Kelahiran

5 Rekomendasi Botol Susu Anti Kolik Untuk Si Kecil

5 Rekomendasi Botol Susu Anti Kolik Untuk Si Kecil

Botol susu anti kolik kerap dijadikan sebagai perlengkapan penting bagi Ibu yang memutuskan memberikan ASI dalam bentuk perahan atau susu formula. 

Terlepas dari berbagai alasan dalam pemberian ASI atau susu formula, Ibu pastinya mencari rekomendasi botol susu anti kolik terbaik dan cocok untuk si kecil. 

Apalagi dalam 6 bulan pertama dalam kehidupannya, bayi hanya mengandalkan ASI atau susu formula sebagai asupan gizinya.

Banyak botol susu anti kolik yang dijual di pasaran dengan berbagai merk dan model. Botol susu ini dirancang sedemikian rupa agar si kecil mudah menyusu menggunakan botol. 

Menurut Hollie Schultz, pendiri BabyGizmo.com, Ibu tidak akan mengetahui botol susu anti kolik apa yang terbaik untuk anak sampai si kecil mencobanya sendiri. 

Sebagai pertimbangan pertama, Ibu dapat meminta saran dari yang sudah berpengalaman. Setelah Itu, Ibu dapat memberikannya kepada si kecil untuk dicoba sendiri.

Lantas, apa sajakah rekomendasi botol susu anti kolik?

1. Dr. Brown’s Natural Flow Standard Bottles

5-rekomendasi-botol-susu-anti-kolik-untuk-si-kecil-1

Rekomendasi botol susu anti kolik pertama adalah dari Dr. Brown’s. Botol susu Dr Brown anti kolik ini sudah teruji sebagai botol susu yang aman serta memiliki desain yang menarik.

Sebagai contoh, botol susu Dr Brown anti kolik sudah memiliki sistem ventilasi yang mencegah gelembung udara yang menjadi penyebab burping, gas, dan kolik pada bayi. Ibu dapat memilih opsi menggunakan fitur ini atau tidak. 

Namun perlu diketahui, semakin sedikit gelembung udara yang tertelan, maka risiko bayi mengalami kembung dan kolik pun semakin sedikit.

Fitur lain dari botol susu Dr Brown anti kolik ini adalah memiliki efek vakum yang dapat mempertahankan semua nutrisi penting dalam ASI ataupun susu formula agar tetap terjaga.

Dalam satu set botol susu anti kolik Dr. Brown’s ini terdiri dari 5 botol dengan 2 jenis nipples yang berbeda serta bermacam-macam tutup botol yang dilengkapi dengan sikat pembersih. 

Harga botol susu anti kolik ini dibanderol seharga Rp 128.000

2. Pigeon PP Wide Neck Nursing Bottle

5-rekomendasi-botol-susu-anti-kolik-untuk-si-kecil-2

Pigeon merupakan salah satu merk perlengkapan bayi yang sering menjadi pilihan para Ibu. Harga yang terjangkau yang dibarengi dengan kualitas mumpuni membuat merk ini menjadi incaran para Ibu, termasuk botol susu anti kolik. 

Botol susu anti kolik Pigeon dengan tipe Wide Neck ini terbuat dari bahan Propylene (PP) yang bebas BPA. Keunggulan lain dari botol susu anti kolik Pigeon adalah fitur peristaltic nipple yang memungkinkan lidah bayi dapat bergerak halus secara alami seperti ketika menghisap ASI dari puting payudara. 

Dengan demikian, diharapkan proses penghisapan bayi membuat seluruh ASI atau susu formula langsung masuk ke mulut bayi tanpa tumpah dan menghindari udara juga ikut tertelan.

Botol susu anti kolik Pigeon ini bisa Ibu dapatkan dengan harga Rp 72.000

3. Philips Avent Natural Infant

5-rekomendasi-botol-susu-anti-kolik-untuk-si-kecil-3

Rekomendasi botol susu anti kolik lainnya adalah Philips Avent Natural Infant. Jika Ibu membeli varian ini dalam 1 set, maka Ibu akan mendapatkan 5 botol susu yang dibuat dari bahan bebas BPA, lengkap dengan dot dan sikat botol. 

Selain itu, kelebihan lain dari botol susu anti kolik Philips ini adalah desain dot yang menyerupai puting payudara sehingga membuat bayi lebih nyaman saat menyusu.

Tekstur dot yang lembut dan lentur akan mempermudah proses perlekatan ketika bayi sedang menyusu sehingga mengurangi masuknya udara yang dapat membuat bayi kolik.

Botol susu Philips Avent ini praktis karena ukurannya kecil dan pas di tangan. Bentuknya juga ergonomis dan nyaman digenggam sendiri oleh bayi.

Harga botol susu anti kolik ini cukup terjangkau, yaitu Rp 112.000

4. Tommee Tippee

5-rekomendasi-botol-susu-anti-kolik-untuk-si-kecil-4

Tommee Tippee adalah rekomendasi botol susu anti kolik berikutnya yang dapat si kecil coba. Si kecil akan merasa seperti menyusu langsung di payudara karena botol susu anti kolik ini dirancang menyerupai bentuk dan gerakan payudara. 

Bagian dari dot juga terbuat dari silikon lembut dan lentur sehingga bayi merasa seperti sedang menghisap payudara Ibu.

Botol susu anti kolik ini memiliki bentuk melengkung sehingga nyaman dipegang sendiri oleh bayi. Ibu pun tidak harus selalu kerepotan untuk terus memegang botol susu saat memberikan ASI atau susu formula pada bayi.

Harga botol susu anti kolik ini sekitar Rp 130.000

5. MAM Anti-Colic

5-rekomendasi-botol-susu-anti-kolik-untuk-si-kecil-5

Rekomendasi botol susu anti kolik yang dapat Ibu coba berikutnya adalah MAM Anti-Colic. Salah satu keunggulan dari botol susu ini adalah tahan terhadap suhu panas dan bisa disterilkan dengan menggunakan microwave dalam waktu tiga menit saja.

Desain MAM Anti-colic ini menyerupai puting payudara sehingga diharapkan udara tidak ikut tertelan saat si kecil minum susu melalui botol ini. Bagian dasar dari botol susu juga dilengkapi dengan lubang ventilasi untuk memastikan tekanan dalam botol tetap seimbang selama si kecil menyusu.

Harga botol susu anti kolik ini adalah Rp 150.000

Itulah beberapa rekomendasi botol susu anti kolik yang dapat Ibu berikan ke si kecil untuk dicoba. Jangan lupa untuk selalu mensterilisasi botol susu tiap akan dipakai untuk membunuh bakteri berbahaya yang menempel di botol.

 Editor: Dwi Ratih