Kelahiran

7 Rekomendasi Skincare Untuk Bayi Baru Lahir Terbaik

7 Rekomendasi Skincare Untuk Bayi Baru Lahir Terbaik

Siapa bilang skincare hanya bisa dipakai untuk orang dewasa saja? Ternyata skincare justru bisa dipakai bahkan sejak bayi baru lahir lho Bu. Tapi tidak semua skincare aman untuk bayi.

Sebaiknya pilih skincare yang memang diformulasikan untuk bayi yang baru lahir. Lalu mengapa bayi butuh skincare, apa tidak terlalu dini menggunakan skincare? Eits, jangan salah ya Bu, bayi baru lahir juga rentan mengalami kulit kering dan berisiko memiliki kulit yang sensitif terhadap shampoo atau sabun yang mereka pakai saat dimandikan.

Sehingga penggunaan skincare untuk bayi baru lahir merupakan hal yang nggak boleh dilewatkan. Skincare untuk bayi baru lahir harus diproduksi dengan bahan yang aman untuk kulit si kecil.

Apalagi kulit bayi tergolong lebih tipis dari orang dewasa dan rentan mengalami infeksi. Jadi, wajar jika kulit bayi baru lahir seringkali dikatakan sangat sensitif.

Lalu bagaimana sih tips memilih skincare untuk bayi baru lahir yang tepat? Apa saja rekomendasi skincare bayi baru lahir terbaik? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini ya Bu.

Memilih skincare untuk bayi baru lahir


Memilih skincare untuk bayi baru lahir memang nggak boleh sembarangan ya Bu. Jika salah pilih, bisa berakibat fatal pada kulitnya. Melansir Baby Centre berikut adalah beberapa tips memilih skincare untuk bayi baru lahir yang tepat:

  • Pilih produk alkohol free atau alkohol yang aman untuk kulit bayi misalnya jenis cetyl alcohol, cetearyl alcohol atau cetostearyl alcohol;
  • Pilih produk dengan pH balance agar menyesuaikan dengan lapisan pelindung kulit bayi tetap kuat dan terjaga. Angka pH balance yang netral biasanya adalah ph7. Sementara angka aman adalah antara 4,5-6;
  • Hindari produk yang mengandung parfum, hal ini akan sangat berbahaya bagi bayi yang sudah ada bawaan eksim sebelumnya;
  • Pilih produk dengan label hypoallergenic agar tidak menimbulkan alergi;
  • Pastikan Ibu melakukan tes pada kulit terlebih dahulu sebelum diberikan pada bayi;
  • Perhatikan tanggal produksi dan tanggal kadaluarsanya; dan
  • Produk sudah harus lulus uji dermatology test dari ahlinya dan terdaftar di BPOM.

Rekomendasi skincare bayi baru lahir terbaik

1. Sebamed Baby Lotion


Photo source: Sebamed Indonesia

Sebamed Baby Lotion sangat cocok bagi bayi yang memiliki kulit sensitif dan kering. Sebamed juga mengandung lipid sebanyak 41%, yang dapat diserap dengan cepat sehingga bisa melembapkan tanpa membuat kulit bayi terasa lengket.

Skincare untuk bayi yang satu ini pun memiliki pH yang seimbang sebesar 5,5 sehingga membantu menjaga lapisan pelindung kulit. Si kecil alergi dan ada masalah eksim sejak lahir? Tenang, lotion ini juga direkomendasikan untuk merawat kulit bayi yang sensitif, terkena alergi, eksim, hingga ruam popok lho Bu.

Jadi nggak hanya diperuntukan bagi kulit normal tapi produk ini juga cocok untuk bayi yang memiliki kulit sensitif. Harga Sebamed Baby Lotion berkisar mulai dari Rp 114.000

2. Buds Save Our Skin Organics


Photo source: Babyzania

Buds Organics merupakan salah satu skincare bayi terbaik yang cukup digandrungi oleh para Ibu. Buds Organics mengandung ekstrak daun shisho yang bekerja sebagai antioksidan untuk menenangkan kulit saat iritasi ringan.

Selain itu, skincare bayi ini mengandung tea tree oil organik yang melindungi kulit bayi dari bakteri membahayakan. Berbeda dari skincare untuk bayi baru lahir lainnya, produk Buds diperkaya dengan prebiotik yang menambah jumlah bakteri baik pada kulit si kecil agar kulitnya tetap sehat. 

Meski harganya relatif mahal yakni mulai dari Rp 229.900 namun produk ini cukup ampuh bayi bayi yang memiliki kulit sensitif.

3. Cetaphil Baby Daily Lotion


Photo source: Orami

Si kecil punya kulit yang kering bahkan makin kering setelah mandi? Tenang, kamu bisa memilih Cetaphil Baby Daily Lotion sebagai penyelamat. Cetaphil bekerja dengan cara melembapkan serta melindungi lapisan pelindung kulit bayi yang masih sensitif.

