Rekomendasi

6 Rekomendasi Suplemen Ibu Hamil Terfavorit

6 Rekomendasi Suplemen Ibu Hamil Terfavorit

Suplemen Ibu hamil diperlukan oleh Ibu hamil karena Ibu harus hamil memastikan bahwa asupan nutrisi tiap harinya dalam jumlah memadai. Asupan nutrisi utama Ibu hamil dari makanan, namun kerap kali makanan yang dikonsumsi tidak cukup asupannya sehingga membutuhkan suplemen Ibu hamil untuk otak bayi agar perkembangan otak janin optimal.

Nutrisi yang dibutuhkan oleh Ibu hamil

6-rekomendasi-suplemen-ibu-hamil-terfavorit-1

1. Vitamin

Vitamin tergolong mikronutrien, sehingga asupan yang dibutuhkan perhari memang tidak banyak. Meskipun sedikit, keberadaannya sangat penting.

Ibu hamil yang mengalami mual disarankan mengkonsumsi vitamin B6 karena dapat meredakan mual dan membantu metabolisme tubuh Ibu hamil. Selain itu, vitamin D juga penting karena mendukung penyerapan kalsium sehingga pembentukan tulang pada bayi dapat terjadi dengan baik.

2. Asam folat

Asam folat atau vitamin B9 merupakan zat yang penting bagi perkembangan otak janin. Kandungan ini diperlukan oleh Ibu hami sepanjang kehamilan. Ibu bisa menemukan kandungan asam folat dari makanan seperti ikan kembung, sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan dan susu.

Asam folat membantu mencegah keguguran pada trimester 1. Memasuki trimester 2, asam folat berperan menurunkan kelahiran prematur dan risiko preklamsia pada Ibu hamil.

Umumnya Ibu hamil membutuhkan asam folat sebanyak 400-600 mikrogram setiap hari.

3. Zat besi

Zat besi adalah kandungan yang diperlukan untuk membentuk hemoglobin atau HB. Ibu hamil membutuhkan minimal 27 miligram zat besi per hari. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Selain itu, kekurangan zat besi juga dapat berisiko bayi lahir dalam keadaan berat badan bayi lahir rendah (BBLR).

Asupan zat besi dapat diperoleh dengan mengkonsumsi daging merah, ayam telur, dan kacang-kacangan.

4. Kalsium dan magnesium

Kalsium dibutuhkan untuk pembentukan dan pertumbuhan gigi, otot, serta tulang janin. Selain itu, kalsium juga dapat menurunkan risiko preeklamsia pada Ibu hamil.

Ibu hamil membutuhkan kalsium minimal 1.000 mg per hari. Jika kebutuhan kalsium Ibu hamil tidak terpenuhi, maka Ibu semakin berpotensi mengalami osteoporosis dan janin akan mengambil cadangan kalsium dari tulang Ibu.

5. DHA

DHA merupakan asam lemak omega-3 yang dapat ditemukan pada minyak ikan. Asam lemak ini berfungsi untuk mendukung perkembangan organ-organ bayi termasuk perkembangan otak janin.

Ibu hamil disarankan mengkonsumsi sebanyak 300 mg DHA per hari.

Rekomendasi suplemen Ibu hamil untuk otak bayi

Ibu hamil dapat memperoleh asupan nutrisi yang memadai melalui makanan. Namun, tidak dipungkiri kerap kali Ibu hamil tidak dapat stabil mempertahankan asupan nutrisi tiap harinya sehingga dibutuhkan suplemen Ibu hamil untuk otak bayi.

1. Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold

6-rekomendasi-suplemen-ibu-hamil-terfavorit-2

Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold merupakan suplemen Ibu hamil untuk otak bayi karena mengandung B6 dan asam folat yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi Ibu hamil. Selain itu suplemen ini juga mengandung besi fumarat yang dapat mencegah konstipasi. Kandungan yodiumnya juga mencukupi kebutuhan Ibu dan janin yang kurang mendapatkan asupan yodium dari makanan.

Harga: Mulai dari Rp 500.000 untuk 180 kapsul        

2. Folamil Genio

6-rekomendasi-suplemen-ibu-hamil-terfavorit-3

Asupan yang tepat akan menjamin perkembangan janin. Folamil Genio mengandung DHA dan ARA untuk mendukung perkembangan organ janin. Selain itu, kandungan iron polymaltose complete memiliki fungsi penambah darah bagi Ibu hamil yang mengalami anemia. Ibu dapat mengkonsumsi suplemen Ibu hamil ini bahkan sejak melakukan program hamil.

Harga: Mulari dari Rp 117.000 untuk 30 kapsul

3. Elkana

6-rekomendasi-suplemen-ibu-hamil-terfavorit-4

Elkana bisa menjadi alternatif suplemen Ibu hamil karena mengandung vitamin A, B6, B12, D3, dan mineral.

Elkana bisa juga menjadi suplemen nafsu makan serta membantu pertumbuhan otot dan tulang janin walau masih berada di dalam kandungan. Suplemen Ibu hamil ini dapat dikonsumsi sehabis makan agar perut Ibu tidak mengalami iritasi.

Harga: Rp 11.000 untuk 10 tablet

4. Natafit

6-rekomendasi-suplemen-ibu-hamil-terfavorit-5

Suplemen Ibu hamil lainnya yang bisa dikonsumsi adalah Natavit. Suplemen berbentuk tablet ini mengandung asam folat, vitamin B kompleks hingga DHA yang mampu menjaga kesehatan janin dan membantu perkembangan otaknya.

Natavit juga mampu membantu proses pembentukan sel-sel tubuh yang bisa mencegah cacat pada bayi. 

Harga: Ro 120.000 untuk 30 kapsul

5. Osfit DHA

6-rekomendasi-suplemen-ibu-hamil-terfavorit-6

Osfit DHA juga merupakan suplemen Ibu hamil untuk perkembangan otak janin di awal-awal kehamilan. Osfit DHA mengandung vitamin D3, kalsium, dan minyak ikan tuna.

Kandungan DHA dan EPA dalam suplemen Ibu hami ini bermanfaat meningkatkan perkembangan otak bayi di dalam perut.

Jangan lupa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu ya sebelum mengkonsumsi suplemen Ibu hamil ini.

Harga: Rp 150.000 untuk 3 kapsul lunak

6. Herbs of Gold Pregnancy Plus

6-rekomendasi-suplemen-ibu-hamil-terfavorit-7

Suplemen Ibu hamil ini dapat dikonsumsi bahkan saat Ibu dan suami ingin melakukan program hamil. Dengan mengkonsumsi suplemen ini, diharapkan kebutuhan nutrisi bayi akan terpenuhi sejak awal hingga tumbuh kembangnya dapat berjalan optimal.

Herbs of Gold Pregnancy Plus dilengkapi dengan aroma dan rasa vanilla yang membantu Ibu hamil saat mengalami mual.

Harga: Rp 240.000 untuk 60 tablet.

Itulah 6 rekomendasi suplemen Ibu hamil yang dapat menjadi pilihan Ibu sebagai tambahan asupan di masa hamil. Jangan lupa konsultasikan ke dokter juga ya mengenai penggunaannya!

Editor: Dwi Ratih