Kehamilan Dibaca 7,981 kali

Linea Nigra, Garis Hitam Pada Perut Ibu Hamil: Bisakah Dihindari?

Share info ini yuk ke teman-teman
Ismawati

Terakhir diperbaharui 06 November, 2019 17:11

Linea Nigra, Garis Hitam Pada Perut Ibu Hamil: Bisakah Dihindari?

Kehamilan membawa banyak perubahan pada tubuh, beberapa diantaranya sudah Anda duga sebelumnya, seperti perut yang bertambah besar atau perubahan payudara saat hamil. Perubahan lain mungkin tak pernah muncul dalam bayangan Anda, seperti pertumbuhan rambut di tempat yang tidak biasa. Salah-satu perubahan yang mungkin tidak Anda harapkan adalah garis gelap yang muncul di tengah perut. Garis kehamilan atau linea nigra sebenarnya sudah muncul di awal Anda hamil, tapi di pertengahan kehamilan, menjadi semakin terlihat.  

Linea nigra merupakan garis lurus ke bawah perut. Garis ini menjadi tempat jaringan penghubung otot perut bertemu dan disebut “linea alba,” bahasa Latin untuk garis putih. Ketika hamil, saat janin dan perut tumbuh dan merenggangkan linea alba, linea mulai berwarna gelap dan dikenal dengan “linea nigra,” bahasa Latin untuk garis hitam. Garis ini biasanya bermula dari tulang pubik ke atas perut, kadang terus ke tulang iga.

Selama hamil, tubuh mulai mempoduksi lebih banyak melanin karena peningkatan produksi estrogen. Melanin adalah pigmen yang menyebakan kulit menjadi berwarna gelap, dan menyebabkan area di sekitar puting, labia, dan klitoris menjadi lebih gelap warnanya selama hamil.

Linea nigra bukan satu-satunya perubahan kulit yang Anda alami dalam 9 bulan masa kehamilan dan setelahnya. Beberapa perubahan kulit lain yang umum terjadi termasuk spider vein, topeng kehamilan, daging tumbuh, serta stretch marks dan jerawat. Tetap rutin bersihkan kulit ya Bunda, tapi hindari obat jerawat yang mengandung bahan kimia berbahaya. Tetap lakukan aktivitas fisik dan konsumsi vitamin C yang cukup untuk menjaga kulit tetap bersinar.

Kapan linea nigra muncul?

Tidak diketahui penyebab linea alba mulai berwarna gelap, tapi kebanyakan ibu hamil menyadarinya di sekitar trimester kedua, meski bisa terjadi lebih awal. Garis ini sebenarnya tidak benar-benar hitam, tapi berwarna coklat. Dan biasanya memiliki lebar sekitar ½ hingga 1 cm. Garis perut ini menjadi semakin gelap ketika kehamilan bertambah umur.

Sayangnya, Anda tidak bisa mencegah terjadinya linea nigra, karena ini bagian alami dari kehamilan. Setelah kelahiran bayi, garis gelap ini biasanya memudar dan hilang, meski kadang tetap terlihat. Paparan sinar matahari bisa membuat kulit berwarna lebih gelap, bahkan setelah Anda menggunakan tabir surya, jadi lebih baik tutupi bagian perut selama kehamilan.

Penelitian menunjukkan konsumsi asam folat selama hamil bisa membantu mengontrol perubahan warna kulit seperti linea nigra. Anda harus mendapat jumlah folat yang cukup sebelum hamil untuk mencegah cacat lahir seperti spina bifida. Sumber folat yang baik berupa sayuran hijau, jus jeruk segar, dan jamur.

Hubungan linea nigra dan jenis kelamin bayi

Ada mitos yang berkembang yang mengatakan bila garis dari tulang pubik dan berakhir di pusar, Anda akan punya bayi perempuan. Bila garis terus ke bawah rusuk, maka Anda akan punya bayi laki-laki.

Mitos lain menyebut hanya ibu hamil yang mengandung bayi laki-laki akan memiliki linea nigra. Meski mitos-mitos ini tidak berbahaya, jangan terlalu merisaukannya. Tiap wanita memiliki 50 persen kemungkinan mengandung bayi laki-laki dan 50 persen bayi perempuan pada tiap kehamilan. Meski pada keluarga dimana ada kecenderungan kuat pada gender tertentu, kemungkinan memiliki bayi laki-laki atau perempuan tetap sama.

