Kehamilan

6 Perbedaan Bidan dan Dokter Kandungan Bikin Hati Mantap!

6 Perbedaan Bidan dan Dokter Kandungan Bikin Hati Mantap!

Ketika pertama kali hasil testpack muncul dan menandakan Ibu sedang hamil, apa yang terlintas dibenak Ibu pertama kali? Langsung pergi ke dokter kandungan atau cek kehamilan di bidan? Keduanya boleh dan sah-sah saja,Bu, tergantung dari keyakinan Ibu saja lebih mantap pergi ke bidan atau ke dokter kandungan. Nanti pun keputusan ada ditangan Ayah dan Ibu, kira-kira akan melahirkan di bidan atau di rumah sakit. Untuk menjawab segala pertanyaan tentang perbedaan bidan dan dokter kandungan, ada baiknya kita cari tahu dulu informasi mengenai hal ini yuk.

Perbedaan Bidan dan Dokter Kandungan

Melansir dari laman Health Partners, ada sejumlah perbedaan mendasar tentang bidan dan dokter kandungan, namun keduanya tetap akan memberikan perawatan kehamilan yang baik bagi janin dan ibunya. Selain itu, baik bidan atau dokter kandungan juga mampu melahirkan bayi dengan aman. Lebih jauh mengenai perbedaan bidan dan dokter kandungan dapat diperjelas melalui ulasan berikut ini.

1. Perbedaan Bidan dan Dokter Kandungan dari Proses Pendidikan


Bidan dan dokter kandungan memiliki kredensial dan latar pendidikan yang berbeda meskipun bidang khusus yang mereka pahami sama. Perbedaan bidan dan dokter kandungan ini terletak pada pelatihan, persyaratan pendidikan, serta kredensial yan mereka tempuh.

Mengutip dari laman Health Partners, dokter kandungan adalah dokter medis yang khusus mempelajari dan menangani tentang kesehatan reproduksi wanita, perawatan kehamilan, dan proses kelahiran bayi. Dokter kandungan sendiri biasanya memang khusus dilatih untuk melakukan operasi caesar (C-Section) bila diperlukan dalam proses kelahiran. Dokter kandungan atauobgyn harus menempuh pendidikan selama empat tahun pada sekolah khusus kedokteran, menempuh program residen empat tahun, dan kemudian mengikuti program beasiswa selama tiga tahun. Mereka juga harus memiliki izin praktik dan sertifikat tertentu terlebih dahulu sebelum memiliki klinik sendiri atau bergabung di sebuah rumah sakit.

Sementara itu, bidan juga merupakan tenaga kesehatan yang terlatih serta punya pengalaman seperti dokter kandungan. Bidan umumnya mampu memberikan pelayanan seputar kesehatan wanita seperti pemeriksaan tentang reproduksi wanita tahunan, keluarga berencana (KB), dan perawatan menopause. Bidan juga dapat menangani perawatan kehamilan, kelahiran, dan perawatan paska persalinan. Beberapa bidan juga memiliki kerjasama dengan dokter kandungan untuk memenuhi kebutuhan selama kehamilan Ibu.

2. Perbedaan Bidan dan Dokter Kandungan dari Spesialisasi Persalinan


Spesialisasi persalinan adalah salah satu perbedaan bidan dan dokter kandungan yang paling penting. Ini semua bergantung pada kebutuhan dan kondisi tertentu saat kehamilan Ibu. Ilustrasi keadaannya adalah dokter kandungan dapat menangani kehamilan dengan resiko tinggi dan rumit, misalnya Ibu dengan kondisi kehamilan kembar dan memiliki riwayat kondisi medis yang perlu perhatian khusus. Sementara itu, Bidan lebih mampu menangani kehamilan dengan risiko yang rendah.

3. Perbedaan Bidan dan Dokter Kandungan dari Proses Persalinan


Bidan biasanya lebih menggunakan proses persalinan dengan pendekatan berteknologi rendah dan sentuhan tinggi. Ini berarti persalinan dengan Bidan tidak dapat dilakukan dengan induksi dan Bidan hanya menggunakan sedikit obat pereda nyeri. Kelahiran alami dan normal tetap dapat dilakukan oleh Bidan. Sementara itu, dokter kandungan dapat menginduksi persalinan bila dibutuhkan namun dapat juga menangani kelahiran normal atau alami. Untuk mengatasi rasa nyeri paska melahirkan, dokter kandungan biasanya menawarkan fleksibilitas yang lebih besar dan punya banyak pilihan lain untuk menanganinya.

