Last update on .

Yang Perlu Anda Lakukan Selama Menjalani Program Hamil

Bunda ingin sekali hamil atau berencana melahirkan pada momen tertentu? Nah, Ibupedia punya beberapa trik yang dapat membantu Anda memiliki peluang besar agar cepat hamil. Tapi ada satu hal penting, pastikan Anda mulai mengonsumsi asam folat secara rutin sebulan sebelum program hamil karena ini akan mengurangi risiko cacat lahir. Lalu bagaimana caranya agar cepat hamil? Daripada penasaran, simak penjelasan tentang tips cepat hamil berikut ini:

 

  1. Persiapkan Tubuh Anda

    Anda memiliki kemungkinan lebih besar untuk hamil bila tubuh Anda telah siap. Untuk mengetahui apakah tubuh Anda berada pada kondisi yang tepat, jadwalkan pemeriksaan sebelum proses pembuahan dengan dokter atau bidan. Mengambil langkah ini sesegera mungkin dapat membantu Anda hamil lebih cepat.

     

    Bukan hanya pasangan Anda, tapi Anda sendiri juga harus menghindari alkohol, obat-obatan, dan rokok selama hamil. Semua itu dapat mempengaruhi kesuburan dan berbahaya bagi janin. Kurangi juga jumlah kafein yang biasa Anda konsumsi kalau mau cepat hamil. Mengonsumsi lebih dari satu atau dua cangkir kopi setiap hari bisa menurunkan kesempatan untuk hamil.

     

  2. Ketahui Kapan Masa Ovulasi Anda

    Rahasia untuk bisa segera hamil adalah dengan mengetahui kapan masa ovulasi Anda terjadi. Ovulasi merupakan proses pelepasan sel telur dari indung telur. Sel telur ibarat mata sasaran dan sperma adalah panahnya. Agar kehamilan terjadi, salah satu panah harus tepat berada di mata sasaran. Kebanyakan wanita melepaskan sel telur sekali pada tiap siklus menstruasi. Hanya pada beberapa hari saja di luar siklus tersebut yang benar-benar memiliki peluang kehamilan setelah berhubungan badan.

     

    Dengan mengetahui kapan masa ovulasi terjadi, Anda dan pasangan dapat merencanakan anak panah untuk berada tepat pada mata sasaran. Ini lebih baik ketimbang hanya dengan menembakkan banyak anak panah ke segala arah dan berharap ada yang mengenai target. Anda bisa mengetahui kapan masa ovulasi dengan menggunakan beberapa metode berbeda. Menentukan kapan waktu ovulasi menjadi sulit bila Anda memiliki periode menstruasi yang tidak teratur selama beberapa bulan. Pada kondisi ini Anda memerlukan saran terbaik dari dokter.

     

  3. Berhubungan Intim di Waktu Yang Tepat

    Setelah mengetahui kapan sel telur terlepas dari indung telur, tips cepat hamil berikutnya adalah merencanakan hubungan intim pada hari-hari paling subur Anda. Masa subur dimulai dari tiga hari sebelum masa ovulasi dan tiga hari setelahnya. Mulai melakukannya sedikit lebih awal juga tidak mengapa.

     

    Beberapa wanita terbukti hamil setelah melakukan hubungan intim enam hari sebelum masa ovulasi. Anda memiliki beberapa hari untuk program memiliki bayi karena sperma bisa bertahan selama lima hingga enam hari di tubuh Anda. Sel telur hanya bisa bertahan selama sehari saja. Itu artinya bila Anda berhubungan intim di hari Senin, sperma bisa bertahan di ovarium hingga hari Kamis atau bahkan hingga Sabtu.

     

    Jika Anda tidak yakin tentang kapan masa subur Anda, ada dua langkah yang bisa dilakukan. Yang pertama, lakukan hubungan intim setiap dua hari sekali. Berhubungan intim sesering ini berarti Anda akan mendapatkan sperma yang sehat yang menunggu di dalam ovarium setiap hari. Sperma ini siap untuk bersemi kapan saja ketika sel telur dilepaskan. Tidak masalah jika Anda ingin berhubungan intim lebih dari dua hari sekali. Hal ini memang tidak membuat Anda bisa lebih cepat hamil, tapi juga tidak merugikan Anda.

     

    Langkah kedua, jika Anda dan pasangan menunggu hingga hari paling subur untuk berhubungan intim, pastikan jangan terlalu lama. Pasangan Anda harus mengalami ejakulasi setidaknya sekali di hari-hari sebelum hari paling subur Anda. Jika tidak, akan ada risiko kematian sperma. Sperma yang mati tidak bisa membuat Anda hamil.

