuhi Nutrisi Si Kecil, 7 Tips MPASI Saat Mudik Anti Ribet!

Tetap Penuhi Nutrisi Si Kecil, 7 Tips MPASI Saat Mudik Anti Ribet!

Buibu ada yang berencana mudik dalam waktu dekat, tapi masih bingung gimana cara mempersiapkan MPASI saat mudik? Jangan dulu membayangkan bahwa mempersiapkan MPASI saat mudik, akan serepot itu ya Bu.

Karena sebenarnya, kalau segalanya dipersiapkan dengan baik, nggak akan serepot yang dibayangkan, kok. Walaupun Ibumin akui, dalam mempersiapkan MPASI saat mudik pada awalnya memang perlu persiapan ekstra.

Namun, dengan persiapan yang matang tersebut Ibumin yakin untuk memberikan MPASI saat mudik nanti justru jadi lebih praktis. Karenanya, yuk simak tips MPASI saat mudik berikut ini, supaya perjalanan mudik kali ini kebutuhan nutrisi harian si kecil tetap dapat terpenuhi dengan baik.

MPASI saat mudik, apa saja yang perlu dipersiapkan?

1. Pilih wadah yang tepat


Salah satu tips MPASI saat mudik yang dapat memudahkan Ibu saat memberi makan si kecil adalah, pastikan Ibu memilih wadah yang tepat. Ibumin sarankan, untuk memilih wadah kecil berbentuk bulat agar tidak mudah tumpah.

Kemudian kemas beberapa makanan padat ke dalam wadah, yang sudah diporsikan (untuk makan siang-malam) apabila si kecil masih makan makanan padat dalam bentuk puree. Laman Baby Center juga menyarankan agar Ibu, memilih makanan yang tidak terlalu berantakan dan tidak mudah meleleh.

Makanan ringan seperti kue beras, irisan buah dan sayuran, serta sereal kering adalah pilihan tepat yang bisa Ibu simpan ke dalam wadah. MPASI bubur fortifikasi juga bisa jadi pilihan makanan siap saji buat si kecil, apabila Ibu nggak sempat menyajikan makanan buatan sendiri.

Pastikan Ibu selalu membawa termos air panas atau setidaknya simpan MPASI di wadah kaca yang mudah dihangatkan.

2. Perhitungkan waktu dan jarak perjalanan


Yup! Untuk menyiapkan MPASI saat mudik, Ibu juga perlu memperhitungkan mengenai jarak dan waktu perjalanan. Supaya Ibu bisa mempersiapkan makanan yang hendak di bawa nantinya.

Pilih menu makanan yang nggak mudah basi. Hindari memberikan santan pada makanan si kecil, yang rentan membuat makanan cepat basi.

3. Bawa box penyimpanan


Perjalanan mudik tahun ini, konon akan diberlakukan sistem ganjil-genap di beberapa ruas toll. Hal ini sedikit banyak diharapkan dapat memangkas waktu perjalanan dan menghindari kemacetan.

Tapi, untuk mencegah kemungkinan kemacetan panjang yang membuat kualitas makanan di dalam mobil juga ikut pendek, ada baiknya simpan MPASI saat mudik di dalam box penyimpanan yang tepat ya, Bu. Kalau Ibumin, biasanya menyimpan di dalam cooler bag ASIP agar suhunya tetap terjaga.

4. Pilih snack yang praktis


Jangan khawatir, buat si kecil yang sedang belajar menyuap makanan sendiri, saat di perjalanan mudik nanti hal ini tetap bisa dilakukan kok, Bu. Tapi, usahakan pilih makanan finger food yang mudah digenggam untuk meminimalisir kotoran jatuh di dalam mobil ya Bu.

Dikutip dari Baby Can Travel untuk snack buah si kecil, Ibu bisa memilih alpukat potong yang disiapkan dalam wadah, ataupun beberapa buah pisang, kue beras, cereal dan roti. Jangan terlalu memaksakan membawa camilan seperti pudding dan lain sebagainya, demi perjalanan mudik yang praktis.

5. Manfaatkan hand blender


Ibu juga bisa membawa hand blender saat mudik, apabila stock bekal MPASI saat mudik sudah habis. Apalagi, saat ini terdapat beragam jenis hand blender portable yang praktis dibawa kemana-mana.

Dengan hand blender, Ibu tetap bisa menghaluskan makanan seperti nasi, ayam, daging, sayuran yang ada di restoran tempat Ibu hendak mampir makan nantinya. Pastikan Ibu memilih restoran yang bersih dan usahakan pilih menu yang benar-benar aman, seperti bubur ayam atau jus buah.

6. Jenis makanan yang perlu dihindari saat mudik


Seperti yang Ibumin jelaskan sebelumnya, ada baiknya saat membuat menu MPASI saat mudik hindari makanan yang mengandung santan, agar tidak mudah basi. Pilih makanan yang memiliki waktu kadaluarsa yang cukup panjang.

Mengutip dari Parenting First Cry beberapa makanan berikut ini, sebaiknya juga dihindari untuk mencegah Ibu terbebas dari kerepotan:

  • Camilan berminyak (terutama yang sudah jadi) harus dihindari karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada si kecil
  • Minuman yang mengandung gula tinggi
  • Sereal yang tinggi gula
  • Saus dan segala cairan encer mudah tumpah dan rentan menimbulkan kekacauan di dalam mobil/pesawat. Mengingat, anak-anak kurang memiliki kendali atas fungsi motoriknya dan mudah menumpahkan dan menjatuhkan makanan
  • Makanan yang berukuran relatif kecil, dan dapat tersangkut di tenggorokan hingga menimbulkan bahaya tersedak
  • Makanan jenis baru, yang belum pernah dicoba si kecil dan kiranya rentan menimbulkan gangguan pencernaan pada si kecil.

7. Keep calm and relax


Yup! Salah satu kunci utama dalam tips MPASI saat mudik adalah, jangan panik dan stres. Percaya bahwa segalanya akan selalu dilancarkan, di perjalanan saat memberikan nutrisi buat si kecil.

Ketika Ibu stres, hal tersebut hanya akan membuat panik dan tidak bisa mengontrol emosi. Akibatnya, akan memengaruhi segala aktivitas Ibu di perjalanan mudik, bahkan kalau masih menyusui juga akan memengaruhi kualitas ASI. So, keep calm and relax ya Bu!

Menyiapkan MPASI saat mudik di awal mungkin akan membuat Ibu bingung, tapi Ibumin jamin dengan memerhatikan tips MPASI saat mudik di atas, segala kebingungan Ibu akan terbayarkan. Selamat mudik ya Bu, semoga selamat sampai tujuan dan kembali ke Ibukota dengan sehat walafiat.