Kehamilan

Wajib Tahu! Tabel Lingkar Perut Ibu Hamil Sesuai Standar

Wajib Tahu! Tabel Lingkar Perut Ibu Hamil Sesuai Standar

Kehamilan secara otomatis dapat membuat perut Ibu perlahan menjadi besar. Kondisi ini sangat wajar dialami dan menandakan bahwa bayi dalam kandungan sedang bertumbuh dengan baik sesuai dengan usia kehamilan.

Tapi ternyata tiap Ibu memiliki ukuran perut yang berbeda saat hamil. Ada yang memiliki perut besar meski berat badan janin berukuran rata-rata, ada pula Ibu yang memiliki ukuran perut kecil namun ternyata berat badan janinnya justru cenderung besar.

Normalnya ukuran perut Ibu hamil memang akan berubah drastis dan tampak terlihat membesar di trimester dua kehamilan. Seiring dengan makin terbentuknya anggota tubuh bayi dalam kandungan.

Namun ternyata, terdapat acuan tabel lingkar perut Ibu hamil mulai dari trimester awal hingga akhir kehamilan lho Bu. Sehingga Ibu tak perlu penasaran lagi apakah lingkar perutnya normal atau tidak. 

Nah, berikut adalah tabel lingkar perut dan cara mengukur lingkar perut Ibu hamil sesuai dengan tabel standar.

Tabel lingkar perut Ibu hamil


Jika melansir Parents sebenarnya ukuran perut Ibu hamil akan mulai terlihat membesar dan mulai bisa disesuaikan dengan tabel lingkar perut Ibu ketika sudah masuk trimester dua. Namun biasanya ketika sudah dinyatakan positif hamil, lingkar perut Ibu akan naik sekitar 1 sentimeter (cm) setiap minggunya.

Seiring dengan bertambahnya ukuran bayi dalam kandungan. Ada banyak faktor kenapa perut Ibu hamil tampak kecil atau lebih besar dari usia kandungannya.

Tergantung dari tinggi badan Ibu sendiri. Berikut ini adalah tabel lingkar perut Ibu yang bisa menjadi acuan:

 

Tabel Lingkar Perut Ibu Hamil

 

 

 

 

Usia kehamilan

Lingkar Perut Minimal (cm)

Lingkar Perut Maksimal (cm)

1 minggu

(+) 0

(+) 3

2 minggu

(+) 0

(+) 4

3 minggu

(+) 1

(+) 5

4 minggu

(+) 2

(+) 6

5 minggu

(+) 3

(+) 7

6 minggu

(+) 4

(+) 8

7 minggu

(+) 5

(+) 9

8 minggu

(+) 6

(+) 10

9 minggu

(+) 7

(+) 11

10 minggu

(+) 8

(+) 12

11 minggu

(+) 9

(+) 13

12 minggu

(+) 10

(+) 14

13 minggu

(+) 11

(+) 15

14 minggu

(+) 12

(+) 16

15 minggu

(+) 13

(+) 17

16 minggu

(+) 14

(+) 18

17 minggu

(+) 15

(+) 19

18 minggu

(+) 16

(+) 20

19 minggu

(+) 17

(+) 21

20 minggu

(+) 18

(+) 22

21 minggu

(+) 19

(+) 23

22 minggu

(+) 20

(+) 24

23 minggu

(+) 21

(+) 25

24 minggu

(+) 22

(+) 26

25 minggu

(+) 23

(+) 27

26 minggu

(+) 24

(+) 28

27 minggu

(+) 25

(+) 29

28 minggu

(+) 26

(+) 30

29 minggu

(+) 27

(+) 31

30 minggu

(+) 28

(+) 32

31 minggu

(+) 29

(+) 33

32 minggu

(+) 30

(+) 34

33 minggu

(+) 31

(+) 35

34 minggu

(+) 32

(+) 36

35 minggu

(+) 33

(+) 37

36 minggu

(+) 34

(+) 38

37 minggu

(+) 35

(+) 39

38 minggu

(+) 36

(+) 40

39 minggu

(+) 37

(+) 41

40 minggu

(+) 38

(+) 42

41 minggu

(+) 39

(+) 43

42 minggu

(+) 40

(+) 44

 