4. Perbedaan Bidan dan Dokter Kandungan dari Jenis Persalinan


Baik bidan maupun dokter kandungan dapat menangani proses persalinan normal dan alami pada umumnya. Namun perbedaan bidan dan dokter kandungan juga terlihat dari beberapa jenis persalinan seperti dokter kandungan dapat melakukan persalinan caesar (C-Section), sementara Bidan tidak dapat melakukan hal ini karena biasanya C-Section dilakukan karena kehamilan resiko tinggi, bersifat darurat, tidak terjadwal dan memerlukan pengetahuan khusus tentang proses pembedahan. Jenis persalinan yang dapat dilakukan Bidan selain normal adalah persalinan air atau yang lebih sering dikenal saat ini dengan metode Water Births. Meskipun begitu, Water Births saat ini juga sudah banyak dilakukan oleh rumah sakit dan ditangani langsung oleh dokter kandungan setempat yang telah berpengalaman. 

5. Perbedaan Bidan dan Dokter Kandungan dari Tempat Bersalin


Dokter kandungan hampir selalu melakukan proses persalinan di rumah sakit lengkap dengan ruang khusus operasi bila sewaktu-waktu diperlukan. Sementara itu, Bidan dapat melahirkan bayi dibeberapa tempat dan cara yang berbeda seperti berikut:

  • Home Births (Kelahiran di Rumah)

    Salah satu syarat dapat melahirkan di rumah adalah resiko kehamilannya rendah atau kondisi kehamilannya dinyatakan sangat sehat. Bila Ibu mantap melakukan proses kelahiran di rumah, maka Bidan adalah tenaga ahli dan profesional yang mampu mendukung  proses persalinan ini. Ini adalah salah satu kelebihan melahirkan di Bidan bagi Ibu yang punya kekhawatiran sendiri melahirkan di ruang persalinan seperti di rumah sakit.

  • Klinik Bersalin

    Bidan biasanya juga punya klinik bersalin yang khusus dan punya izin praktik sama seperti dokter kandungan. Bedanya, beberapa Bidan ada yang berdiri sendiri tanpa tim khusus dan dokter kandungan. Pusat bersalin seperti klinik bersalin ini bukanlah bagian dari rumah sakit dan dirancang untuk menyediakan lingkunan non-medis layaknya di rumah sendiri. Mungkin beberapa Ibu ada yang tidak terlalu nyaman bersalin di rumah sakit dan pusat bersalin ini dapat digunakan dengan syarat memiliki kondisi kehamilan beresiko rendah.

  • Rumah Sakit

    Bidan juga dapat bergabung dengan bagian tim perawatan yang lebih besar seperti rumah sakit. Bidan yang bergabung di rumah sakit biasanya dapat menawarkan lebih banyak pilihan perawatan persalinan Ibu seperti manajemen nyeri yang lebih variatif serta beberapa perawatan khusus lainnya bila diperlukan oleh Ibu saat melahirkan. Sementara itu rumah sakit juga menyediakan dokter melahirkan yang dapat bekerjasama dengan Bidan bila dibutuhkan.

6. Perbedaan Bidan dan Dokter Kandungan dari Hasil USG

Cek kehamilan di bidan pada umumnya hanya akan diperiksa detak jantung si kecil apakah normal atau ada hal lain yang tak biasa. Bisa jadi beberapa Bidan juga memiliki klinik yang dilengkapi dengan alat USG berbagai dimensi dari 2D, 3D, hingga 4D yang sedang marak saat ini. Tapi biasanya, kelengkapan hasil USG sudah pasti dimiliki oleh rumah sakit ternama dan ditangani oleh dokter kandungan. Meskipun ini bukanlah sebuah keharusan, namun USG bermanfaat untuk mengetahui kondisi janin dalam kandungan sedini mungkin supaya dapat segera diatasi.

Persamaan Bidan dan Dokter Kandungan

Sudah tahukan perbedaan bidan dan dokter kandungan? Lalu persamaan keduanya apa ya? Masih melansir dari laman Health Partners, berikut ini ada beberapa persamaan bidan dan dokter kandungan yang perlu diketahui:

  • Bidan dan Dokter Kandungan Pasti Berlisensi

    Tak hanya dokter kandungan saja yang harus berlisensi dan memiliki izin praktek bila sudah terjun ke masyarakat, Bidan pun juga harus punya sertifikat dan lisensi khusus sebelum diperbolehkan melayani masyarakat. Ibu juga perlu berhati-hati terhadap Bidan atau dokter palsu yang mungkin beredar secara ilegal di luar sana.

  • Bidan dan Dokter Punya Komitmen yang Sama

    Baik bidan ataupun dokter kandungan punya komitmen yang sama dalam melayani masyarakat yaitu bekerja dengan mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bagi pasien-pasiennya. Keduanya juga dapat memberikan obat pengurang rasa sakit paska persalinan.

  • Bidan dan Dokter Punya Dedikasi yang Tinggi

    Bidan dan dokter kandungan punya dedikasi tinggi yang sama terhadap para pasiennya. Mereka bekerja dengan baik untuk memastikan Ibu memiliki pengalaman yang memuaskan dan menyenangkan saat kehamilan, persalinan, hingga perawatan paska persalinan.

