Kelahiran Dibaca 1,201 kali

8 Rekomendasi Nipple Cream yang Aman Untuk Menyusui

Share info ini yuk ke teman-teman
Stephanie
8 Rekomendasi Nipple Cream yang Aman Untuk Menyusui

Sore nipples atau puting payudara sakit adalah salah satu masalah yang biasa muncul selama menyusui. Biasanya, hal ini disebabkan oleh poor latch atau bayi tidak menyusu dengan cara yang benar. Ada juga beberapa hal lain yang bisa memicu timbulnya puting payudara sakit, misalnya mastitis (infeksi pada payudara yang disertai dengan peradangan), infeksi jamur (thrush), bleb atau milk blister (bintik yang muncul di sekitar puting, yang berasal dari saluran susu yang tersumbat), vasospam (pembuluh darah yang mengerut dan kejang, sehingga menyebabkan gangguan aliran darah ke puting), tahap awal kehamilan serta penggunaan pompa ASI yang tidak tepat.

Nah, dari beberapa kondisi di atas, tentunya membutuhkan perawatan dan pengobatan dari dokter. Sedangkan puting payudara sakit yang diakibatkan oleh poor latch, Anda bisa menggunakan nipple cream. Nipple cream ini umumnya nggak membutuhkan resep dokter untuk membelinya, namun, pastikan Anda selalu melakukan konsultasi dulu dengan dokter sebelum menggunakan produk tertentu, ya.

Rekomendasi Nipple Cream untuk Ibu Menyusui

  1. Pure Mom Nipple Cream

    Pure Mom Nipple Cream

    Pure Mom Nipple Cream mengandung Provitamin B5, Vitamin E serta minyak zaitun. Nipple cream ini juga tidak mengandung lanolin dan tanpa tambahan pewangi. Pure Mom Nipple Cream bisa dibeli di supermarket atau beberapa marketplace, dengan kisaran harga Rp60.000 per 15gr.

  2. Bepanthen Salep

    Bepanthen Salep Nipple Cream

    Krim ini mengandung zat aktif dekspantenol, yang bisa digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan kulit seperti ruam popok, luka (bukan untuk luka berdarah), iritasi atau peradangan kulit dan puting susu lecet. Oleskan nipple cream ini pada area yang sudah lebih dulu dibersihkan dan hanya gunakan jika disarankan oleh dokter. Bephanthen 20gr bisa Anda beli dengan harga Rp72.000 di sini.

  3. Medela Purelan TM 100 Lanolin Cream

    Medela Purelan TM 100 Lanolin Cream Nipple Cream

    Nipple cream ini terdiri dari bahan alami dan natural medical grade lanolin, yang aman bagi ibu dan bayi. Membantu mengisi kadar lipid alami pada kulit untuk memperbaiki keseimbangan kelembapannya dan meningkatkan pelindung alami kulit. Medela Purelan TM 100 Lanolin Cream sudah terbukti hypoallergenic, tanpa penggunaan paraben, pengawet dan zat tambahan lainnya dan tanpa tambahan parfum.

    Pada petunjuk penggunaannya, Ibu nggak perlu menghapus krim ini sebelum menyusui. Nggak hanya untuk puting, krim ini juga bisa Ibu gunakan untuk mengatasi bibir pecah-pecah, kulit bagian hidung kering dan untuk kulit bayi yang kering. Satu krim, bisa digunakan untuk mengatasi banyak hal, praktis, kan? Produk ini tersedia dalam ukuran besar 37gr dan kemasan kecil 7gr, dengan kisaran harga sekitar Rp100.000, cek produk originalnya di akun @medela_id.

  4. Mustela Maternite Nursing Comfort Balm

    Mustela Maternite Nursing Comfort Balm Cream Nipple Cream

    Mustela Maternite Nursing Comfort Balm dirancang khusus untuk area puting. Mengandung bahan alami seperti avocado peptides untuk menenangkan dan mengembalikan kesehatan kulit, dan shea butter untuk memperbaiki kondisi kulit kering dan pecah-pecah. Untuk informasi lebih detil, Anda bisa melihat situs resminya. Beli nipple cream ini di sini, dapatkan dengan harga Rp133.000 per kemasan 10ml.

  5. Mothercare It’s Your Body Nipple Cream

    Mothercare It’s Your Body Nipple Cream

    Nipple cream keluaran Mothercare ini diformulasikan dengan minyak zaitun, vitamin E dan bisa untuk meredakan nyeri dan cracked nipples. Mothercare It’s Your Body Nipple Cream ini dermatologically tested, hypoallergenic dan aman digunakan bagi pemilik kulit sensitif. Untuk membeli produk yang asli, silakan klik di sini. Mothercare It’s Your Body Nipple Cream, kemasan 75ml, dengan harga Rp159.000. 

  6. Pigeon Nipple Care Cream

    Pigeon Nipple Care Cream

    Pigeon Nipple Care Cream berfungsi untuk menyembuhkan dan melindungi puting yang kering dan pecah-pecah akibat menyusui. Nipple cream ini mengandung bahan yang hypoallergenic, 100% lanolin murni, tanpa tambahan pewangi dan zat aditif lainnya. Selain untuk Ibu, krim ini juga bisa untuk mengatasi kulit kering pada bayi. Dapatkan Pigeon Nipple Care Cream 50gr dengan harga Rp225.000. Cek di sini untuk membeli.

  7. Organics Bud Nursing Salve

    Organics Bud Nursing Salve

    Healing salve dengan hampir 99% produk organik ini membantu Anda mengatasi keluhan pada masa menyusui. Formulanya unik dan mengandung bio aktif seperti inca inchi dan lavandula stoechas. Pastikan Anda membeli produk yang asli di official store Organic Bud via marketplace berikut ini, dengan harga Rp260.000 untuk setiap kemasan 15ml.

  8. Lansinoh Lanolin Nipple Cream

    Lansinoh Lanolin Nipple Cream

    Adalah nipple cream teratas yang menjadi rekomendasi dokter di Amerika. Krim ini berfungsi meredakan nyeri dan melindungi puting yang luka dan pecah-pecah karena menyusui. Lansinoh Lanolin Nipple Cream terdiri dari 100% bahan alami, tidak mengandung paraben, zat aditif dan pengawet.

    Krim ini juga hypoallergenic dan aman bagi bayi, jadi nggak perlu dihapus jika Ibu hendak menyusui. Cukup gunakan krim seujung jari untuk bagian puting. Nipple cream ini juga bisa digunakan untuk mengatasi bibir pecah-pecah, siku kering hingga tumit. Kemasan 40gr dijual dengan estimasi harga Rp260.000, klik di sini untuk memesan.

Ada beberapa jenis krim dan salep yang mesti Anda hindari, misalnya unpurified lanolin (bisa menyebabkan alergi), krim vitamin E (kecuali disarankan oleh dokter), salem berbahan dasar petroleum (karena mengahalangi udara ke kulit) dan produk nipple cream lainnya yang mengandung alkohol. Jadi, teliti sebelum membeli, ya.

Selamat mencoba!

(Stephanie)