Kehamilan

Dikerjakan 5 Waktu, Ini Manfaat Gerakan Sholat Buat Bumil

Dikerjakan 5 Waktu, Ini Manfaat Gerakan Sholat Buat Bumil

Setiap umat muslim, punya salah satu kewajiban yang harus dilakukan setiap hari, bahkan setiap waktu. Kewajiban itu tak lain adalah sholat.

Yup! Sholat 5 waktu hukumnya wajib bagi umat muslim yang sudah baliq, tak terkecuali Ibu hamil. Tujuannya, untuk meresapi keseharian seseorang dengan mengingat Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Namun, nggak banyak yang tahu ternyata ada banyak sekali alasan di balik manfaat gerakan sholat untuk kesehatan, lho! Bahkan manfaat gerakan sholat ini juga dapat dirasakan oleh Ibu hamil sekalipun.

Manfaat gerakan sholat ini tak main-main. Salah satunya dapat meningkatkan sirkulasi darah, termasuk dengan beragam posisi yang dijalankan.

Buat Bumil yang kakinya sering bengkak (edema), manfaat sholat untuk Ibu hamil ini bisa membantu menguranginya, lho! Untuk itu, yuk kita simak apa saja manfaat gerakan sholat lainnya yang penting diketahui berikut ini.

Manfaat gerakan sholat untuk kesehatan


1. Mendapatkan ketenangan batin

Menjaga kesehatan mental dalam hidup sangat penting dilakukan, tak terkecuali saat hamil. Di mana banyak hormon-hormon yang mendominasi tubuh Bumil dan sering membuat Ibu jadi lebih moody

Karenanya, dikutip dari Siasat salah satu manfaat gerakan sholat yang baik untuk kesehatan adalah, dapat membantu mendapatkan ketenangan batin. Sholat yang dilakukan dengan khusyuk, dapat membuat jiwa menjadi tenang dan damai. 

Otomatis kesehatan mental juga lebih terjaga. Apalagi jika diikuti dengan munajat doa yang kita panjatkan, akan semakin membuat hati menjadi tenang. Sebab, sholat membuat jiwa kita terasa lebih dekat dengan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

2. Melancarkan sirkulasi darah

Ternyata, selama ini setiap gerakan sholat yang kita lakukan memiliki manfaat. Salah satunya yakni dapat melancarkan sirkulasi darah.

Apalagi, di trimester 3 kehamilan, kebanyakan Bumil lebih sering mengeluhkan rasa lelah yang berkali lipat. Bahkan menyebabkan kaki bengkak, sering migrain dan lain sebagainya.

Dikutip dari Islamic Finder beragam posisi duduk dan gerakan sholat yang kita lakukan, ternyata dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. Seperti manfaat gerakan sholat dalam posisi rukuk, dapat mengatur aliran darah ke bagian atas tubuh.

Kemudian, posisi tasyahud dapat membantu melancarkan sirkulasi darah pada tubuh bagian bawah. Ibumin sendiri merasa, keluhan backpain yang dirasakan saat hamil bisa berkurang ketika melakukan gerakan rukuk dan sujud saat sholat. Ibu pernah mengalami hal yang sama?

3. Bantu jaga kesehatan jantung

Siapa sangka ternyata manfaat gerakan sholat yang kita lakukan setiap hari juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung, lho! Masih melansir dari Islamic Finder, gerakan sholat juga termasuk dalam gerakan olahraga.

Olahraga sendiri punya salah satu manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan metabolisme tubuh. Apalagi, gerakan sholat kebanyakan melibatkan haluan di arteri belakang, sehingga tekanan darah yang mengalir ke jantung menjadi lebih lancar. 

Dalam posisi sujud saja, dapat mencegah tubuh kita dari penyumbatan darah. Otomatis dapat mencegah kita dari berbagai macam penyakit, termasuk penyakit jantung koroner.

4. Bantu cegah berbagai macam penyakit

Dikutip dari The Health Site manfaat gerakan sholat, juga sangat baik untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh Bumil. Sehingga, otomatis dapat mencegah Ibu dari penularan berbagai macam penyakit berbahaya yang berbahaya buat janin.