Pertimbangan Memilih Bidan atau Dokter Kandungan

Dengan berbagai macam perbedaan bidan dan dokter kandungan yang ada, Ibu bisa lebih paham mana yang benar-benar Ibu butuhkan saat ini. Jangan khawatir karena baik bidan dan dokter kandungan sendiri nyatanya juga memiliki dedikasi tinggi dan penuh terhadap keamanan dan kenyamanan pasien. Namun bila dirasa keraguan Ibu masih belum terselesaikan, Ibu dapat mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

  • Putuskan Di mana Nanti Si Kecil Dilahirkan 

    Keputusan di mana si kecil akan lahir tentu saja tak lepas dari kesepakatan antara Ayah dan Ibu bahkan mungkin keluarga besar. Gambarannya, rumah sakit saat ini dirasa sebagai tempat paling tepat dan lengkap sebagai tempat persalinan karena bila terjadi sesuatu mereka sudah punya tim khusus, ruangan khusus, serta peralatan yang lengkap untuk menangani keadaaan dalam kondisi segawat apapun. Akan tetapi, tak ada salahnya juga untuk memilih melahirkan di Bidan dengan proses kelahiran yang alami dan normal.

  • Pahami Kondisi Kehamilan Ibu

    Kondisi kehamilan setiap Ibu berbeda, sama halnya dengan perbedaan bidan dan dokter kandungan dalam menangani kehamilan Ibu. Dokter kandungan dapat mengatasi resiko kehamilan dari yang rendah hingga tinggi. Sementara itu, Bidan mampu mengatasi resiko kehamilan yang rendah. Obat dan vitamin yang diberikan juga biasanya tak jauh berbeda. Jadi apakah kondisi kehamilan Ibu sehat? Pastikan kembali untuk keselamatan Ibu dan buah hati tercinta di dalam kandungan.

  • Pilihkan Proses Kelahiran yang Tepat

    Proses kelahirkan si kecil saat ini dapat dilakukan dengan banyak metode dan kebanyakan metode tersebut sudah aman dan teruji. Bila Ibu memilih proses kelahiran seperti water birth atau hypnobirthing, maka bidan berpengalaman adalah yang paling Ibu butuhkan. Tapi bila kelahiran si kecil harus melalui proses induksi dan C-section, maka dokter kandungan adalah pilihan yang tepat selain dapat menangani kelahiran yang normal juga.

  • Pertimbangkan Tentang Obat Penghilang Nyeri

    Persalinan sudah pasti akan sangat akrab dengan rasa sakit, meskipun ini dapat ditangani. Perbedaan bidan dan dokter kandungan dapat terlihat dari cara menangani rasa sakit setelah melahirkan karena bidan biasanya memiliki pilihan mengurangi rasa sakit yang terbatas bila dibandingkan dengan dokter kandungan. Namun saat ini sudah banyak bermunculan beberapa metode melahirkan yang tenang dengan meminimalisir rasa sakit. Jadi pilihan tetap ada di tangan Ibu ya.

  • Bagaimana Proses Pembayaran Persalinan Nanti

    Beberapa keluarga ada yang sudah menggunakan asuransi kesehatan sebagai sebuah investasi. Asuransi kesehatan biasanya hanya dapat dilakukan pada rumah sakit yang bekerja sama dengan pihak asuransi tersebut. Sementara itu, asuransi kesehatan akan sulit digunakan untuk proses kelahiran di rumah atau di klinik yang belum melakukan perjanjian dengan asuransi kesehatan milik Ibu. Ada baiknya hal ini menjadi bahan pertimbangan bagi Ayah dan Ibu karena salah satu biaya yang harus dipikirkan secara matang adalah biaya persalinan. Penggunaan asuransi kesehatan biasanya menjadi salah satu perbedaan bidan dan dokter kandungan dalam soal biaya persalinan.

  • - Pertimbangkan Lokasi Kelahiran Si Kecil

    Ada baiknya memiliki pilihan di mana si kecil akan dilahirkan. Pertimbangan lokasi adalah salah satunya. Kelahiran adalah suatu hal yang tidak tahu kapan akan terjadi meskipun dokter atau bidan sudah memberikan hari perkiraan lahir si kecil nantinya. Selain punya pilihan rumah sakit terdekat dan terpercaya untuk kelahiran si kecil, ada baiknya Ayah dan Ibu juga survey terlebih dahulu Bidan terdekat sebagai pertolongan pertama untuk menangani si kecil. Mencari bidan terdekat juga berguna bila sewaktu-waktu ada hal darurat yang terjadi pada kehamilan Ibu namun tidak memungkinkan pergi ke rumah sakit karena jaraknya yang lumayan jauh.

Penulis: Novia Luciana
Editor: Dwi Ratih