Kehamilan Dibaca 324 kali

10 Referensi Dokter Kandungan di Jakarta Terbaik

Share info ini yuk ke teman-teman
Stephanie
10 Referensi Dokter Kandungan di Jakarta Terbaik

Memilih dokter kandungan memang susah-susah gampang dan setiap calon ibu punya pendapatnya masing-masing soal ini. Ada yang bilang, jika memilih dokter kandungan perempuan, akan cenderung serba ‘pakai hati’. Ya, ini nggak salah juga, sih, karena jika dokternya perempuan, sebagian besar dokter kandungan tersebut mungkin sudah merasakan sendiri seperti apa rasanya kehamilan.

Paling banyak diutamakan ketika memilih dokter kandungan adalah yang ‘pas di hati’. Tahu, kan, kalau ibu hamil itu cenderung lebih sensitif? Maka calon ibu biasanya bakal mencari dokter yang sesuai dengan kriterianya, misalnya, mau memberi jawaban dan penjelasan yang mendetail, tidak ‘menakut-nakuti’ atau berlebihan, ramah, dan bersedia dihubungi (via pesan singkat misalnya) jika dibutuhkan di luar jam praktiknya. Sudah pasti, jangan lupa kredibilitas dokter tersebut, ya, Bu. Hal ini bisa Ibu dapat dengan rajin melihat ulasan atau bertanya pada orang-orang terdekat.

Berikut adalah beberapa rekomendasi dokter kandungan di Jakarta yang sudah kami bagi per wilayah.

  1. Dr. Yassin Bintang Sp. OG-KFER

    Dr. Yassin Yanuar Mohammad, atau lebih dikenal dengan nama dr. Yassin Bintang, adalah salah satu referensi dokter kandungan di Jakarta Barat. Beliau selaku CEO atau founder dari Bamed Health Care Group, adalah salah salah satu dokter tempat bagi calon ibu dan ayah untuk melakukan konsultasi mengenai infertilitas dan program bayi tabung (atau IVF). 

    Untuk kawasan Jakarta Barat, dr. Yassin Bintang ini bisa Ibu temui di Klinik Bamed, Meruya. Selain itu, bisa juga di RS Pondok Indah atau Bamed Skin Care Dharmawangsa – Jakarta Selatan. Untuk di luar Jakarta, silakan kunjungi Bamed Skin Care – Bekasi. Selain konsultasi tatap muka, calon ibu dan ayah juga bisa melihat beragam video mengenai kesehatan reproduksi di channel Youtube Bamed Health Care, atau cek akun IG @yassinbintang.

  2. Dr. Gatot Abdurrazzak, Sp.OG

    Adalah salah satu dokter kandungan subspesialis fetomaternal. Mengunjungi pakar pada bidang ini menjadi amat diperlukan, jika Ibu mengalami kehamilan yang berisiko. Misalnya, menderita infeksi (seperti HIV, masalah pada plasenta, kehamilan kembar, dst. Dr. Gatot Abdurrazzak, Sp.OG ini menjadi salah satu dokter yang mengerjakan beberapa tindakan prosedur invasif pada janin yang mengalami kelainan, bahkan beliau adalah lulusan terbaik ke dua di tingkat nasional selagi menyelesaikan studinya. Dr. Gatot Abdurrazzak, Sp.OG bisa menjadi rekomendasi dokter kandungan di Jakarta Barat, tepatnya di RSAB Harapan Kita. Selain karena kemampuannya, beliau juga ramah, maka jangan heran, ya, dengan jumlah pasiennya yang sangat banyak. Yuk, baca mengenai profilnya di sini. 

  3. Dr. Ivan Sini. Sp.OG

    Selanjutnya, adalah rekomendasi dokter kandungan di Jakarta Pusat, yaitu dr. Ivan Sini. Sp.OG. Beliau, punya reputasi yang baik, di dalam maupun di luar negeri. Selain menyelesaikan studi lanjutan di Australia, beliau juga punya pengalaman bekerja dan mengajar di sana. Sekarang, beliau seringkali menjadi pembicara pada forum kesehatan di dalam maupun di luar negeri.

    Dr. Ivan Sini. Sp.OG adalah dokter pertama yang melakukan prosedur operasi dengan teknologi robot (robotic surgery). dr. Ivan Sini. Sp.OG, praktik dan menjabat sebagai Medical Director di klinik Morula IVF Indonesia, tepatnya di Jl. Teuku Cik Ditiro, Menteng, Jakarta Pusat. Tahu, kan, kalau Klinik Morula menjadi salah satu tujuan utama bagi mereka yang ingin berkonsultasi tentang program bayi tabung. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi dr. Ivan Sini. Sp.OG, juga praktik di BIC Clinic Pacific Place – Jakarta Selatan atau RSU Bunda – Jakarta Pusat. Di situs milik dr. Ivan Sini Sp.OG berikut, ada banyak banget informasi seputar kesehatan wanita. Jangan lupa disimak, ya. 

