Kehamilan

Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi UC 1000? Batasi Konsumsinya!

Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi UC 1000? Batasi Konsumsinya!

Bolehkah ibu hamil minum UC 1000?

Salah satu hal yang kerap terjadi pada Ibu hamil adalah mendapati kondisi tubuhnya lemas, mudah lelah dan mudah mengantuk. Berkembangnya mitos maupun fakta terkait makanan dan minuman apa saja yang sebaiknya dikonsumsi atau tidak boleh dikonsumsi membuat Ibu hamil ekstra berhati-hati dalam memilih asupan gizi makanan dan minuman. Salah satu yang menjadi perhatian Ibu adalah konsumsi vitamin C tambahan. Ibu pun sering bertanya-tanya, bolehkah ibu hamil minum UC 1000?

Ulasan di bawah ini akan membahas untuk menjawab pertanyan bolehkah ibu hamil minum UC 1000.

Bolehkah Ibu hamil minum UC 1000?

bolehkah-ibu-hamil-konsumsi-uc-1000-batasi-konsumsinya-1

Terjadi banyak sekali perubahan hormon yang terjadi pada tubuh Ibu hamil saat masa kehamilan. Ibu hamil jadi sering merasakan kondisi yang biasanya tidak terjadi saat tidak hamil seperti mudah terserang berbagai penyakit. Oleh karena itu, vitamin C menjadi salah satu asupan nutrisi ibu hamil yang perlu dijaga.

Vitamin C memiliki peran penting dalam menjaga daya tahan tubuh agar tetap prima. Vitamin C banyak ditemukan di buah-buahan dan sayuran seperti jeruk, lemon, mangga, dan tomat. Selain dari buah-buahan, Ibu juga bisa mendapatkan asupan vitamin C tambahan melalui minuman UC 1000.

Namun, perlukah Ibu hamil mendapatkan asupan vitamin C tambahan sehingga bolehkah ibu hamil minum UC 1000?

Kebutuhan vitamin C Ibu hamil berkisar 80-85 mg per hari. Sebenarnya kebutuhan ini masih akan tercukupi melalui konsumsi buah-buahan seperti apel, jeruk, mangga, dan lain-lain. Namun demikian, kebutuhan vitamin C Ibu hamil maksimal masih normal jika berada di angka 1.800 - 2.000 mg per hari. Ibu hamil masih boleh mengkonsumsi UC 1000 sesekali saja karena kebutuhan vitamin C Ibu hamil masih di dalam ambang yang bisa ditoleransi. Perlu diperhatikan, jangan terlalu sering konsumsi minuman UC 1000. Mungkin pertanyaan Ibu perihal bolehkah Ibu hamil minum UC 1000 sudah mulai terjawab.

Alangkah lebih baik jika Ibu mendapatkan asupan vitamin C melalui sumber dari alam seperti buah-buahan dan sayuran. Ibu hamil harus selektif dalam mengkonsumsi obat-obatan termasuk dalam bentuk suplemen. Jika Ibu ingin mengkonsumsi UC 1000, Ibu bisa berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu agar dokter dapat menilai terlebih dahulu apakah Ibu bisa mengkonsumsinya.

Bahaya konsumsi vitamin C berlebihan

bolehkah-ibu-hamil-konsumsi-uc-1000-batasi-konsumsinya-2

Amankah Ibu hamil minum UC 1000?

Seperti yang sudah dijabarkan di atas, Ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi UC 1000 karena dosis vitamin C yang terlalu tinggi. Pun, jika ingin mengkonsumsi sebaiknya sesekali saja. Ini disebabkan berlebihnya kandungan vitamin C pada tubuh dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan.

Amankah Ibu hamil minum UC 1000? Berikut beberapa bahaya konsumsi vitamin C berlebihan:

1. Bayi lahir prematur

Jika Ibu bertanya-tanya bolehkah Ibu hamil minum UC 1000, maka kondisi bayi lahir prematur adalah salah satu bahaya konsumsi vitamin C berlebihan. Terlalu tinggi nilai vitamin C di dalam tubuh dapat meningkatkan peluang kelahiran prematur. Kondisi kelahiran prematur adalah keadaan dimana bayi terlahir lebih cepat dari usia kehamilan yang diharapkan. Bayi prematur berisiko memiliki organ yang belum matang saat lahir. Oleh karena itu, Ibu hamil harus berusaha menghindari kondisi yang dapat memicu bayi lahir prematur.

2. Sakit perut akibat asam lambung

bolehkah-ibu-hamil-konsumsi-uc-1000-batasi-konsumsinya-3

Sakit perut akibat asam lambung adalah salah satu hal yang harus ibu pertimbangkan saat bertanya bolehkah ibu hamil minum UC 1000. Jika Ibu hamil mengkonsumsi vitamin C berlebih, biasanya kerap menimbulkan rasa nyeri pada perut akibat meningkatnya asam lambung yang dapat mengiritasi bagian perut. Kondisi ini terutama dapat terjadi pada Ibu hamil yang memiliki riwayat sakit maag atau peningkatan asam lambung.

3. Gangguan pada ginjal

Vitamin C berlebih yang tidak dibutuhkan oleh tubuh tentu akan disekresi lewat tubuh melalui ginjal. Kandungan vitamin C yang tinggi dapat menyebabkan kondisi ginjal lama kelamaan akan rusak. Alasan ini akan sedikit menjawab jika Ibu bertanya soal bolehkah ibu hamil minum UC 1000.

4. Meningkatkan risiko kanker

Pada beberapa kasus, vitamin C dapat bertindak sebagai pro-oksidan meski mengandung senyawa antioksidan. Pro-oksidan berpotensi terhadap kerusakan oksidatif. Seperti yang dilansir dari National Institute of Health, sejumlah penelitian in-vitro melaporkan bahwa kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan kromosom atau DNA.

Hal tidak disangka lainnya adalah masalah kelebihan asupan vitamin C ini sangat mungkin berkontribusi terhadap penyakit kanker. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut soal kanker ini.

5. Muncul gejala lainnya

bolehkah-ibu-hamil-konsumsi-uc-1000-batasi-konsumsinya-4

Amankah Ibu hamil minum UC 1000?

Tidak hanya akan terjadi efek di atas apabila mengkonsumsi vitamin C secara berlebihan. Dampak lain juga bisa ikut muncul. Ibu hamil yang terlalu banyak mengkonsumsi vitamin C bisa mengalami mual, muntah, sakit perut, diare, hingga insomnia. Tentunya ini akan mengganggu ibu hamil dan janin yang dikandungnya. 

Itulah beberapa penjelasan yang dapat menjawab pertanyaan Ibu seputar bolehkah ibu hamil minum UC 1000. Ibu boleh sesekali mengkonsumsi UC 1000. Namun, prioritaskan asupan vitamin C dari sumber makanan alami ya!

Editor: Dwi Ratih