Kehamilan

Gemar Begadang Saat Hamil, Bahaya Nggak Ya?

Gemar Begadang Saat Hamil, Bahaya Nggak Ya?

Bagi Ibu yang sedang hamil, pernah nggak sih  merasa sering mengantuk di siang hari tapi malah sulit tidur di malam hari? Akibatnya nggak lain adalah jadi terpaksa begadang hingga pagi.

Hal ini mungkin menjadi hal yang wajar dialami oleh tiap Ibu hamil. Mengingat perut yang semakin membesar, sering buang air kecil pada malam hari serta sulit mendapatkan posisi yang nyaman saat tidur.

Namun, pernahkah Ibu berpikir tentang bahaya bergadang saat hamil? Sebab begadang saat hamil sedikit banyak sangat memengaruhi kesehatan fisik maupun psikologis Ibu hamil lho. 

Nggak hanya itu, ketika Ibu hamil begadang juga akan memengaruhi kesehatan di kecil di dalam kandungan.

Untuk itu ada baiknya kebiasaan ini segera dihindari ya Bu. Simak apa saja yang mungkin terjadi jika Ibu gemar begadang saat hamil berikut ini yuk.

Mengapa Ibu hamil sulit tidur?


Banyak ibu hamil yang mengatakan sulit untuk tidur karena mereka mengalami banyak hal. Mulai dari harus terus menerus ke toilet, mengalami kram atau kaki bengkak, rasa tidak nyaman di pinggang, hingga muncul gangguan kecemasan menjelang kelahiran bayi.

Jika melansir National Sleep Foundation kurang lebih sebanyak 78% wanita di dunia pasti mengalami gangguan tidur setidaknya satu kali saat hamil. Memang ada banyak hal yang memengaruhi kebiasaan ini diantaranya adalah perubahan fisik dan juga hormon yang bisa menyebabkan gangguan emosional.

Gangguan tidur ini juga paling sering dialami pada akhir kehamilan. Sehingga membuat mereka mau tidak mau menjadi lebih sering begadang saat malam hari.

Begadang saat hamil bahayakah bagi Ibu dan janin?


Meskipun sulit tidur, namun kebiasaan begadang saat hamil perlu diubah ya Bu. Sebab kebiasaan buruk ini sangat berbahaya bagi kesehatan Ibu hamil dan juga calon buah hati.

Melansir Baby Centre banyak orang mengatakan bahwa ketika Ibu hamil begadang maka otomatis bayi pun ikut begadang. Sehingga nantinya akan sangat berpengaruh pada kesehatan janin.

Namun sebenarnya si kecil di dalam kandungan akan tetap tidur meskipun Ibu sedang terjaga semalaman. Hanya saja tanpa disadari hal ini dapat menghambat nutrisi si kecil termasuk suplai oksigen yang diperlukan oleh tubuhnya.

Menurut penelitian dari Obstetric Medicine ketika Ibu seringkali begadang maka dapat mengganggu  aliran darah ke plasenta. 

Jika hal ini terjadi maka otomatis dapat menimbulkan masalah pada perkembangan atau pertumbuhan pada janin. Nggak hanya itu, berikut ini adalah bahaya begadang saat hamil lainnya yang perlu Ibu ketahui:

1. Ibu berisiko mengalami sleep apnea dan gangguan kesehatan

Sleep apnea terjadi pada 10% Ibu hamil di dunia yang diakibatkan oleh kebiasaan begadang. Sleep apnea bisa jadi tanda serius jika Ibu sedang mengalami gangguan kesehatan seperti; diabetes gestasional, preeklamsia, hipertensi dan beragam penyakit berbahaya lainnya. 

Menurut penelitian dari Diabetes Care penyakit-penyakit ini tentu sangat berbahaya bagi Ibu hamil dan bisa menyebabkan Ibu melahirkan darurat meski bayi belum cukup usia.

2. Dapat memengaruhi perkembangan janin

Begadang saat hamil dapat mengganggu perkembangan janin seperti adanya masalah gangguan pertumbuhan serta kemungkinan adanya masalah atau penyakit bawaan ketika lahir.

3. Dapat meningkatkan risiko persalinan caesar

Para peneliti sepakat bahwa, waktu tidur yang kurang dari 6 jam saat hamil memiliki kemungkinan lebih besar untuk melahirkan secara caesar. Seperti yang sudah kita ketahui, persalinan caesar sangat berisiko bagi Ibu hamil ketimbang persalinan normal.

4. Menurunnya daya tahan Ibu hamil

Begadang saat hamil membuat waktu tidur Ibu menjadi berkurang, terlebih jika tetap harus bekerja besok paginya. Dengan menurunnya daya tahan tubuh, tentu saja Ibu hamil akan lebih rentan terserang berbagai penyakit.

5. Dapat memengaruhi mood Ibu hamil

Begadang saat hamil juga bisa memangkas waktu tidur di malam hari, terutama jika harus bangun pagi mengurus kebutuhan rumah tangga. Nah, sayangnya kalau Ibu hamil terlalu sering begadang maka ia akan mudah mengalami emosi yang labil alias emosi atau moodnya jadi lebih berantakan.

Tips agar bisa tidur nyenyak saat hamil


  • Hindari konsumsi kafein berlebihan seperti kopi, teh atau minuman bersoda menjelang tidur.
  • Konsumsi makanan seimbang, jangan terlalu banyak makan atau minum menjelang jam tidur. Beri jeda waktu minimal 1 jam untuk menghindari asam lambung.
  • Tentukan posisi tidur yang nyaman, usahakan untuk tidur miring menghadap ke kiri dengan diganjal guling pada sela kaki.
  • Buat jadwal tidur yang teratur setiap hari, misalnya jam 8 malam sudah harus masuk ke kamar meski belum mengantuk. Jauhkan diri dari jangkauan gadget, buat suasana ruang tidur senyaman mungkin.
  • Membaca buku sebelum tidur dapat membantu membuat Ibu lebih mudah tertidur di malam hari.
  • Rutin berolahraga saat pagi hari, agar tubuh lebih bugar saat bangun tidur. Usahakan tidak beraktivitas terlalu berat menjelang tidur malam.

Mengingat tidur merupakan hal yang sangat krusial untuk Bumil, ada baiknya ubah kebiasaan begadang saat hamil ya Bu. Agar Ibu dan janin tetap sehat hingga waktunya melahirkan nanti.

Editor: Dwi Ratih