Kehamilan

Moxa Therapy, Lancarkan Persalinan Hingga Memutar Posisi Bayi Sungsang

Moxa Therapy, Lancarkan Persalinan Hingga Memutar Posisi Bayi Sungsang

Relaksasi adalah sebuah terapi yang paling baik dilakukan semasa hamil. Relaksasi dapat mengurangi tingkat stress pada Ibu dan bayi selama kehamilan berlangsung.

Ada berbagai macam metode untuk relaksasi, terutama yang bertujuan untuk membantu melancarkan proses persalinan. Misalnya saja seperti yoga dan moxa therapy.

Selain dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke rahim, moxa therapy juga bermanfaat jika posisi bayi masih dalam keadaan sungsang pada minggu 33 kehamilan lho! Hal ini karena moxa therapy dapat membantu merangsang bayi dalam kandungan, untuk melakukan gerakan sehingga menyebabkan bayi bergerak memutar dan berbalik arah.

Yup! Meski punya banyak manfaat, terapi moxa untuk Ibu hamil ini nggak boleh dilakukan oleh sembarang orang ya Bu. Apalagi terapi ini harus dilakukan oleh terapis khusus yang sudah berpengalaman misalnya saja seperti bidan.

Nah, apa saja sih manfaat moxa therapy lainnya yang perlu Ibu ketahui? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ya Bu!

Mengenal apa itu moxa therapy


Moksibusi terapi atau moxa therapy adalah sejenis terapi tradisional yang menggunakan pembakaran daun mugwort sebagai bagian dari pengobatan. Melansir WebMD moxa therapy merupakan salah satu pengobatan tradisional Cina yang memiliki tujuan layaknya mengobati penyakit.

Moxa therapy juga merupakan bagIan dari jenis terapi akupuntur yang juga sering dilakukan oleh masyarakat di negara Jepang, Mongolia dan Korea. Teknik moxa therapy sedikit banyak memang sama dengan terapi akupuntur.

Terapi ini juga menggunakan teori Yin dan Yang yang menghubungkan semua titik akupuntur. Selain bermanfaat bagi kesehatan, moxa therapy juga seringkali dilakukan oleh Ibu hamil sebagai bagian dari induksi alami.

Teknik moxa therapy menggunakan daun mugwort yang dipercaya dapat meningkatkan penyembuhan bersamaan dengan teknik akupunktur. Daun mugwort ini kemudian dibakar di dekat permukaan kulit menggunakan tongkat agar dapat mengaliri hawa panas panas.‌

Tujuannya adalah untuk memperkuat darah, merangsang aliran Qi atau energi, dan menjaga kesehatan. Menurut pengobatan Tiongkok, peningkatan sirkulasi Qi dapat membantu tubuh mengatasi berbagai masalah, termasuk masalah pencernaan dan nyeri kronis.

Moxa therapy dapat membantu bayi yang sungsang


Memasuki trimester 3 kehamilan, salah satu hal yang dikhawatirkan oleh Ibu adalah mengenai posisi bayi dalam kandungan. Terutama jika sudah lebih dari 37 minggu namun posisi si kecil masih sungsang.

Posisi bayi yang sungsang memang dapat menyulitkan persalinan nantinya. Terutama bagi Ibu yang ingin melakukan persalinan normal.

Untuk itu, melansir Parents menurut spesialis kandungan Mission Hospital California Dr. Marsha Granese ia sangat merekomendasikan para Ibu untuk melakukan terapi akupuntur menggunakan mugwort (dalam hal ini adalah moxa therapy). Menurutnya, moxa therapy memang dapat mengatasi presentasi bayi sungsang terutama di akhir kehamilan.

Dr. Granese juga menjelaskan ada beberapa teori tentang cara kerja moxa therapy yang bermanfaat secara langsung dalam merangsang titik pada meridian kandung kemih. Hal ini kemudian dapat membuat bayi melakukan gerakan dan membantu bayi untuk berputar.

Ketika moxa therapy dikombinasikan dengan akupunktur akan menciptakan sensasi hangat di kulit. Hal ini sedikit banyak juga bisa merangsang kontraksi yang penting bagi Ibu yang menginginkan kelahiran normal, tentunya moxa therapy untuk induksi harus dilakukan pada usia kehamilan yang aman yakni di atas 37 minggu.

Manfaat terapi moxa lainnya 

Melansir What To Expect manfaat terapi moxa lainnya bagi Ibu hamil maupun yang sedang bermasalah pada kesuburan adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi rasa sakit di area sekitar selangkangan hingga punggung belakang selama kehamilan.
  • Mengurangi keluhan sakit kepala yang mungkin seringkali dialami pada saat hamil
  • Membantu membuat tidur lebih nyenyak, apalagi saat kehamilan sudah mulai besar kebanyakan Ibu menjadi lebih sulit tidur nyenyak di malam hari.
  • Mengurangi kemungkinan depresi yang dialami Ibu hamil selama kehamilan.
  • Membantu janin dengan posisi sungsang agar bisa bergerak ke posisi normal.
  • Menurut penelitian dari National Library of Medicine moxa terapi hamil juga bermanfaat bagi kesuburan wanita serta memperbaiki gangguan pada saluran telur dengan melancarkan sirkulasi atau aliran darah ke rahim. Selain itu moxa terapi hamil juga bermanfaat dalam memperbaiki hormon reproduksi wanita yang memicu gangguan kesuburan.

Nah, selain itu moxa therapy bagi Ibu hamil ternyata juga bermanfaat mengurangi rasa sakit saat melahirkan lho Bu! Bahkan dapat pula mengurangi kemungkinan mendapatkan induksi dari dokter, karena moxa therapy pada Ibu hamil juga bermanfaat sebagaI induksi alami yang dapat mempercepat proses kelahiran.

Apalagi menurut Bidan Kita menurut penelitian dalam 75% kasus, bayi sungsang akan berubah secara spontan di dalam rahim, asalkan perawatan dilakukan pada usia kehamilan 33 hingga di atas 37 minggu. Melakukan moxa therapy juga dapat meningkatkan kemungkinan kelahiran alami sebesar 75%.

Bahkan perawatan ini dapat dilakukan di rumah dengan mengundang terapis yang sudah profesional lho! Jadi, yuk rasakan manfaat moxa therapy agar momen kelahiran si kecil menjadi lebih indah dan tak terlupakan.


Editor: Atalya