Kehamilan

Bantu Atasi Mual, Ketahui 7 Manfaat Strawberry Untuk Ibu Hamil

Bantu Atasi Mual, Ketahui 7 Manfaat Strawberry Untuk Ibu Hamil

Agar bisa menjalankan kehamilan yang sehat, tentunya dibutuhkan banyak persiapan. Salah satunya adalah kebutuhan nutrisi Ibu dan janin.

Ibu hamil sendiri disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi, meliputi aneka daging dan protein hewani, sayur dan buah-buahan. Bicara soal buah-buahan, salah satu buah yang jadi favorit Ibumin saat hamil dulu adalah strawberry.

Apalagi saat masih hamil muda, biasanya buah strawberry untuk Ibu hamil ini bisa membantu mengurangi rasa mual. Terutama setelah makan makanan utama.

Ternyata, nggak hanya sekadar mengurangi rasa mual, buah strawberry untuk Ibu hamil juga punya banyak manfaat, lho! Yuk, kita bahas bersama mengenai manfaat stroberi untuk Ibu hamil dalam ulasan berikut ini.

Bolehkah mengonsumsi buah stroberi untuk Ibu hamil?


Kalau dulu, Ibumin suka banget mengonsumsi strawberry saat hamil. Selain bisa membantu mengatasi mual, ternyata strawberry juga kaya manfaat untuk merawat kesehatan jantung Bumil serta membantu menjaga kesehatan tubuh.

Jadi, bicara mengenai bolehkah mengonsumsi stroberi untuk Ibu hamil, menurut Parenting First Cry jawabannya jelas boleh ya Bu. Bahkan strawberry untuk Ibu hamil ini punya beragam manfaat lain, seperti:

1. Mengandung banyak nutrisi

Strawberry untuk Ibu hamil memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Menurut penelitian tahun 2012 berjudul: The strawberry: composition, nutritional quality, and impact on human health mengungkapkan bahwa, strawberry mengandung vitamin C, asam folat, pottasium serta zat antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

2. Jadi makanan favorit Bumil saat morning sickness

Perubahan hormon saat hamil, sangat memengaruhi kemungkinan Ibu mengalami morning sickness dari tingkat sedang hingga parah. Segala macam makanan rasanya sulit ditelan, karenanya karena strawberry untuk Ibu hamil punya rasa manis dan asam, maka buah ini kemungkinan jadi buah yang paling memungkinkan untuk dikonsumsi Bumil.

3. Mengurangi stres selama hamil

Ngidam selama hamil, ternyata juga bisa dipengaruhi oleh faktor psikologis seperti stres dan kecemasan. Makan stroberi, dapat membantu memberikan kenyamanan dan mengurangi tingkat stres.

4. Bantu menghindrasi tubuh Bumil

Stroberi memiliki kandungan air yang tinggi, dan dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Nah, dengan mengonsumsi strawberry otomatis bisa membantu melapaskan dahaga.

5. Mengandung serat

Selama hamil, hal yang seringkali jadi masalah adalah Bumil mengalami konstipasi. Cara mencegahnya, adalah dengan selalu memastikan kebutuhan serat harian dengan mengonsumsi sayuran dan makanan bergizi setiap hari.

Mengutip dari Eat Right Mama manfaat buah strawberry untuk Ibu hamil, salah satunya juga mengandung kadar serat yang cukup tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan serat harian, Bumil disarankan mengonsumi strawberry sebanyak 3 gram/hari.

6. Penting untuk mendukung perkembangan otak janin

Seperti yang Ibumin sebutkan tadi, strawberry untuk Ibu hamil mengandung asam folat yang cukup tinggi. Di mana asam folat ini sangat penting perannya untuk membantu pembentukan otak janin.

Asam folat juga berfungsi untuk mengurangi risiko cacat lahir hingga 50%. Bahkan, kandungan zat antioksidan di dalam strawberry bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh baik bagi Ibu maupun janin.

7. Baik untuk kesehatan mata

Ternyata, buah strawberry untuk Ibu hamil nggak hanya mengandung vitamin C saja, lho! Buah stroberi juga banyak mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

Mengonsumsi strawberry untuk Ibu hamil, juga dapat memperkuat kinerja kornea dan retina mata Ibu, serta membantu melindungi penglihatan janin saat dilahirkan nanti. Sehingga dapat mengurangi risiko cacat mata saat lahir.

Wajib diperhatikan sebelum konsumsi buah ini


Walau rasanya sangat segar dan lezat, nyatanya Bumil tetap perlu waspada dengan buah yang satu ini. Sebab, mengutip dari Healthline sebanyak 9% orang dewasa pasti memiliki kemungkinan alergi buah stroberi.

Gejala awal alergi strawberry juga beragam, mulai dari tenggorokan gatal, timbul ruam hingga reaksi yang lebih parah lainnya seperti anafilaksis. Jika Ibu diketahui alergi terhadap stroberi, maka Ibu harus menghindari buah tersebut dan buah serupa untuk mencegah reaksi alergi.

Biasanya, alergi stroberi terjadi pada orang yang memiliki alergi serbuk sari. Stroberi juga termasuk dalam keluarga tumbuhan Rosaceae.

Nah, jika Ibu alergi strawberry, maka kemungkinan Ibu juga bisa alergi terhadap buah sejenis seperti buah persik, ceri, apel, raspberry, dan blackberry. Jadi, meskipun bermanfaat bagi tubuh kita, mengonsumsi strawberry untuk Ibu hamil tetap ada risikonya ya Bu.

Selain itu, karena rasanya yang juga asam, mengonsumsi strawberry juga sebaiknya jangan berlebihan. Bagi Bumil yang memiliki sistem pencernaan yang cenderung sensitif, dapat membuat Ibu mengalami gangguan pencernaan seperti diare atau asam lambung naik. 

Pastikan juga jangan makan strawberry saat perut dalam keadaan masih kosong ya, Bu. Cuci bersih strawberry dengan menggunakan air matang yang dicampur dengan sedikit garam, agar kotoran yang mengendap di kulit buah bisa bersih sempurna.