     

  4. Siapkan Sperma Dengan Kualitas Terbaik

    Sperma memiliki kualitas terbaik bila dalam kondisi sehat, kuat, dan banyak. Ada beberapa hal yang dapat membuat pasangan Anda memperoleh persediaan sperma yang berkualitas:

    • Hindari alkohol. Penelitian menunjukkan konsumsi alkohol setiap hari dapat mengurangi tingkat testosteron dan jumlah sperma. Selain itu akan terjadi juga peningkatan jumlah sperma yang tidak bagus.
    • Jauhi tembakau dan obat-obatan, karena dapat menyebabkan fungsi sperma yang buruk.
    • Hindari mandi air panas, sauna, atau mandi uap. Suhu panas dapat membunuh sperma. Testis berfungsi sangat baik di suhu 94 – 96 derajat Fahrenheit (34 – 35.5 derajat Celsius). Suhu ini beberapa derajat lebih dingin dari suhu tubuh normal.
    • Makan makanan dengan kandungan nutrisi yang cukup seperti zat besi, asam folat, kalsium, serta vitamin C dan D yang bisa membantu menghasilkan sperma yang banyak dan kuat.

     

    Akan lebih baik bila pasangan Anda segera mengubah gaya hidupnya jadi lebih sehat. Sperma membutuhkan waktu untuk berkembang, jadi perubahan yang pasangan Anda lakukan hari ini akan menghasilkan sperma yang lebih baik untuk sekitar tiga bulan dari sekarang.

     

  5. Berbaring Setelah Berhubungan intim

    Memang sebelumnya belum ada penelitian ilmiah yang menyatakan kalau berbaring telentang setelah berhubungan intim akan membantu sperma mencapai sel telur dengan lebih mudah. Posisi berbaring bertujuan untuk menghindari kebocoran sperma. Tapi kini ada hasil studi yang bisa dipercaya berkaitan dengan hal ini. 

     

    Di tahun 2009, peneliti di Amsterdam menemukan wanita yang berbaring selama 15 menit setelah proses inseminasi buatan, memiliki peluang untuk hamil sebanyak 50 persen lebih besar dibanding wanita yang segera bangun dari posisi berbaring setelah prosedur dilakukan.

     

    Memang kita tak dapat memastikan hal yang sama terjadi saat hubungan intim. Tapi studi ini menyarankan para wanita untuk berbaring sejenak setelah berhubungan intim agar sperma dapat menyelesaikan tugasnya. Tidak ada ruginya mencoba hal ini kan, Bunda?

     

  6. Nikmati Saja Prosesnya

    Kecemasan dan kekhawatiran pasti akan Anda rasakan setiap saat selama program hamil. Memang hal itu tergolong wajar. Tapi sebenarnya Anda memiliki kesempatan lebih besar untuk dapat hamil bila Anda tidak stres. Hypothalamus, kelenjar di otak yang mengatur hormon ovulasi tidak akan berfungsi dengan baik bila Anda mengalami stres. Itu sama artinya Anda akan berovulasi lebih lambat dari biasanya atau bahkan tidak sama sekali.

     

    Jadi lakukan apapun yang Anda bisa untuk menikmati proses menuju kehamilan. Nikmati kehidupan seks Anda. Ini dapat membuka peluang kehamilan lebih besar. Akan lebih baik lagi bila ada variasi dalam melakukannya. Untuk bisa hamil, tak ada satu posisi seks yang lebih efektif dibanding yang lain.

     

  7. Mencari Bantuan

    Berapa lama Anda harus terus berusaha hamil sebelum mencari bantuan dari spesialis kesuburan sangat bergantung pada usia Anda. Kesuburan menurun di saat Anda semakin bertambah umur. Jadi tips cepat hamil yang perlu Anda perhatikan; bila Anda berusia lebih dari 40 tahun, segeralah minta bantuan dari seorang spesialis. Jika Anda berumur 35 hingga 40 tahun, bicara pada spesialis setelah Anda mencoba selama 6 bulan tanpa hasil.

     

    Untuk pasangan di bawah usia 35 tahun, Anda dapat terus mencoba selama satu tahun lamanya sebelum datang ke spesialis kesuburan. Bila Anda mencurigai adanya masalah kesuburan pada diri Anda atau suami, silakan buat janji untuk bertemu dokter. Tak ada alasan untuk menunda melakukannya.