  4. Dr. Darreell Fernando Sp.OG

    Rekomendasi dokter kandungan Jakarta Pusat lainnya, adalah dr. Darreell Fernando Sp.OG. Dengan beliau, Ibu bisa berkonsultasi tentang kesehatan kebidanan dan kandungan. dr. Darreell Fernando Sp.OG, menempuh pendidikan Dokter Umum di Universitas Indonesia dan melanjutkan studi kembali di universitas tersebut. Untuk di kawasan Jakarta  dr. Darreell Fernando Sp.OG melakukan praktik di Klinik Moegni, tepatnya di Jl. Teuku Cik Ditiro dan di Mayapada Hospital Kuningan. Pada ulasannya, beliau banyak mendapatkan feedback positif dari pasien-pasiennya. Yuk, cek profilnya di akun IG @darrellfernando

  5. Dr. Gita Pratama Sp.OG(K), MRepSc

    Untuk rekomendasi dokter kandungan di Jakarta Selatan, ada banyak, nih, salah satunya adalah dr. Gita Pratama Sp.OG(K), MRepSc. Beliau adalah lulusan Universitas Indonesia dan menjadi tempat bagi Ibu melakukan konsultasi seputar program hamil, gangguan haid dan program bayi tabung. dr. Gita Pratama Sp.OG(K), MRepSc praktik di RS Pondok Indah, Klinik Yasmin RSCM – Jakarta Pusat dan RSIA Grand Family – Jakarta Utara. Informasi lebih lengkap mengenai beliau, bisa dilihat di akun IG @tommygpratama atau simak channel Youtube Dokter Awam.

  6. Dr. Benny Johan Alamsyah Marpaung, Sp.OG

    dr. Benny Johan Alamsyah Marpaung, Sp.OG adalah salah satu dokter senior, nih. Beliau adalah lulusan Universitas Sumatera Utara, dengan pengalaman selama belasan tahun. Untuk berkonsultasi dengan beliau, kunjungi tempat ia praktik, yaitu di RSIA Brawijaya Antasari –atau di RSIA Asih – Jakarta Selatan. Layanan yang diberikan meliputi program KB dan konsultasi kehamilan.

  7. Dr. Ridwan, SpOG

    Ibu dan Ayah mencari dokter kandungan pro persalinan normal? Dr. Ridwan SpOG yang praktik di RSIA Kemang Medical Center - Jakarta Selatan ini bisa menjadi tujuan Anda. Dokter lulusan Universitas Indonesia ini juga praktik di Tembuni Birth Center - Jakarta Selatan. Mari lihat profilnya di akun IG @ridwansude

  8. Dr. Julianto Witjaksono A.S, Sp.OG (K), KFER

    dr. Julianto Witjaksono A.S, Sp.OG (K), KFER adalah referensi dokter kandungan di Jakarta Timur lainnya. Beliau adalah lulusan Universitas Indonesia dan masih aktif mengajar hingga sekarang. Dr. Julianto Witjaksono A.S, Sp.OG (K), KFER ini juga terkenal dengan pemeriksaan dan penjelasannya yang teliti dan mendetail. Untuk melakukan konsultasi, beliau praktik di RS Premier Jatinegara – Jakarta Timur atau kunjungi Siloam Hospital  Kebon Jeruk - Jakarta Barat.

  9. Dr. Erik Sutandi, Sp.OG

    Dr. Erik Sutandi, Sp.OG, adalah salah satu referensi dokter kandungan di Jakarta Utara, tepatnya di RSIA Grand Family. Dr. Erik Sutandi, Sp.OG, menyelesaikan studinya di Universitas Kristen Maranatha, kemudian melanjutkan studi di San Juan De Dios Hospital, Filipina.

  10. Dr. Budi Santoso, Sp.OG, FMAS

    Dr. Budi Santoso, Sp.OG, FMAS, adalah salah satu dokter kandungan yang dikenal ramah dan komunikatif, beliau juga disebut-sebut nggak sungkan menjawab pertanyaan di luar jam praktiknya dan selalu menjawab pertanyaan dengan mendetail. Pas banget, nih, buat Anda yang berdomisili di Jakarta Utara. Kunjungi Dr. Budi Santoso, Sp.OG, FMAS yang melakukan praktik di RSIA Hermina Podomoro – Jakarta Utara, atau di RS Eka – Tangerang. 

Tips lainnya, pilihlah dokter kandungan yang lokasi praktiknya nggak terlalu dari tempat tinggal Anda. Selain lebih efektif dari segi waktu, tempat praktik dokter yang dekat, juga menghemat tenaga Anda, dan seandainya ada keadaan darurat, pastinya akan lebih aman dan mudah dicapai.

Penulis: Stephanie
Editor: Dwi Ratih