Kehamilan

Alat Tes Kehamilan Murah Atau Mahal, Mana Yang Lebih Akurat?

Alat Tes Kehamilan Murah Atau Mahal, Mana Yang Lebih Akurat?

Saat pertama kali curiga bahwa Ibumin hamil, hal yang Ibumin lakukan adalah melakukan test pack menggunakan alat tes kehamilan. Tapi, yang namanya kehamilan pertama, alat tes kehamilan yang Ibumin gunakan tentu ada banyak macamnya.

Tujuannya, untuk meyakini diri sendiri bahwa Ibumin benar-benar positif hamil kala itu. Alat tes kehamilan yang Ibumin gunakan juga beragam, dari yang murah hingga yang mahal.

Nah, apakah Ibu juga pernah melakukan hal yang sama seperti Ibumin di kehamilan pertamanya? Tapi, setelah melalui momen tersebut, Ibumin jadi berpikir, sebenarnya apa sih perbedaan alat tes kehamilan murah dan mahal?

Secara fungsi, apakah ada perbedaan yang memengaruhi efektifitas alat tes kehamilan tersebut? Biar nggak penasaran lagi, ada baiknya kita simak ulasan berikut ini terlebih dahulu, yuk!

Alat tes kehamilan murah dan mahal, apa bedanya?


Pada kehamilan pertama, alat tes kehamilan punya peran penting untuk menentukan hamil atau tidaknya seorang wanita. Agar rasa penasaran tersebut terpuaskan, maka seringkali kita membeli alat tes kehamilan dengan merk dan bentuk yang berbeda.

Apalagi mengingat, ada beragam alat tes kehamilan yang kini beredar di masyarakat. Bahkan tersedia dari harga murah hingga mahal.

Tapi, sebenarnya apa sih yang membedakan alat tes kehamilan murah dan mahal? Mengutip dari What To Expect pada dasarnya semua alat tes kehamilan bekerja dengan cara yang sama.

Alat ini bekerja dengan mengukur kadar human chorionic gonadotropin (hCG), yaitu hormon kehamilan yang diproduksi oleh plasenta yang ada pada urine. Hormon ini akan muncul, pada 7-12 hari setelah kehamilan di mulai.

Hormon inipun akan semakin berkembang dan pekat, setiap harinya selama kehamilan berlangsung. Akan tetapi, biasanya supaya kehamilan bisa dideteksi melalui alat tes kehamilan, dibutuhkan waktu sekurang-kurangnya 19 hari setelah pembuahan, agar hormon ini meningkat dalam tubuh Ibu hamil.

Jadi, apa bedanya? Bisa Ibumin simpulkan, bahwa perbedaannya mungkin hanya ada pada bentuknya saja. Meski, tak dipungkiri beberapa alat tes kehamilan lain mungkin juga lebih sensitif terhadap pekatnya kadar hCG dalam tubuh Ibu.

Sehingga, alat tes kehamilan tersebut bisa mendeteksi kehamilan lebih cepat dan pastinya akurat. Nah, sedikit banyak desain dan bentuk dari alat tes kehamilan ini jugalah yang pada akhirnya ikut memengaruhi harga.

Alat tes kehamilan biasa, jelas lebih murah jika dibandingkan dengan alat tes kehamilan dengan tampilan digital, yang cenderung lebih mahal. Akan tetapi, secara fungsi sama-sama bisa memberikan hasil yang akurat.

Plus-minus alat tes kehamilan murah vs mahal


Mengenai pilihan tentang alat tes kehamilan murah dan mahal, sebenarnya merupakan keputusan dari Ibu sendiri. Beberapa Ibu mungkin merasa, alat tes kehamilan murah cenderung lebih dipilih karena harganya yang cukup terjangkau, jika dibandingkan alat tes kehamilan yang mahal.

Namun, semua kembali lagi pada pilihan Ibu ya. Tapi, yang jelas kedua jenis alat tes kehamilan tersebut ada plus-minusnya juga, lho!

Mengutip Parenting First Cry berikut adalah plus-minusnya yang bisa jadi pertimbangan untuk Ibu:

Alat tes kehamilan murah

Plus:

  • Harganya lebih murah dan terjangkau bagi semua kalangan
  • Memberikan hasil yang 99% akurat, seperti jenis alat tes kehamilan lain. Dengan catatan, dilakukan dengan benar sesuai dengan instruksi produk

Minus:

  • Tidak banyak fitur, yang membuat proses tes kehamilan menjadi lebih nyaman
  • Beberapa wanita, mungkin kesulitan memahami hasilnya
  • Jika garis tidak cukup gelap, dapat menyebabkan kebingungan, dan perlu dilakukan pengujian lagi, dengan harapan mendapatkan hasil yang lebih akurat

Alat tes kehamilan mahal

Plus:

  • Alat tes kehamilan mahal, memiliki waktu tunggu lebih singkat, karena lebih sensitif terhadap kadar hCG
  • Hadir dengan tampilan fitur tambahan yang membuat pengujian jauh lebih mudah. Beberapa memiliki pembacaan hasil dalam bentuk digital. Sementara alat tes kehamilan mahal lainnya, memiliki bentuk yang handy atau mudah dipegang

Minus:

  • Butuh merogoh kocek lebih mahal
  • Alat tes yang mengklaim lebih sensitif terhadap hCG, bisa jadi tidak akurat jika dilakukan sebelum hari dimulainya menstruasi.

Jadi, alat tes kehamilan mana yang baiknya dipilih?


Jika dikutip dari Motherly sebenarnya memilih alat tes kehamilan murah maupun mahal, tergantung dari kebutuhan Ibu. Bagi yang nggak sabar menunggu hasilnya, bisa menggunakan alat tes kehamilan yang lebih mahal dengan hasil yang lebih cepat dalam hitungan detik.

Alat tes kehamilan yang lebih mahal biasanya hanya memberikan dua opsi hasil, yakni “hamil” dan “tidak hamil”.

Tapi yang jelas, sebelum memilih alat tes kehamilan, Ibu wajib memeriksa cara penggunaan alat tes kehamilan tersebut, guna mengetahui berapa banyak unit hCG yang dapat dideteksi. Semakin rendah angkanya, semakin sensitif alatnya.

Beberapa tes dapat mendeteksi kurang dari 25 mIU/hCG, tetapi banyak merek top lainnya dapat mendeteksi 50 mIU/hCG. Tingkat deteksinya kurang lebih hampir mirip dengan alat tes kehamilan yang murah.

Terkadang, harga alat tes kehamilan yang mahal pun tidak selalu menjadi indikator sensitivitas yang baik. Pastikan Ibu juga mengetahui tanggal kedaluwarsa pada tes kehamilan.

Sebab, baik murah atau mahal, alat tes kehamilan kemungkinan besar bisa memberikan hasil yang salah. Terutama jika sudah melewati tanggal kedaluwarsa.