Sebenarnya tidak semua wanita hamil mengalami linea nigra, khususnya bila mereka memiliki kulit sangat pucat. Tidak memiliki linea nigra bukan berarti kehamilan Anda tidak normal. Linea Nigra hanyalah salah satu cara tubuh merespon tingkat estrogen dan melanin yang lebih tinggi selama hamil. Ibu hamil dengan warna kulit lebih gelap mendapati garis akan muncul lebih terlihat dibanding mereka yang kulitnya lebih cerah.

Yang paling penting, Anda perlu tahu kalau linea nigra tidak berbahaya bagi Anda maupun bayi. Memiliki linea nigra atau tidak, bukan menjadi prediksi untuk kehamilan yang sehat dan normal. Bicaralah pada dokter bila Anda mengalami kecemasan tentang gejala kehamilan atau perkembangan bayi.

Linea nigra setelah kehamilan

Segera setelah bayi lahir, linea nigra akan memudar. Tapi pada beberapa wanita garis ini tidak sepenuhnya hilang. Dan bila hamil lagi, garis ini akan muncul kembali. Bila garis tidak hilang setelah kehamilan dan tampilannya mengganggu Anda, tanyakan ahli kulit tentang penggunaan krim bleaching untuk kulit. Krim ini membantu garis memudar lebih cepat. Tapi jangan gunakan produk ini selama hamil atau ketika menyusui karena bisa membahayakan bayi. Selain itu, pastikan Anda menggunakan tabir surya bila bagian perut terpapar sinar matahari. Paparan sinar matahari bisa membuat garis bertambah gelap.

Kapan linea nigra menghilang?

Pada kebanyakan wanita, linea nigra mulai menghilang antara minggu 8 hingga 12 pasca melahirkan. Tapi pada persentase kecil, garis ini bisa muncul hingga satu tahun dan kadang tidak hilang sama sekali.

Pengaruh menyusui pada linea nigra

Meski beberapa wanita meyakini kalau menyusui bisa memperlambat waktu untuk linea nigra memudar, tak ada bukti yang mendukung hal ini. Kemungkinan si wanita memang membutuhkan waktu lebih lama dibanding waktu pudar yang normal yang bisa terjadi ketika menyusui atau tidak.

Obat rumahan untuk linea nigra

Linea nigra memang tidak bisa dihindari karena terjadi secara alami. Garis ini tetap ada di perut meski setelah Anda melahirkan. Meski perlahan hilang tapi butuh waktu yang lama. Jadi untuk wanita yang sering memperlihatkan bagian perut, garis ini akan jadi masalah. Apalagi linea nigra akan bertambah gelap bila terkena sinar matahari.

Anda bisa coba ikuti tips berikut untuk membuat garis berwarna lebih terang dan hilang lebih cepat.

  • Minyak kelapa murni sangat efektif mencerahkan linea nigra, juga stretch marks setelah kehamilan. Mulai gosokkan minyak kelapa di perut sejak kehamilan dan terus lanjutkan setelah melahirkan. Minyak kelapa memilki kemampuan melembabkan yang membantu mencegah dan mencerahkan linea nigra. Tidak hanya itu, Anda juga bisa gunakan minyak kelapa untuk kulit kering dan gatal.

  • Gel vitamin E. Benda ini mudah didapat dan tersedia di toko obat. Anda bisa menggosokkan gel ke perut untuk mencerahkan kulit. Vitamin E jadi bahan terbaik yang digunakan untuk meremajakan kesehatan dan kecantikan. Vitamin E ditemukan pada makanan seperti daging, susu, dan telur. Vitamin E juga bisa diperoleh dari suplemen berupa kapsul dan gel. Yang perlu Anda lakukan adalah menggosokkan gel ke kulit perut dan dalam beberapa minggu lihat perubahannya menjadi lebih cerah.

  • Scrubber. Linea nigra disebabkan oleh pigmentasi kulit dan sel kulit perlahan mati setelah periode waktu tertentu. Anda bisa gunakan scrubber untuk mengangkat sel kulit mati agar sel baru bisa menggantikan lapisan atas perut Anda. Pastikan memilih scrubber yang bisa mengelupas kulit gelap Anda.

(Ismawati)