     

Yang Harus Dihindari Agar Cepat Hamil

Bunda, program hamil membuat Anda perlu menghindari beberapa hal agar cepat hamil. Berikut ini daftarnya:

 

  1. Merokok

    Anda mungkin sudah berencana untuk berhenti merokok ketika hamil, tapi menghindari rokok saat program hamil akan memberi manfaat besar juga. Butuh waktu lebih lama bagi perokok untuk bisa hamil. Dan merokok membuat sel telur wanita lebih rentan terhadap masalah genetik yang abnormal.

     

    Merokok meningkatkan risiko keguguran dan kehamilan ektopik. Bahkan wanita perokok yang menjalani program bayi tabung harus mencoba dua kali lebih banyak dibanding wanita yang tidak merokok untuk bisa hamil. Pasangan Anda juga harus berhenti merokok. Pria yang merokok memiliki jumlah sperma dan mortalitas lebih rendah, serta lebih banyak sperma abnormal.

     

  2. Kafein berlebihan

    Tenang, agar cepat hamil Anda tak perlu berhenti minum kopi di pagi hari. Tapi bila Anda mengonsumsi lebih dari 200 mg kafein (sekitar satu hingga dua gelas ukuran 8 ounce) per hari, Anda perlu menguranginya.

     

    Konsumsi kafein berlebihan terkait dengan masalah kesuburan. Selain itu, kafein mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi, bisa menyebabkan dehidrasi, dan pada dosis tinggi dapat meningkatkan risiko keguguran dan kelahiran prematur.

     

  3. Makan sembarangan

    Masih jadi perdebatan tentang makanan yang bisa membuat Anda lebih subur, tapi satu hal yang disepakati para ahli; bila tubuh berada di kondisi sehat, Anda lebih mungkin untuk hamil. Jadi makan dengan benar merupakah hal yang sangat penting. Alasan penting untuk tidak makan gorengan dan memperbanyak makan bayam adalah karena asam folat. Vitamin B ini ditemukan pada sayuran hijau gelap dan penting bagi tubuh sebelum dan setelah hamil untuk mencegah cacat lahir. Dokter menganjurkan Anda minum vitamin dengan kandungan setidaknya 400 mikrogram asam folat ketika menjalani program hamil.

     

  4. Konsumsi alkohol

    Anda perlu hindari alkohol ketika menjalani program hamil. Ini karena alkohol terkait dengan menstruasi yang tidak teratur, ovulasi berkurang, dan tingkat estrogen dan progesteron yang abnormal yang membuat lebih sulit untuk hamil.

     

    Alasan lain kenapa Anda perlu menghindari alkohol adalah untuk mengurangi kemungkinan sindrom alkohol janin. Beri tahu pasangan untuk membatasi konsumsi alkohol juga. Ada bukti ilmiah kalau konsumsi alkohol bisa mempengaruhi kesuburan pria.

     

  5. Berat badan berlebih

    Apakah berat badan Anda berlebih atau justru sangat kurang? Hitung indeks massa tubuh Anda. Memiliki indeks massa tubuh yang rendah (kurang dari 18,5) atau sangat tinggi (lebih dari 30) bisa menyebabkan Anda mengalami menstruasi  yang tidak teratur atau terhenti. Berat badan yang sangat kurang membuat Anda berhenti berovulasi. Obesitas bisa meningkatkan risiko komplikasi kehamilan seperti diabetes gestasional, preeklampsia, cacat lahir, dan kemungkinan operasi caesar. Jadi penting untuk berada di berat badan yang sehat agar cepat hamil.

     

    Bila Anda mengalami obesitas atau berat badan sangat kurang, bicara pada dokter tentang bagaimana cara memperoleh berat badan yang sehat. Anda perlu makan dengan benar, memperoleh banyak nutrisi, berolahraga, dan banyak minum air putih. Sering kali, penambahan berat atau penurunan berat sedikit saja sudah cukup untuk bisa hamil, selama dilakukan dengan cara yang sehat.

     

  6. Mengabaikan gigi

    Sekarang waktunya untuk mengunjungi dokter gigi Anda. Anda dan pasangan harus pastikan memiliki gigi yang sehat sebelum hamil. Kesehatan mulut yang buruk bisa mempengaruhi sperma pria, dan bila Anda memiliki penyakit gusi, bisa meningkatkan risiko kelahiran prematur dan bayi dengan berat lahir rendah.

     

  7. Malas berolahraga

    Anda selalu mencari-cari alasan untuk menghindari olahraga? Sebuah penelitian menemukan kalau olahraga teratur dan aktivitas fisik yang tidak berlebihan seperti jalan cepat, bersepeda, atau berkebun bisa mengurangi waktu yang dibutuhkan agar cepat hamil.

