Kehamilan

10 Rekomendasi Susu Ibu Hamil Anti Bikin Mual dan Terjangkau

10 Rekomendasi Susu Ibu Hamil Anti Bikin Mual dan Terjangkau

Rekomendasi susu ibu hamil saat ini di Indonesia sudah cukup beragam dan memiliki kandungan yang cukup baik untuk dikonsumsi. Masa kehamilan adalah salah satu masa di mana Ibu membutuhkan beragam asupan bergizi karena ada janin dalam kandungan yang harus terus tumbuh sehat disetiap momennya. 

Makanan dan minuman sehat yang dipilih tidak harus mahal, asalkan mampu memenuhi kandungan gizi yang Ibu butuhkan saat hamil, maka makanan dan minuman tersebut boleh dikonsumsi. Jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Ibu tentang makanan dan minuman apa saja yang boleh dikonsumsi selama kehamilan.

Manfaat Mengkonsumsi Susu Hamil


Salah satu asupan sehat yang baik dikonsumsi saat hamil adalah minum susu karena mengandung banyak vitamin dan hal baik untuk tubuh. Tak heran bila rekomendasi susu ibu hamil cukup banyak untuk mendukung masa kehamilan yang sehat. Mendapatkan nutrisi kehamilan yang tepat tak hanya baik untuk pertumbuhan janin yang ada dalam kandungan, namun bagus juga untuk kesejahteraan Ibu selama masa kehamilan. Selain susu, Ibu tetap diwajibkan mengkonsumsi asupan lain seperti karbohidrat, sayuran, buah-buahan, protein, dan vitamin kehamilan lain yang mungkin diberikan oleh dokter kandungan Ibu.

Mengutip dari laman Parenting First Cry, susu yang boleh diminum oleh ibu hamil juga beragam seperti: susu khusus ibu hamil, susu murni, susu pasteurisasi, susu kedelai, susu sapi, susu kambing, susu oat, atau susu almond. Semua jenis susu ini boleh diminum dengan syarat harus dikonsumsi saat matang dan pastikan dokter kandungan Ibu tahu untuk memastikan apakah susu yang Ibu pilih tidak menimbulkan alergi atau penyakit lain yang mungkin tidak baik untuk perkembangan janin mengingat kesehatan Ibu hamil satu dengan lainnya cukup berbeda.

Melansir dari laman Parenting First Cry, berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan Ibu dapatkan saat mengkonsumsi susu saat kehamilan:

1. Susu Sebagai Nutrisi Penuh Gizi

Susu mengandung kalsium dan vitamin D yang cukup dikonsumsi selama kehamilan. Vitamin D sangat dibutuhkan bagi Ibu hamil karena akan mengurangi resiko bayi terkena alergi di masa depan. Kalsium yang dibutuhkan Ibu hamil setiap harinya adalah sekitar 1000 – 1300 mg untuk membantu menyehatkan tubuh dan membuat janin berkembang dengan baik. Beberapa kalsium dan vitamin D untuk Ibu hamil akan diberikan dokter melalui vitamin atau suplemen makanan, namun tak ada salahnya mengkonsumsi susu bila diperlukan.

2. Membantu Meningkatkan Pertumbuhan Bayi

Minum susu selama masa kehamilan memiliki manfaat lain seperti dapat membantu si kecil untuk tumbuh tinggi dan menurunkan risiko diabetes tipe 2 ketika ia remaja nantinya. Pertumbuhan tinggi si kecil tak hanya berhenti ketika ia sudah dilahirkan karena ada banyak faktor untuk menentukan tinggi tubuhnya yaitu faktor keturunan, asupan nutrisi yang ia konsumsi, dan gaya hidup yang ia jalani.

3. Membantu Perkembangan Sistem Syaraf Bayi

Rekomendasi susu ibu hamil banyak digaungkan guna membantu memelihara perkembangan sistem syaraf bayi karena susu sangat kaya akan asam amino, protein, serta asam lemak. Sementara itu, kalsium dan zat besi akan membantu dalam pembentukan dan perkembangan tulang bayi. Tak hanya itu saja, susu juga mengandung vitamin A, B, dan D yang sangat diperlukan untuk perkembangan si kecil sejak dalam kandungan. 

4. Meredakan Mulas dan Penyakit Lambung

Saat hamil, biasanya rentan terhadap penyakit lambung atau perut mulas. Mengkonsumsi susu cukup efektif membantu meredakan masalah ini karena ada kandungan antasida pada segelas susu. Beberapa dokter akan memberi rekomendasi susu ibu hamil yang cocok dikonsumsi untuk membantu proses kehamilan Ibu menjadi lebih baik, maka sebaiknya lakukan konsultasi sebelum memutuskan susu apa yang cocok dikonsumsi.

