Kehamilan

11 Manfaat Ajaib Jambu Biji untuk Ibu Hamil

11 Manfaat Ajaib Jambu Biji untuk Ibu Hamil

Jambu biji untuk ibu hamil tak hanya mampu meredakan rasa mual yang Ibu alami karena rasanya yang cenderung asam, manis, dan segar. Manfaat jambu biji untuk ibu hamil ternyata lebih banyak dari itu dan buah untuk ibu hamil yang satu ini telah lama diteliti menjadi salah satu buah dengan kandungan terbaik serta membawa banyak kebaikan untuk buah hati serta ibunya. 

Melansir dari laman Healthline, buah untuk ibu hamil seperti jambu biji ini memiliki kandungan serat, vitamin c, dan folat yang tinggi. Ngga heran kalau manfaat jambu biji hampir sama seperti superfood yang ada di pasaran. Selain dikonsumsi sebagai buah untuk ibu hamil yang dapat dimakan langsung, jambu biji dapat juga diolah menjadi suplemen, ekstrak buah, hingga teh jambu biji. 

Ajaibnya, walau diolah dalam bentuk apapun, manfaat jambu biji untuk ibu hamil tetaplah sama. Penasaran kan apa saja manfaat jambu biji untuk ibu hamil lainnya?


Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil

Jambu biji untuk ibu hamil mengandung nutrisi dan senyawa tanaman yang akan membantu menjaga kehamilan ibu tetap sehat dan dapat membantu mencegah terjadinya komplikasi terkait. Jambu biji sudah lama sekali menjadi salah satu alternative obat-obatan tradisional di seluruh penjuru dunia. 

Beberapa ahli dan peneliti juga sudah melakukan uji klinis tentang manfaat jambu biji untuk ibu hamil seperti berikut ini, dilansir dari laman Healthline:

1. Nutrisi Terbaik ada di Jambu Biji


Momen kehamilan merupakan salah satu momen di mana ibu bebas mengonsumsi makanan dan minuman apapun untuk buah hati, namun tetap saja bijaknya kita harus tahu betul makanan dan minuman apa yang bergizi tinggi serta membawa banyak manfaat untuk kesehatan janin. Sebaiknya saat hamil ibu mengurangi konsumsi gula berlebih, makanan cepat saji, ataupun minuman yang mengandung alkohol dan soda. 

Beberapa jenis makanan tersebut tidak baik untuk kesehatan janin karena kandungan gizi yang tidak seimbang serta mengandung zat yang berbahaya. Oleh karena itu, pilihlah makanan yang alami seperti jambu biji karena mengandung nutrisi yang tinggi, dapat memenuhi kebutuhan protein untuk tubuh, kaya akan vitamin C, tinggi asam folat, memiliki kandungan karbohidrat, kalsium, fosfor, natrium, kalium, tembaga, zinc, beta karoten, vitamin B1, B2, B3, dan juga B9.

Ibu hamil memerlukan asupan vitamin C yang cukup pada tubuh karena secara khusus vitamin yang satu ini akan membantu meningkatkan penyerapan zat besi sehingga nutrisi yang akan masuk ke dalam tubuh ibu hamil dapat juga membantu mengantarkan oksigen untuk janin yang ada di dalam kandungan. 

Asam folat yang cukup juga penting karena akan mencegah janin cacat lahir atau memiliki masalah pada sumsum tulang belakang. Sumber asam folat, kalsium, dan vitamin B9 yang ada pada jambu biji sangat bagus untuk perkembangan otak dan tulang bayi.

Setiap satu cangkir berukuran 165gr jambu biji untuk ibu hamil akan menyediakan lebih dari 20% nilai harian asupan folat dan menyediakan lebih dari 400% nilai harian asupan vitamin C. Inilah mengapa manfaat jambu biji untuk ibu hamil dianggap sangat baik berdasarkan sejumlah penelitian yang dilakukan oleh para ahli.

2. Menjadi Solusi Masalah Pencernaan


Tidak hanya ibu hamil saja yang akan memiliki masalah pencernaan, beberapa orang bahkan sering kali berjuang untuk memiliki kondisi usus dan perut yang sehat. Dari mulai mengonsumsi yoghurt hingga obat pencahar. 

Manfaat jambu biji untuk ibu hamil salah satunya dapat membantu mengatasi masalah pencernaan yang mungkin muncul selama kehamilan. Buah untuk ibu hamil seperti jambu biji akan sangat sayang bila dilewatkan begitu saja. Alih-alih minum obat pelancar BAB, jambu biji yang dikonsumsi secara rutin justru dapat menjadi obat alami untuk mengatasi susah BAB. 