     

  8. Olahraga berlebihan

    Tubuh Anda harus bugar tapi jangan berlebihan berolahraga. Seperti penelitian yang disebutkan di atas, olahraga berlebihan meningkatkan jumlah waktu untuk wanita agar bisa hamil. Ini bukan berarti Anda tidak perlu lari pagi bila telah terbiasa melakukannya, tapi olahraga yang mengganggu siklus menstruasi seperti lari marathon dapat mengganggu kesuburan Anda.

     

  9. BPA

    BPA atau bisphenol A adalah bahan kimia yang ditemukan di barang plastik, seperti botol minum, wadah makanan, dan bahkan lapisan pada kaleng aluminium. Beberapa penelitian meyakini paparan BPA tingkat tinggi bisa merusak kesuburan wanita dan pria, berpotensi menurunkan jumlah sperma, atau menurunkan jumlah sel telur. Tak ada cara untuk mencegah paparan BPA, tapi Anda bisa membatasinya dengan menghindari makanan kalengan dan kurangi konsumsi makanan atau minuman dari wadah plastik dengan kode angka 3 atau 7 pada bagian bawah wadah.

     

  10. Ikan dengan merkuri tinggi

    Beberapa ikan memiliki kandungan merkuri lebih tinggi. Merkuri tingkat tinggi pada darah terkait dengan masalah kesuburan baik pada pria maupun wanita. Selain itu, merkuri tetap berada di tubuh selama lebih dari 1 tahun dan bisa membahayakan perkembangan otak serta sistem saraf janin, jadi menghindarinya akan meningkatkan kesempatan untuk kehamilan yang sehat. Anda masih dibolehkan mengonsumsi 2 sajian makanan laut rendah merkuri seberat 6 ounce per minggu selama hamil.

     

  11. Stres

    Semua orang pernah mengalami stres, dan para ahli kurang sepakat tentang apakah stres bisa menyebabkan masalah kesuburan. Tapi ada bukti kalau stres yang kronis bisa mempengaruhi sistem  reproduksi. Mengalami kesulitan untuk bisa hamil juga menimbulkan stres. Jadi bila Anda merasa stres mempengaruhi kesehatan dan kemampuan untuk hamil, bicara pada dokter tentang cara mengatasinya. Beberapa penelitian menemukan alternatif obat seperti yoga dan akupunktur, mengurangi waktu bagi pasangan untuk bisa hamil.

     

Kebugaran Tubuh Saat Program Hamil

Anda mungkin pernah mendengar, olahraga berlebihan atau terlalu sedikit ketika menjalani program hamil bisa membuat Anda lebih sulit hamil. Berikut ini beberapa hal terkait dengan kebugaran dan kesuburan.

 

  1. Mulai lakukan olahraga saat ini juga

    Menjadikan olahraga sebagai kebiasaan teratur sebelum program hamil bisa membantu Anda merasa lebih baik di sepanjang kehamilan dan memiliki stamina lebih sehat saat persalinan dan kelahiran. Olahraga bahkan bisa meningkatkan kesuburan bila Anda menjalani program hamil karena polycystic ovarian syndrome (PCOS) atau kelebihan berat badan. Pelajari cara melakukan olahraga secara rutin dan ketahui jenis olahraga yang paling baik untuk program hamil.

     

    Pilih variasi aktivitas yang Anda sukai. Dengan begitu, bila Anda tidak bisa berjalan kaki karena cuaca misalnya, Anda masih bisa mengikuti kelas Zumba. Bila Anda telah terbiasa dengan beberapa aktivitas, maka Anda lebih mungkin tetap bisa melakukannya ketika hamil. Renang jadi salah satu aktivitas yang direkomendasikan.

     

  2. Tidak fokus pada penurunan berat badan

    Anda mungkin ingin sekali mendapat berat badan  yang ideal sebelum kehamilan tapi saat ini waktunya untuk memastikan Anda mendapat nutrisi yang cukup. Jalani pola makan tanpa menghindari kelompok makanan tertentu atau mengurangi kalori secara drastis.

     

  3. Tidak berlebihan

    Bila Anda menyukai lari jarak jauh, sekarang waktunya untuk melakukan sedikit modifikasi. Meski aktivitas dengan intensitas tinggi tak masalah dilakukan selama tahap sebelum kehamilan bila Anda terbiasa melakukannya, sebaiknya ini tidak dilanjutkan. Latihan fisik memberi tekanan pada tubuh. Dan apapun yang berlebihan bisa memberi dampak buruk, terutama di masa program hamil. Sebaiknya lakukan aktivitas yang tidak berlebihan seperti jalan kaki atau renang di mana Anda masih bisa berbicara dan tidak kehabisan nafas ketika melakukannya.

(Ismawati)