5. Membantu Memberi Nutrisi Tambahan Pada Janin

Pernahkah Ibu mendapat keluhan dokter tentang berat badan janin yang masih belum cukup pada usianya? Bila iya, mengkonsumsi susu saat hamil dapat membantu menghindari resiko bayi lahir dengan berat badan rendah atau kurang. Nutrisi dan vitamin yang banyak terkandung pada susu cukup bagus untuk perkembangan buah hati dalam kandungan, selain itu susu ibu hamil untuk kecerdasan otak bayi juga sangat dibutuhkan.

Rekomendasi Susu Ibu Hamil

Masih bingung memilih rekomendasi susu Ibu hamil yang tepat? Berikut ini ada beragam varian susu Ibu hamil yang dapat menjadi pilihan Ibu, dilansir melalui berbagi sumber.

1. Anmum Materna


Rekomendasi susu ibu hamil yang pertama adalah Anmum Materna dengan kandungan GA dan DHA yang penting untuk perkembangan otak bayi saat berada dalam rahim Ibu. Anmum Materna juga memiliki kandungan asam folat yang tinggi sehingga bagus untuk perkembangan sel Ibu dan bayinya. Kandungan serat yang cukup tinggi pada susu ini juga mampu membuat fungsi pencernaan Ibu bekerja lebih baik. 

Selain susu ibu hamil untuk kecerdasan otak bayi, Anmun Materna juga punya kandungan lain yang tak kalah penting untuk Ibu dan janin seperti kalsium, protein, omega 3, zat besi, biotin, omega 6, kolin, dan mineral lainnya. Susu Ibu hamil Anmum harga terjangkau dapat Ibu beli di supermarket terdekat atau toko online lainnya. Kisaran harga untuk 200 gr susu Anmum Materna adalah Rp 42,000 (harga bisa berbeda di setiap toko).

2. Prenagen Mommy


Susu Prenagen Mommy adalah salah satu rekomendasi susu Ibu hamil yang tidak asing dan cukup memiliki banyak peminat. Mengutip dari laman resmi Prenagen, susu Ibu hamil ini punya nutrisi makro lengkap seperti karbohidrat, lemak, dan protein serta nutrisi mikro seperti vitamin, mineral, DHA, omega 3, asam folat, zat besi, dan juga kalsium yang akan sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Rasa yang ditawarkan Prenagen Mommy juga cukup banyak seperti Groovy Mocha, Delicious Mung Bean, Velvety Chocolate, Lovely Strawberry, dan French Vanilla. 

Prenagen juga menyuguhkan beragam jenis susu khusus seperti susu khusus untuk mempersiapkan kehamilan, susu khusus mengurangi rasa mual dan muntah, hingga susu dengan nutrisi lengkap untuk masa menyusui nantinya. Tersedia juga susu UHT yang dapat Ibu bawa kemana saja dan cukup praktis. Selain susu, Prenagen juga menyediakan jus segar untuk snack Ibu hamil. Lalu dengan manfaat yang sebaik ini apakah harganya mahal? Tenang Bu! Susu ibu hamil prenagen harga pas dikantong dapat ditemui di mana saja! Kisaran harga yang ditawarkan adalah mulai dari Rp 9000-an untuk susu UHT, dan Rp 43,000-an untuk susu bubuk ukuran 200gr.

3. Friso Gold Mom


Friso Gold Mom dapat dikonsumsi sejak kehamilan hingga menyusui. Manfaat kombo ini menjadikannya sebagai salah satu rekomendasi susu Ibu hamil yang cukup banyak peminat. Friso Gold tak hanya susu ibu hamil untuk kecerdasan otak bayi karena punya kandungan lain yang tak kalah hebat seperti zat besi yang cukup untuk mencegah anemia pada Ibu hamil, dan juga prebiotik yang mampu membantu menjaga pencernaan Ibu hamil lebih sehat. Friso Gold juga rendah sukrosa sehingga aman dikonsumsi baik untuk Ibu maupun janinnya. Harga yang ditawarkan untuk 400gr Friso Gold Mom ini adalah Rp 95,000 (dapat berbeda di setiap toko).

4. Enfamama A+


Melansir dari laman resmi Enfa, Enfamama A+ juga merupakan salah satu rekomendasi susu ibu hamil dan menyusui dengan kandungan nutrisi lengkap dan seimbang seperti tinggi asam folat, kalsium, zat besi, vitamin C, karbohidrat, protein, multivitamin, fosfor, magnesium, DHA, Biotin, Kolin, serta Asam Linoleat. Susu ini hanya tersedia satu rasa saja yaitu rasa coklat yang nikmat. Enfamama A+ juga menjadi salah satu produk susu ibu hamil untuk kecerdasan otak bayi sejak dalam kandungan. Harga yang ditawarkan untuk kemasan 400gr adalah Rp 100,000an (akan berbeda disetiap toko).