Melansir dari laman Healthline, penelitian mengungkapkan fakta menarik mengenai jambu biji yang tak hanya mampu mengatasi sembelit saja, manfaat lain jambu biji untuk ibu hamil atau orang biasa yaitu dapat meredakan masalah pencernaan seperti refluks asam dan juga diare

Penelitian lebih mendalam juga telah dilakukan, hasilnya manfaat jambu biji untuk ibu hamil dapat mengurangi sekresi asam lambung dan dapat menunda pengosongan lambung untuk mencegah diare. Jambu biji untuk ibu hamil juga mengandung serat yang sangat baik untuk kesehatan usus kita sehingga sembelit dapat dicegah.

3. Membantu Menekan Risiko Darah Tinggi


Beberapa kondisi yang kerap menghampiri ibu hamil adalah preeklampsia yaitu sebuah kondisi komplikasi yang ditandai dengan tekanan darah tinggi serta kemungkinan adanya kerusakan pada ginjal atau organ hati. Buah untuk ibu hamil seperti jambu biji dapat menurunkan risiko ini berdasarkan sejumlah penelitian yang dilakukan. 

Para ahli juga mengungkapkan bahwa manfaat lain juga ditemukan pada daun jambu biji, yaitu senyawa yang terkandung pada daunnya akan menghambat enzim yang berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi. Selain itu, ahli juga menyimpulkan mengonsumsi jambu biji sebelum makan justru lebih efektif menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan.

4. Mampu Mengontrol Gula Darah

Pernah mendengar khasiat teh jambu biji? Salah satu manfaat ekstrak daun jambu biji adalah dapat membantu mengontrol gula darah dan resistensi insulin bahkan teh daun jambu biji juga mampu menurunkan gula darah. 

Faktanya, diabetes gestasional dapat mempengaruhi sekitar 10% wanit hamil di Amerika Serikat, salah satunya juga berpengaruh pada wanita hamil di Indonesia. Mengapa beberapa ibu hamil seringnya mengalami diabetes gestasional? 

Kondisi ini biasanya terjadi saat tubuh ibu hamil tidak menghasilkan cukup insulin atau sel ibu menjadi resisten insulin selama kehamilan. Hal ini dapat menyebabkan naiknya kadar gula dalam darah pada level tinggi dan kerap kali menjadi penyebab sejumlah komplikasi seperti kelahiran dini atau berat badan lahir tinggi.

5. Mampu Mengurangi Rasa Mual


Kehamilan memang identik dengan rasa mual atau morning sickness yang bisa jadi tingkat keparahannya berbeda antara ibu satu dengan lainnya. Jambu biji untuk ibu hamil dapat membantu mengurangi rasa mual atau morning sickness pada pagi hari atau dalam situasi apapun karena kandungan vitamin c yang tinggi, memiliki perpaduan rasa asam dan manis, kaya akan serat, serta kaya akan kandungan air. Rasa yang segar pada buah untuk ibu hamil seperti jambu biji juga akan membantu menaikkan mood ibu lho!

6. Kontrol Kolesterol dengan Jambu Biji


Manfaat jambu biji untuk ibu hamil tak sampai situ saja, buah ajaib yang satu ini juga mampu membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh kita. Melansir dari laman Parenting First Cry, kolesterol yang tinggi kerap kali menjadi penyebab komplikasi kardiovaskular yang sangat berbahaya, terutama bila terjadi pada ibu hamil. Supaya tubuh tetap sehat dan kolesterol tetap terjaga, ibu hamil boleh menambahkan jambu biji untuk menu pencuci mulut selanjutnya.

7. Mengurangi Risiko Terjadinya Anemia


Jambu biji untuk ibu hamil dapat membantu ibu agar terhindar dari bahaya anemia yang kerap kali menghampiri. Kekurangan zat besi biasanya merupakan salah satu penyebab paling umum terjadinya anemia pada kehamilan seseorang. Saat terjadi anemia defisiensi zat besi, aliran oksigen ke seluruh bagian tubuh manusia menjadi terhambat sehingga akan mengancam kesehatan ibu dan janin yang ada di dalam kandungan. 

Tapi tenang saja, mengonsumsi jambu biji untuk ibu hamil akan menurunkan risiko anemia karena kandungan vitamin c yang tinggi dapat membantu penyerapan zat besi pada tubuh lebih baik lagi.

