Kehamilan

Manfaat Minum Air Putih Untuk Bumil, Tak Hanya Cegah Dehidrasi Lho!

Manfaat Minum Air Putih Untuk Bumil, Tak Hanya Cegah Dehidrasi Lho!

Dalam kondisi hamil maupun tidak, pada dasarnya Ibu wajib minum air putih untuk memenuhi asupan cairan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Pasalnya, manfaat minum air putih sangat penting bagi seluruh organ vital yang ada, untuk bekerja secara optimal. 

Ketika Ibu kekurangan cairan, maka tubuh berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan. Hal tersebut juga berlaku selama masa kehamilan. Saat hamil, tubuh Ibu membutuhkan lebih banyak air untuk memenuhi tuntutan perubahan metabolisme tubuh. 

Dilansir dari BabyCenter, Ibu hamil dianjurkan minum air putih sebanyak 3 liter atau sekitar 8 sampai 12 gelas dalam sehari. Ibu hamil yang kurang minum air putih bisa mengalami dehidrasi

Lantas, apakah manfaat minum air putih bagi Ibu hamil sekadar untuk mencegah dehidrasi? Jawabannya adalah tidak. Ada banyak manfaat minum air putih bagi Ibu hamil. Apa saja, ya? Yuk, cari tahu!

Manfaat minum air putih bagi Ibu hamil

1. Mencegah dehidrasi

Seperti yang sudah sering Ibu dengar, manfaat minum air putih adalah untuk mencegah dehidrasi. Dikutip dari Mayo Clinic, dehidrasi terjadi ketika tubuh menggunakan atau kehilangan lebih banyak cairan daripada yang diperoleh. 

Akibatnya, tubuh tidak memiliki cukup air dan cairan lain untuk menjalankan fungsi normalnya. Pada Ibu hamil, dehidrasi bisa berakibat fatal bagi janin yang dikandungnya. 

Kekurangan cairan selama masa kehamilan, dapat meningkatkan risiko komplikasi serta menjadi salah satu penyebab bayi cacat lahir. Untuk itu, pastikan Ibu mencukupi kebutuhan asupan cairan selama hamil.

2. Meminimalisir morning sickness

Morning sickness atau kondisi mual dan muntah menjadi hal yang lumrah terjadi pada Ibu hamil, terutama di trimester awal. Tentu saja, kondisi ini akan memengaruhi aktivitas Ibu hamil karena mual dan muntah mengakibatkan tubuh lemas dan kehilangan nafsu makan. 

Jika dibiarkan begitu saja, maka tidak hanya Ibu hamil yang berisiko mengalami gangguan kesehatan, tetapi juga si kecil dalam kandungannya. The American College of Obstetrician and Gynecologists mengungkapkan bahwa, salah satu manfaat minum air putih bagi Ibu hamil adalah untuk meminimalisir morning sickness

Ibu hamil disarankan minum air putih sepanjang hari, bukan hanya saat haus. Pasalnya, mual dan muntah akan semakin parah ketika tubuh kekurangan cairan. Apabila rasa mual mengurangi selera minum, cobalah untuk mengunyah permen karet dengan rasa mint.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Perubahan tubuh dan metabolisme Ibu hamil menyebabkan gangguan sistem pencernaan. Tak jarang, Ibu hamil mudah merasakan perut begah, konstipasi atau susah buang air besar, hingga tekstur feses yang lebih keras. 

Masalah-masalah ini bisa dicegah dengan minum air putih. Sehingga, manfaat minum air putih bagi Ibu hamil berikutnya, yaitu untuk melancarkan sistem pencernaan. 

Asupan cairan dan serat yang cukup efektif mempermudah kerja usus serta melunakkan feses. Dengan begitu, sistem pencernaan lebih lancar dan Ibu hamil tidak akan mengalami masalah susah buang air besar.

4. Mengurangi risiko pembekakan

Mengutip laman American Pregnancy Association, pembengkakan selama kehamilan merupakan hal yang normal, karena tubuh memproduksi sekitar 50% lebih banyak darah dan cairan tubuh untuk memenuhi kebutuhan janin yang sedang berkembang. 

Umumnya, pembengkakan ini terjadi pada bagian tangan, wajah, pergelangan kaki, dan kaki. Retensi cairan ekstra ini diperlukan untuk melembutkan tubuh, sehingga memungkinkannya mengembang bersama dengan bayi yang berkembang pula di dalam kandungan. 

Dalam kondisi ini, manfaat minum air putih adalah untuk mengatasi pembengkakan karena air dapat menyeimbangakan aliran tubuh agar tidak ada cairan yang tertahan.

5. Mengatasi hipertensi

Selanjutnya, manfaat minum air putih bagi Ibu hamil juga untuk mengatasi hipertensi. Dengan mencukupi kebutuhan air minum atau cairan dalam tubuh saat hamil, maka konsistensi darah tetap terjaga. 

Hal ini penting guna mencegah naiknya tekanan darah pada Ibu hamil. Pasalnya, hipertensi atau tekanan darah tinggi pada Ibu hamil dapat menimbulkan berbagai macam risiko gangguan kehamilan. 

Mulai dari risiko terhambatnya perkembangan janin, kelahiran prematur, bahkan kematian janin secara mendadak (stillbirth). Untuk itu, jangan sepelekan hipertensi pada Ibu hamil dan pastikan selalu mencukupi asupan cairan dan nutrisi lain yang dibutuhkan.

Nah, sekarang Ibu sudah lebih paham, kan, apa saja manfaat minum air putih bagi Ibu hamil? Jadi, jangan tunggu sampai haus. Segera minum air putih untuk memenuhi asupan cairan tubuh, ya!

Dianjurkan untuk minum sedikit demi sedikit, sehingga Ibu tetap bisa merasa nyaman. Beberapa Ibu hamil memanfaatkan botol minum agar lebih mudah menakar jumlah air yang sudah dan belum diminum. 

Tujuannya tentu untuk memenuhi jumlah minimal asupan air yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Dengan memahami manfaat minum air putih, Ibu jadi bisa lebih sadar akan pentingnya memenuhi asupan cairan tubuh baik dalam kondisi hamil maupun tidak. Mulai sekarang jangan malas minum air putih, ya, bu. Semoga sehat selalu!

Editor: Aprilia