5. Lactamil Pregnasis


Lactamil Pregnasis merupakan rekomendasi susu Ibu hamil yang lebih rendah lemak dibanding susu lainnya karena memiliki ACTI Duobio+. Susu Ibu hamil ini juga mengandung inulin untuk memenuhi kebutuhan serat pada Ibu hamil, mengandung asam folat dan omega 6 untuk otak janin, serta zat besi yang membantu mencegah anemia. Varian rasa yang ditawarkan juga beragam seperti vanilla, coklat, dan stroberi. Harga susu ibu hamil Lactamil Pregnasis ini berkisar Rp 30,000-an ke atas untuk setiap 200gr yang ditawarkan. 

6. SGM Bunda Pro-Gress Max


Sudah tahu kan kalau SGM tak hanya meluncurkan produk susu terbaik untuk buah hati tercinta? Rekomendasi susu ibu hamil kali ini datang dari produk susu SGM Bunda Pro-Gress Max yang diperkaya dengan zat besi tinggi untuk mengurangi anemia pada ibu hamil, tinggi asam folat untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin, kandungan minyak ikan yang baik untuk otak janin, serta tinggi kalsium dan vitamin D yang mendukung untuk pertumbuhan tulang janin. Anjuran minumnya adalah satu gelas per hari untuk kecukupan nutrisi penting harian Ibu hamil. 

Mengutuip dari laman SGM Generasi Maju, terdapat dua varian rasa yang nikmat, lezat dan tidak bikin mual yaitu coklat dan stroberi. Kabar baiknya lagi, susu SGM Bunda Pro-Gress Max ini dapat dikonsumsi selama kehamilan hingga menyusui. Harga susu ibu hamil SGM ada dikisaran Rp 18,900 untuk ukuran 150gr dan Rp 38,500 untuk ukuran 300gr (harga akan berbeda di setiap toko).

7. Frisian Flag Mama Tahap 0 Suprima


Frisian flag Mama Tahap 0 Suprima ini bisa menjadi rekomendasi susu ibu hamil sekaligus menyusui dengan rasa coklat yang enak dan lezat. Mengutip dari laman Frisian Flag Official, susu ini punya formulasi khusus untuk memenuhi kebutuhan gizi harian ibu dan janin seperti zat gizi makro, protein, karbohidrat, lemak, serat pangan inulin, tinggi kalsium, tinggi asam folat, dan 29 multivitamin lainnya. Ibu dianjurkan untuk mengkonsumsi susu ini dua gelas per hari untuk kecukupan gizi dan nutrisi harian. Susu Frisian Flag Mama tersedia dengan berbagai macam ukuran yaitu 200gr, 400gr, 800gr, dan 1200gr. Harga susu ibu hamil Frisian Flag juga terbilang terjangkau yaitu kisaran Rp 26,000-an untuk kemasan 200gr.

8. SUN Ibu


SUN tak hanya khusus mengeluarkan produk untuk bayi tercinta Ibu saja, produk SUN khusus untuk Ibu hamil juga telah tersedia. Produk susu SUN untuk ibu telah menjadi salah satu rekomendasi susu ibu hamil yang cukup banyak diminati karena kandungan yang lengkap seperti kaya akan zat besi untuk pencegahan terhadap anemia, omega 3 dan omega 6 yang bagus untuk kecerdasan otak janin, serat untuk mencegah sembelit, dan vitamin B6 yang dapat mengurangi rasa mual pada Ibu hamil. Tersedia varian rasa coklat dan stroberi dengan harga yang sangat terjangkau yaitu Rp 18,000-an untuk kemasan 150gr.

9. Lovamil Ibu Hamil dan Menyusui


Perusahaan Kalbe Nutritionals turut meluncurkan produk susu guna membantu memenuhi kebutuhan gizi lengkap bagi Ibu hamil dan menyusui melalui Lovamil yang dapat menjadi rekomendasi susu ibu hamil terbaik dengan harga terjangkau selanjutnya. Mengutip dari laman resmi Kalbe Nutritionals, Lovamil memiliki kandungan Polydextrose, tinggi asam folat, DHA, protein, zat besi esensial, vitamin, mineral, dan ekstrak daun katuk. Susu ini tersedia dengan beragam varian rasa seperti coklat, vanilla, stroberi, dan kacang hijau. Harga susu Lovamil dibandrol dengan kisaran Rp 21,000 ke atas untuk kemasan 120gr dan akan mengalami perbedaan di setiap toko.

10. Vidoran Ibunda Milk ImunUp


Susu Vidoran Ibunda Milk ini menjadi satu-satunya rekomendasi susu ibu hamil yang punya kandungan cod liver oil. Selain itu, kandungan lainnya yaitu asam folat, tinggi kalsium, omega 3 & 6 (DHA & EPA), sumber 12 vitamin dan 8 mineral akan menjadi penyeimbang nutrisi harian yang diperlukan Ibu hamil dan janin. Tersedia dengan varian rasa coklat, vanilla, dan kacang hijau. Harga untuk ukuran 350gr berkisar RP 30,000an ke atas dan dapat dibeli di toko mana saja.

Editor: Dwi Ratih