Apalagi, saat sholat kita akan khusyuk untuk berdoa dan bisa membuat kita merasa lebih tenang. Nantinya hal ini akan meningkatkan hormon dopamin yang mendominasi tubuh, sehingga tingkat stres berkurang dan terhindar dari berbagai penyakit.

5. Memperbaiki postur tubuh selama hamil

Ternyata, manfaat gerakan sholat untuk Ibu hamil juga dapat membantu memperbaiki postur tubuh, lho! Apalagi, selama hamil, ada banyak sekali perubahan dalam tubuh kita yang berpengaruh pada aktivitas sehari-hari, sehingga kita seringkali kehilangan keseimbangan.

Dikutip dari Dr Health Benefits salah satu manfaat gerakan sholat untuk Ibu hamil adalah pada gerakan takbir. Yup! Gerakan takbir saat sholat dapat membantu Bumil dalam memperbaiki postur dan menjaga keseimbangan.

Kalau dalam gerakan yoga, kurang lebih hampir mirip dengan mountain pose. Di mana pose ini punya manfaat yang luar biasa untuk menjaga postur tubuh dan keseimbangan.

Terlebih selama kehamilan, menjaga postur tubuh tidaklah mudah karena beberapa keterbatasan gerak terutama pada trimester ketiga. Namun, postur takbir sederhana ini bisa dilakukan dengan mudah oleh siapa saja.

Posisi tersebut juga mampu membantu menormalkan gejala tekanan darah tinggi untuk mencegah preeklampsia. Selain postur tubuh, takbir juga merupakan olahraga yang baik untuk mengurangi gejala asma dan pasien yang bermasalah dengan kesehatan jantungnya.

6. Relaksasi otot leher dan kepala

Manfaat gerakan sholat buat kesehatan selanjutnya adalah, dapat membantu merelaksasi otot leher dan kepala. Terutama pada gerakan salam pada akhir rakaat sholat.

Terlihat sederhana, bukan? Tapi, siapa sangka ternyata manfaat gerakan sholat pada bagian salam ini bisa membantu meningkatkan jangkauan gerak leher dan meregangkan otot sekitar leher dan kepala yang kaku.

Sehingga nantinya, otot bagian leher dan kepala ini jadi lebih rileks dan bisa membantu melancarkan aliran darah ke kepala. Ibumin yang sering migrain, biasanya akan merasa lebih baik saat melakukan gerakan sholat ini selama 5 waktu.

7. Lancarkan pencernaan

Manfaat gerakan sholat untuk Ibu hamil selanjutnya adalah, terdapat pada gerakan rukuk atau iktidal. Di mana gerakan ini ternyata bisa membantu melancarkan pencernaan, lho!

Karena, posisi duduk di antara dua sujud ini melibatkan otot perut dan organ pencernaan lainnya dalam tubuh. Otomatis dapat membuat otot sekitar perut mengalami kontraksi, sehingga membuat usus menjadi lebih rileks dan pencernaan jadi lebih lancar.

Apalagi, para Bumil seringkali mengalami keluhan konstipasi atau sembelit saat hamil yang bikin Ibu jadi nggak nyaman. 

8. Membantu meningkatkan kecerdasan otak

Yup! Hal ini sangat berkaitan dengan manfaat gerakan sholat yang dapat membantu melancarkan peredaran darah ke otak. Terutama pada saat kita melakukan gerakan sujud.

Nah, ketika aliran darah ke otak sudah lebih lancar, otomatis daya ingat dan konsentrasi kita lebih meningkat. Sehingga kemampuan kognitif juga ikut meningkat.

Mendirikan sholat 5 waktu bukan tanpa alasan ya, Bu. Agar manfaat-manfaat gerakan sholat di atas bisa bermanfaat buat tubuh Bumil, sebaiknya dilakukan dan diresapi secara perlahan.

Supaya munajat kita pada Allah Subhanahu Wa Ta’ala juga lebih khusyuk. Harapannya, kita bisa benar-benar memetik manfaat kesehatan dan juga mendapatkan pahala.