8. Jambu Biji Bisa Bikin Otot dan Saraf Lebih Rileks


Saat hamil, bisa jadi otot dan saraf pada ibu sedikit tegang karena tubuh sedang berproses menumbuhkan janin yang ada dalam kandungan. Kandungan magnesium pada jambu biji ternyata berguna untuk membantu menjaga otot dan saraf pada tubuh ibu hamil tetap rileks. 

Jambu biji bisa diolah dengan berbagai cara supaya tidak bosan saat dikonsumsi, misalnya dibuat jus buah, dijadikan bahan rujak, manisan, asinan, dan sebagainya.

9. Jambu Biji Membantu Mencegah Infeksi


Jambu biji ternyata juga memiliki sifat antioksidan serta kaya dengan beragam vitamin seperti vitamin A, C, E, polifenol, dan karotenoid. Berbagai macam kandungan tersebut dapat membantu melawan dan mencegah infeksi bakteri serta menurunkan risiko penyakit. 

Di Indonesia sendiri saat ini sudah hadir berbagai macam varian jambu biji, ada yang berwarna merah, berwarna putih, hingga jambu biji dengan biji yang sangat minim jadi ibu bisa lebih lezat saat mengonsumsinya.

10. Membantu Meningkatkan Imunitas Tubuh

Semakin hari ada berbagai macam penyakit, virus, serta bakteri baru bermunculan. Oleh karenanya dibutuhkan sistem imun tubuh yang kuat untuk membantu melawan beragam penyakit tersebut. Tak terkecuali bagi ibu hamil yang juga rentan terkena penyakit, imunitas tetap harus dijaga. 

Momen kehamilan sebaiknya tidak digunakan sebagai momen rebahan saja, kecuali memang kondisi medis tertentu. Ibu hamil diperbolehkan tetap aktif bergerak dan mengonsumsi makanan penuh gizi seimbang supaya imunitas tubuh tetap terjaga. 

Jika saat tidak hamil bisa lebih leluasa membeli obat supaya lekas sembuh, maka ibu hamil tidak bisa sembarangan mengonsumsi obat. Imunitas tubuh yang baik akan membantu ibu hamil terhindar dari berbagai macam penyakit yang mungkin mengancam, salah satunya dengan mengonsumsi jambu biji.

11. Membantu Pembentukan Organ Tubuh Bayi dalam Kandungan


Melansir dari laman Alodokter, jambu biji untuk ibu hamil tak hanya akan menghindarkan janin dari risiko cacat lahir saja, namun kandungan tembaga dalam jambu biji dapat berfungsi membentuk sel darah merah yang lebih banyak sehingga dapat mencukupi kebutuhan oksigen serta nutrisi yang penting untuk janin dalam kandungan. Mineral yang terkandung pada jambu biji juga dapat membantu pembentukan jantung, pembuluh darah, sistem kerangka, serta saraf pada janin.


Tips Mengonsumsi Jambu Biji untuk Ibu Hamil 

Melansir dari laman Healthline, umumnya mengonsumsi jambu biji dianggap aman-aman saja dan tidak ada efek samping yang amat merugikan. Namun ada beberapa tips yang sebaiknya ibu ketahui dulu sebelum menjadikan buah yang satu ini camilan lezat saat hamil, dilansir dari berbagai sumber:

1. Waspadai Diare

Boleh mengonsumsi jambu biji namun pastikan takarannya pas, jangan terlalu berlebihan karena dikhawatirkan akan menyebabkan diare karena kandungan seratnya yang cukup tinggi. Pastikan juga kondisi perut dalam keadaan sehat, bila dirasa perut sedang tidak nyaman, ibu tetap bisa mengonsumsinya dilain kesempatan.

2. Cuci dan Kupas Jambu Biji akan Lebih Baik

Jika memilih jambu biji organik dengan kulit yang bersih, ibu bisa cukup mencucinya saja sebelum dimakan. Namun bila menemukan kulitnya sedang tak bagus padahal buahnya matang, maka ada baiknya mengupas kulit jambu biji terlebih dahulu ya. Mencuci dan mengupas kulit jambu biji akan menurunkan risiko tertelannya bakteri atau parasit yang bisa membahayakan ibu dan janin di dalam kandungan.

3. Konsultasikan pada Dokter Terlebih Dahulu

Bila memutuskan ingin mengonsumsi jambu biji dalam bentuk suplemen makanan, vitamin, atau teh, sebaiknya Ibu berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter kandungan supaya lebih aman. Hal ini dikarenakan ibu hamil biasanya tidak bisa sembarangan mengonsumsi vitamin atau suplemen makanan terutama bila kondisi kehamilan sedang mengalami masalah.


Editor: Atalya