Cara mengukur lingkar perut Ibu hamil


Nah, setelah mengetahui tabel lingkar perut Ibu hamil di atas, kamu pun bisa menghitung sendiri lingkar perutmu melalui rumus sebagai berikut:

  • Lingkar perut ibu hamil yang normal minimal = lingkar perut sebelum hamil + (usia kehamilan (dalam satuan minggu) - 2)
  • Lingkar perut ibu hamil yang normal maksimal = lingkar perut sebelum hamil + (usia kehamilan (dalam satuan minggu) + 2)

Selain itu, cara mengukur lingkar perut Ibu hamil secara mudah lainnya misalnya saja ketika Ibu sedang hamil usia 30 minggu, maka lingkar perut yang normal harus antara 28 dan 32 cm. Lalu, ketika usia kandungan adalah 25 minggu, maka lingkar perut normalnya berukuran antara 23 dan 27 cm.

Cara dokter mengukur lingkar perut Ibu hamil


Sejatinya mengukur lingkar perut Ibu hamil merupakan hal yang penting dilakukan untuk menentukan usia kehamilan. Melansir Healthline untuk mengukur lingkar perut Ibu hamil atau tinggi fundus biasanya dokter akan mulai memetakan tinggi fundus dari waktu ke waktu untuk memastikan berat badan Ibu bertambah dan bayi Ibu tumbuh secara konsisten.

Mengukur lingkar perut Ibu hamil dapat membantu menunjukkan seberapa besar pertumbuhan janin. Jadi, jika jarak fundus Ibu sekitar 26 cm plus atau minus 2 cm maka kamu mungkin masuk usia 26 minggu kehamilan. 

Meski begitu tinggi fundus tidak dapat memberikan jumlah minggu yang tepat atau menunjukkan ukuran pasti bayi dalam kandungan.

Di jaman yang serba modern seperti sekarang ini sebenarnya untuk mengukur lingkar perut Ibu hamil, para dokter sudah menggunakan teknologi USG. Namun, di daerah yang tidak memiliki alat tersebut lingkar perut Ibu hamil bisa dilakukan dokter dengan cara manual.

Biasanya dokter akan memasang pita pengukur di bagian atas tulang kemaluan dan memasang pita itu ke bagian atas perut yang sedang tumbuh. Jika dokter curiga ada yang tak beres pada ukuran lingkar perut Ibu hamil, biasanya mereka tetap menyarankan agar bumil melakukan pemeriksaan USG.

Jika tabel lingkar perut Ibu tak sesuai usia


Meskipun sudah terdapat tabel lingkar perut Ibu yang dapat menjadi acuan selama kehamilan, lalu bagaimanakah jika tabel lingkar perut Ibu tak sesuai usia? 

Sebab, ada saja Ibu hamil yang walau usia kandungannya sudah menginjak 5 bulan namun lingkar perutnya tak sesuai tabel. Bisa jadi lebih besar ataupun lebih kecil.

Melansir Parenting First Cry meski terdapat tabel lingkar perut Ibu hamil, namun biasanya ukuran perut tidak dapat secara akurat menunjukkan usia kehamilan. 

Baik itu perut kecil atau besar, Ibu tetap tidak bisa menentukan dengan pasti usia  kehamilannya secara mandiri atau berpatokan dengan tabel lingkar perut Ibu hamil.

Apalagi tiap wanita memiliki perjalanan kehamilan yang berbeda-beda. Meski Ibu memiliki teman yang sama-sama sedang hamil usia 6 bulan, tak berarti ia memiliki lingkar perut yang sama dengan Ibu.

Selain itu, apabila Ibu memiliki bentuk perut yang cenderung kecil meski usia kandungan sudah memasuki trimester dua maka Ibu pun diminta untuk tak perlu khawatir. 

Selama dokter mengatakan bahwa kehamilan kamu tergolong sehat dan si kecil tidak mengalami kendala apapun di dalam kandungan, bahkan cenderung bertumbuh dengan baik maka tak ada lagi yang perlu dikhawatirkan ya Bu!

Nah, itulah tabel lingkar perut Ibu hamil yang perlu Ibu ketahui. Untuk lebih jelas mengenai ukuran tabel lingkar perut Ibu hamil secara pasti ada baiknya konsultasikan ke dokter agar mendapatkan jawaban secara pasti.

Editor: Dwi Ratih