Kehamilan

Mudah Dilakukan, 5 Gerakan Senam Hamil Untuk Bayi Sungsang

Mudah Dilakukan, 5 Gerakan Senam Hamil Untuk Bayi Sungsang

Memasuki usia kandungan 36 minggu, ternyata ada beberapa kendala yang mungkin bisa dialami oleh Ibu hamil. Salah satunya adalah posisi bayi yang masih sungsang.

Padahal posisi bayi sungsang menjadi kendala dalam proses persalinan normal. Sungsang merupakan posisi kepala bayi yang membelakangi jalan lahir atau bahkan melintang.

Namun biasanya pada usia kandungan 36 minggu posisi bayi memang masih bisa berubah-ubah kok Bu, jadi nggak perlu khawatir ya. 

Akan tetapi, nggak ada salahnya untuk ikhtiar membantu agar bayi bisa berada di posisi anterior atau posisi terbaik untuk melahirkan ya Bu.

Nah, salah satu cara alami yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan senam hamil untuk bayi sungsang. Lalu bagaimanakah cara melakukannya? Simak dalam penjelasan berikut ini ya Bu.

Normalkah posisi bayi sungsang menjelang melahirkan? 


Tahukah Ibu? Ternyata posisi bayi sungsang terjadi pada sekitar 3-4% kehamilan di dunia. Melansir Healthline kehamilan sungsang terjadi ketika posisi kepala bayi berada di atas rahim wanita dan kaki mengarah ke jalan lahir.

Normalnya bayi secara otomatis akan selalu berubah posisi di dalam rahim hingga mendekati waktu lahir. Lalu mengapa hal ini bisa terjadi? Menurut American Pregnancy Association para ahli tidak ada yang mengetahui secara pasti mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Namun mereka sepakat bahwa ada banyak alasan mengapa Ibu hamil rentan memiliki bayi dengan posisi sungsang menjelang kelahiran sebagai berikut:

  • Seorang wanita sudah pernah melahirkan sebelumnya:
  • Sedang hamil kembar:
  • Pernah melahirkan secara prematur:
  • Mengalami kondisi plasenta previa:
  • Cairan ketuban di dalam lahir terlalu sedikit atau terlalu banyak sehingga bayi punya banyak ruang untuk bergerak bebas: dan
  • Memiliki bentuk rahim yang tidak normal atau adanya komplikasi lain seperti fibroid atau jaringan parut pada rahim.

Meskipun posisi bayi sungsang lebih dianjurkan untuk melahirkan melalui operasi caesar, namun ada banyak cara agar posisi bayi sungsang bisa berputar ke posisi siap lahir yang benar ya Bu. Salah satu caranya adalah dengan melakukan senam hamil untuk bayi sungsang.

Posisi senam hamil untuk bayi sungsang


Senam hamil nggak hanya bisa membantu memutar posisi bayi sungsang ya Bu. Melansir Parenting First Cry ternyata dengan rutin melakukan senam hamil juga bisa membuat mood Ibu menjadi jauh lebih baik.

Selain itu, hamil yang rajin berolahraga dipercaya dapat melalui proses melahirkan lebih cepat dibandingkan yang tidak berolahraga selama hamil. 

Rutin melakukan gerakan senam hamil juga dapat membuat jantung Ibu dan calon bayi juga lebih sehat saat lahir nantinya.

Belum cukup sampai disitu, senam hamil juga bisa memungkinkan Ibu untuk melahirkan secara normal atau pervaginam dengan perenium yang utuh lho! 

Untuk itu, berikut adalah gerakan senam hamil untuk bayi sungsang yang mudah dilakukan di rumah:

1. Posisi mengangkat panggul


Gerakan senam hamil untuk bayi sungsang yang satu ini diawali dalam posisi telentang, dengan lutut ditekuk dan telapak kaki menyentuh lantai. Letakkan kedua tangan sejajar di samping tubuh.

Tarik napas, lalu angkat panggul secara perlahan setidaknya setinggi 30 cm atau semampunya Ibu. Tahan beberapa saat, lalu turunkan panggul sambil mengembuskan napas.

