Kelahiran

22 Rekomendasi Mainan Bayi Sesuai Usia dan Perkembangannya

22 Rekomendasi Mainan Bayi Sesuai Usia dan Perkembangannya

Meski terlihat sepele, ternyata memilih mainan bayi bukanlah hal yang mudah. 

Banyak orang tua, terutama yang baru pertama kali memiliki bayi, kesulitan menentukan pilihan mainan bayi yang tepat sesuai dengan usia dan perkembangan buah hatinya. Apakah Ayah dan Ibu termasuk salah satunya?

Dikutip dari Webmd, mainan bayi pada dasarnya tidak hanya sekadar menyenangkan tetapi juga harus aman dan bisa merangsang tumbuh kembang bayi sesuai dengan usianya. Lantas, apa saja jenis mainan bayi yang tepat diberikan untuk si kecil? 

Berikut daftar lengkap rekomendasi mainan bayi 1 bulan sampai dengan usia 6 bulan. Yuk, cari tahu!

Mainan bayi 1 bulan

Bayi usia 1 bulan mungkin terlihat belum bisa melakukan apa-apa, kecuali tidur, minum susu, buang air, dan begitu seterusnya. Padahal di usia ini bayi mulai mengamati  sekelilingnya dan belajar lebih banyak tentang dunia di sekitarnya. 

Namun demikian, bayi usia 1 bulan baru bisa melihat hal-hal yang mungkin berjarak 12 hingga 15 inci dari wajahnya. Artinya, Ayah dan Ibu perlu memilih mainan bayi yang dapat mendukung perkembangan indera si kecil.  Beberapa mainan bayi usia 1 bulan yang bisa dipertimbangkan, antara lain:

  1. Kerincingan;
  2. Lonceng angin;
  3. Boneka dengan beragam tekstur;
  4. Bola plastik warna-warni; dan
  5. Infant play gym

Dalam memilih mainan bayi usia 1 bulan, pastikan bahwa mainan tersebut memiliki warna cerah yang bisa merangsang indera penglihatannya. Selain itu, mainan bayi 1 bulan juga harus memiliki bahan yang mudah dicuci, tidak mengandung bahan kimia berbahaya, serta tidak mudah terbakar. 

Jika memilih mainan bayi 1 bulan yang mengeluarkan suara, pastikan volumenya tidak terlalu keras sehingga aman untuk pendengaran si kecil.

Mainan bayi 2 bulan

Jika dilihat sepintas mainan bayi 2 bulan tentu tidak jauh berbeda dari jenis mainan bayi 1 bulan. Akan tetapi, Ayah dan Ibu perlu memberikan variasi mainan bayi 2 bulan yang lain agar si kecil tidak bosan. 

Terlebih di usia ini kemampuan melihat bayi sudah lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. Untuk itu, rekomendasi mainan bayi 2 bulan yang bisa diberikan sebagai berikut:

1. Soft book

2. Mainan gantung

3. Plush toys

4. Kotak musik

5. Cermin anti-pecah

Perlu diingat, meski kemampuan bayi di usia ini sudah lebih aktif bukan berarti Ayah dan Ibu bisa memberikan dan meletakkan mainan dengan sembarangan. Misalnya, untuk mainan bayi 2 bulan yang digantung. 

Hindari meletakkan mainan tepat di atas mata si kecil karena justru bisa membuatnya pusing. Tujuannya agar bayi bisa bermain dengan aman, nyaman, dan menyenangkan.

Mainan bayi 3 bulan

Secara medis, bayi usia 3 bulan biasanya sudah bisa mengangkat kepala sendiri dan merespon orang yang mengajak ia bicara dengan senyum maupun tawa. Bahkan bayi sudah memasuki fase oral di usia ini. 

Jika tidak ada mainan bayi yang diberikan, mereka akan memasukkan tangan ke mulutnya. Nah, bagaimana dengan pilihan mainan bayi 3 bulan? Tentu saja, ada banyak jenis mainan bayi 3 bulan yang bisa Ayah dan Ibu berikan untuk si kecil, yaitu:

  1. Teether
  2. Play Gym Piano
  3. Marakas

Teether adalah pilihan mainan bayi 3 bulan yang tepat untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi. Namun, pastikan untuk memilih teether yang dibuat dengan bahan bebas BPA agar aman saat dimasukkan bayi ke mulutnya. 

Sementara itu, mainan yang mengeluarkan bunyi-bunyian, seperti play gym piano dan marakas juga efektif mengasah indera pendengaran si kecil.

Mainan bayi 4 bulan

Pada usia 4 bulan, kebanyakan bayi menjadi lebih aktif bergerak. Mereka mulai berguling atau meraih mainan. Ketika bayi mulai bergerak lebih konsisten, tentunya mainan bayi 4 bulan menjadi lebih penting untuk perkembangan mereka. 

Bermain dengan mainan bayi 4 bulan adalah cara mereka belajar tentang dunia di sekitar mereka. Rekomendasi mainan bayi 4 bulan untuk si kecil kesayangan Ayah dan Ibu adalah sebagai berikut:

  1. Soft block toys
  2. Sensory book
  3. Playmat

Tiga rekomendasi mainan bayi 4 bulan tadi memiliki peran penting untuk merangsang perkembangan sensorik dan motorik bayi. Melalui pilihan mainan 4 bulan yang tepat, bayi bisa lebih terasah kemampuannya. 

Dengan begitu, bermain dengan mainan bayi 4 bulan bukan sekadar kegiatan yang menyenangkan tapi juga memberikan stimulus pada otak bayi.

Mainan bayi 5 bulan

Dibandingkan dengan sebelumnya, kemampuan motorik bayi 5 bulan sudah lebih terlihat. Tidak hanya berguling, beberapa bayi bahkan mulai bisa duduk dalam hitungan detik. Bayi 5 bulan juga mulai terbiasa dengan suara-suara orang di sekitarnya. 

Di usia ini bayi bisa menangis jika berada di lingkungan asing atau melihat orang-orang yang tidak dikenalnya. Mainan bayi 5 bulan yang direkomendasikan, antara lain:

  1. Balok susun
  2. Mainan berbunyi dan menyala kelap-kelip
  3. Bola plastik berwarna cerah

Mainan bayi 6 bulan

Mainan bayi 6 bulan cukup beragam untuk si kecil. Terlebih di usia ini umumnya bayi sudah bisa duduk sendiri. Ada banyak jenis mainan bayi 6 bulan yang bisa Ayah dan Ibu jumpai. Berikut rekomendasi mainan bayi 6 bulan yang bisa dipilih:

  1.  Activity board
  2. Mainan pencet dengan suara hewan
  3. Boneka tangan

Memberi mainan bayi yang tepat sesuai usia dan perkembangannya memang penting. Namun, meluangkan waktu untuk bermain bersama bayi jauh lebih penting. 

Pasalnya, dengan bermain mainan bayi bersama orang tua, bayi akan lebih merasa nyaman dan tercipta hubungan kasih sayang yang kuat pula.

Editor: Dwi Ratih