Apalagi produk ini tidak mengandung parfum dan pewarna yang berbahaya bagi kulit bayi. Setelah pemakaian produk ini, kulit bayi pun bisa terasa lembut dan lembap sepanjang hari.

Kandungan minyak biji bunga matahari dan shea butternya membantu melembutkan serta memberikan antioksidan pada kulit sehingga tidak rentan terhadap radikal bebas. Berbeda dengan skincare untuk bayi baru lahir lainnya, Cetaphil bisa digunakan ke seluruh bagian tubuh bayi dan juga wajahnya lho.

Produk ini juga hypoallergenic dan sudah pH balanced sehingga tidak menimbulkan reaksi alergi. Tertarik untuk membelinya? Produk ini dibanderol mulai harga Rp 170.000 saja untuk ukuran 400 ml.

4. PUREBB Shooting Cream


Photo source: Shopee

Skincare untuk bayi baru lahir yang satu ini bisa menjadi pilihan Ibu untuk merawat kulit bayi baru lahir, bayi prematur, memiliki kulit sensitif, atau mengalami masalah kulit lainnya lho. Nggak cukup sampai di situ, produk ini juga bisa melembabkan kulit dan meredakan gatal-gatal akibat kulit kering, biang keringat, eksim dan alergi.

PUREBB mengandung formula low hazard active ingredients (green index) atau bahan-bahan sesuai dengan standar internasional produk perawatan bayi, sehingga aman digunakan di seluruh tubuh dan juga wajah. Bahkan bisa digunakan sebagai pengganti bedak tabur dan mampu melindungi kulit selama 24 jam.

Selain itu, produk ini juga mengandung oat kernel yang dapat membantu menenangkan kulit dan meredakan gatal. Minyak biji mataharinya bermanfaat untuk meregenerasi kulit dan kandungan daun zaitun berperan sebagai antibakteri.

Dengan kandungan pH5 5.5 yang sudah sesuai dengan kadar keasaman kulit bayi, dan sudah melewati tes hipoalergenik. PUREBB Soothing Cream dibanderol mulai harga Rp 80.000-an saja lho. Cukup terjangkau bukan?

5. Lactacyd Liquid Baby Skincare


Photo source: Klik Indomaret

Lactacyd Liquid Baby Skin Care merupakan produk perawatan tubuh bayi yang berfungsi ganda yakni bisa digunakan untuk sabun dan shampoo. Produk ini sangat cocok untuk bayi yang memiliki kulit sensitif karena mengandung hypoallergenic dan kandungannya menyesuaikan dengan pH kulit bayi.

Nggak hanya itu, produk skincare untuk bayi baru lahir yang satu ini juga telah diformulasikan agar tidak pedih di mata. Selain itu, skincare untuk bayi ini juga diperkaya lactic acid dan lactoserum yang melindungi kulit bayi dari bakteri yang berbahaya.

Produk ini terdiri dari 3 ukuran, yakni 60 ml, 150 ml, dan 250 ml. Lactacyd Baby Lactacyd Liquid Baby Skin Care bisa kamu mulai harga  Rp23.000-an saja.

6. Johnson’s Baby Cream

Photo source: Shopee

Siapa sih yang nggak kenal produk legendaris yang satu ini? Yup, Johnson’s memang sudah dipercaya sejak berpuluh-puluh tahun sebagai skincare untuk bayi baru lahir yang aman dengan harga terjangkau.

Produk ini mengandung glycerin dan cetyl alcohol yang berguna untuk melembabkan kulit bayi. Nggak hanya itu, produk ini juga mengandung ekstrak bunga chamomile yang bekerja untuk menenangkan kulit.

Meski begitu, produk ini sebaiknya digunakan untuk bayi yang memiliki kulit normal ya Bu. Karena produk ini mengandung pewangi yang berisiko bagi bayi dengan kulit sensitif.

Meski begitu Johnson's Baby Cream memiliki wangi yang khas dan membuat kita ingin selalu mencium si kecil. Produk ini juga bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp 29.000-an saja ya Bu.

7. Pigeon Baby Lotion


Photo source: Blibli

Pigeon Baby Lotion mengandung ekstrak jojoba yang berguna untuk menjaga kelembapan kulit bayi. Produk ini tidak mengandung pewarna dan hypoallergenic sehingga cocok untuk kulit bayi yang sensitif.

Kandungan minyak jojoba pun membantu pemulihan kulit bayi dengan eksim. Ekstrak minyak jojoba juga kaya akan vitamin E dan dapat menenangkan kulit saat iritasi. Harga Pigeon Baby Lotion dibanderol mulai dari Rp 37.000.

Nah, itu tadi adalah rekomendasi skincare bayi baru lahir terbaik yang paling dipercaya oleh para Ibu. Skincare ini juga banyak tersedia di e-commerce atau supermarket besar di seluruh Indonesia.

Editor: Dwi Ratih