Ibu bisa melakukan gerakan ini sebanyak 3 kali selama 10-15 menit. Sedikit tips, ada baiknya lakukan gerakan ini saat si kecil sedang aktif bergerak. Agar lebih nyaman, Ibu juga bisa menggunakan bantal untuk mengganjal panggul ya Bu.

2. Posisi bersujud


Photo source: Your Body Best

Posisi senam hamil untuk bayi sungsang yang satu ini sudah cukup dikenal sejak zaman orang tua kita terdahulu. Mereka mengatakan ada baiknya lakukan gerakan ini lebih lama saat sujud ketika salat.

Sebab, gerakan senam hamil untuk bayi sungsang yang satu ini memang tidak jauh berbeda dengan posisi bersujud ketika salat. Caranya adalah dengan memposisikan lutut di atas matras lalu posisi tungkai dibuka lebar dan bokong terangkat ke atas.

Sementara itu, kepala dan lengan menempel di matras sehingga menyerupai posisi bersujud. Tahan posisi ini selama 15 menit dan lakukan setidaknya 3 kali sehari.

Tujuan dari senam bayi sungsang ini adalah untuk memberi ruang gerak yang lebih luas, sehingga bayi bisa meluncur ke panggul. Tapi, tetap perhatikan posisi perut Ibu ya.

Jika memiliki jenis perut gantung ketika hamil ada baiknya konsultasikan hal ini terlebih dahulu ke dokter atau bidan ya Bu. Biasanya disarankan untuk menggunakan pregnancy belt sebelum melakukan gerakan senam hamil yang satu ini.

3. Posisi squat


Photo source: Yoga Journal

Posisi squat juga merupakan salah satu senam hamil untuk bayi sungsang yang dianggap cukup berpengaruh untuk memutar posisi bayi. Awali dengan posisi tubuh berjongkok dengan kaki terbuka lebih lebar dari bahu. Letakkan telapak tangan saling berhadapan di depan dada.

Gunakan siku untuk menahan bukaan kaki dan tahan selama 30 detik. Jika perut semakin besar seiring bertambahnya usia kehamilan, lakukan dengan cara bersandar di dinding untuk membantu menjaga keseimbangan.

4. Posisi dogdown ward

Photo source: Wikipedia

Mirip dengan posisi bersujud, melansir Romper posisi dog downward juga dapat membantu bayi bergerak atau kembali ke posisi awal karena ada ruang untuk berputar.

Gerakan senam hamil untuk bayi sungsang yang satu ini memang lebih banyak dikenal saat melakukan yoga. Ibu dapat melakukan pose yang secara tradisional disebut Adho Mukha Svanasana, dengan memulai dari tangan dan lutut. Kemudian mulailah mengayun perlahan dari sisi ke sisi dan menahan selama beberapa menit atau senyamannya.

5. Posisi catcow


Cat-cow Pose, juga disebut pose Marjaryasana atau Bitilasana, juga merupakan gerakan senam hamil untuk bayi sungsang yang ada pada gerakan yoga. 

Untuk posisi ini, Ibu perlu memposisikan badan ke lantai dengan tangan dan lutut, lalu melengkungkan tulang punggung seperti kucing.

Ibu juga bisa menggerakkan tulang belakang dengan cara senyaman kamu. Lakukan gerakan ini sekitar 5-10 menit atau sekuatnya Ibu.

Selain gerakan senam bayi sungsang di atas, beberapa olahraga ringan seperti berenang dan berjalan kaki juga bisa menjadi pilihan. Ibu bisa melakukannya mulai usia 32 minggu ke atas setiap seminggu 3 kali selama 10-15 menit.

Jangan lupa tetap gunakan pakaian yang nyaman, longgar dan menyerap keringat saat berolahraga. Selain itu minum banyak air putih, dan jangan paksakan berolahraga jika tubuh Ibu sedang tidak fit ya! 

Jika sudah rutin melakukan senam hamil untuk bayi sungsang, namun posisi bayi belum berubah segera konsultasikan ke dokter.

Editor: Dwi Ratih