Kelahiran

Atasi Postpartum Hair Loss Dengan Program Erha Ultimate Hair Care

Atasi Postpartum Hair Loss Dengan Program Erha Ultimate Hair Care

Rambut rontok merupakan hal yang cukup ‘menakutkan’ bagi para wanita, terutama para Ibu pasca melahirkan. Ibumin ingat sekali, tiga bulan pasca melahirkan anak pertama setiap bangun tidur selalu menemukan rambut rontok di bantal. Bukan hanya satu atau dua helai bahkan berpuluh-puluh helai lho!

Padahal waktu hamil, rambut Ibumin tebal dan kuat sekali. Paling kalau dihitung, semisal rontok pun tidak sampai lebih dari lima helai, tapi setelah melahirkan sudah nggak kehitung lagi deh berapa rambut yang rontok setiap harinya. Sedih? Sudah pasti, takut botak apalagi.

Nggak mau kejadian anak pertama terulang lagi, nyatanya pasca melahirkan anak ke dua pengalaman kerontokan rambut Ibumin jauh lebih parah. Kali ini bahkan sampai botak, belahan rambut makin lebar dan sudah nggak kehitung lagi berapa helai rambut yang rontok. 

Ini kondisi rambut Ibumin, before treatment. Botak di bagian belah rambut huhuhu...

Bahkan Ibumin takut untuk menyisir rambut karena nggak siap lihat rambut-rambut yang rontok huhu. Akhirnya daripada stress, Ibumin memutuskan untuk ikut program terbaru dari ERHA Ultimate Hair Care yaitu Love is in the Hair di ERHA Clinic yang juga bisa membantu merawat Postpartum Hair Loss. 

Tapi, supaya Buibu makin paham kita bahas dulu yuk kenapa sih kerontokan rambut ini bisa terjadi pasca melahirkan? Simak dalam ulasan berikut ini ya Bu!

Kenapa rambut bisa rontok pasca melahirkan?


Photo source: Freepik

Jika melansir sebuah artikel dari Parents merupakan hal yang wajar jika setelah melahirkan para Ibu mengalami kerontokan rambut dari level sedang hingga parah. Sebab, menurut dokter spesialis kulit Dr. Sejal Shah, M.D. pada saat hamil dan melahirkan ada banyak perubahan hormon yang terjadi pada tubuh Ibu.

Akibat dari perubahan hormonal tersebut dapat menyebabkan rambut rontok menjadi rontok. Dengan kata lain, saat hamil hormon kehamilan mencegah Ibu dari kerontokan sehingga rambut tampak berkilau dan sehat.

Setelah hormon kembali normal, ada penurunan kadar estrogen dalam tubuh yang menyebabkan kerontokan rambut berlanjut. Namun dokter Shah mengatakan kerontokan rambut ini sifatnya hanya sementara, akan berangsur membaik ketika hormon dalam tubuh Ibu sudah mulai stabil.

Takut rambut mengalami kebotakan? Pada level kerontokan rambut yang parah kondisi ini sebenarnya bisa saja terjadi, tapi tenang saja ya Bu karena rambut yang rontok akan beregenerasi digantikan dengan rambut yang baru. Jadi misalnya Ibu mengalami kebotakan, jika dirawat dengan baik tentu rambut Ibu bisa cepat tumbuh kembali kok.

Tetap ikhtiar dan bersabar


Photo source: Dok.Pribadi

Ibumin tahu banget, kerontokan rambut ini sedikit banyak bisa mengganggu kepercayaan diri seorang Ibu. Terutama dalam hal penampilan, terlebih jika rambutnya rontok dan mengalami kebotakan.

Tapi, percaya deh Bu ada banyak jalan menuju Roma. Alias masih banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membantu mengembalikan keindahan rambut kita seperti dahulu.

Kebetulan, Ibumin mendapatkan kesempatan ikutan program terbaru dari ERHA Ultimate Hair Care yaitu Love is in the Hair Program di ERHA Clinic yang melayani beragam masalah seputar rambut rontok, termasuk Postpartum Hair Loss. 

Fiuh, bagi Ibumin ini merupakan angin segar dan secercah harapan untuk mengembalikan keindahan rambut Ibumin kembali.

Yup, apalagi program ERHA Ultimate Hair Care tidak hanya mengatasi rontok, tapi juga membantu menstimulasi pertumbuhan rambut agar lebih kuat dan lebat dalam waktu satu bulan lho! 

Menarik banget kan, Bu? Meski harus sabar menunggu hasilnya selama satu bulan, Ibumin merasa puas banget melakukan perawatan di sini. Intip perawatan apa saja yang Ibumin lakukan yuk!

Step by step 

Untuk melakukan program dari ERHA Ultimate Hair Care ini, kita harus melakukan appointment terlebih dahulu ya Bu agar tidak terlalu antri. Apalagi program ini memang banyak sekali peminatnya karena, ERHA Ultimate Hair Care ini memang tersedia di seluruh cabang ERHA Clinic.

Setelah mendaftar, kita dirujuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum dilakukan tindakan. Nggak lama menunggu, Ibumin kemudian berkesempatan konsultasi dengan Dr. Apriyanti M.D dari ERHA Clinic Kota Kasablanka.

Kondisi rambut Ibumin, belum banyak anak rambut yang tumbuh. Masih banyak yang patah, kemungkinan masih bisa rontok kembali.

Ibumin menceritakan apa yang jadi keluhan, setelah di cek dokter mengatakan apa yang dialami oleh Ibumin semata-mata memang karena Postpartum Hair Loss. Sayangnya belum banyak anak rambut yang muncul di kulit kepala. 

Sehingga menyebabkan rambut terlihat sedikit mengalami kebotakan. Tapi dokter memastikan hal ini normal terjadi dan Ibumin harus bersabar menanti rambut yang tumbuh.

It’s time for treatment!

Setelah berkonsultasi dengan dokter, Ibumin disarankan untuk melakukan perawatan Hair Grow Activation Therapy dari ERHA Ultimate Hair Care. Sebelumnya Ibumin harus berkumur terlebih dahulu dan memakai APD untuk memastikan protokol kesehatan tetap terjaga.

Setelah itu, Ibumin diberikan cream anestesi yang dioleskan di seluruh bagian kulit kepala, sebelum lanjut ke tahap berikutnya. Oh iya, treatment dari ERHA Ultimate Hair Care ini ditangani langsung oleh dokter ya Bu! Tahapannya terdiri dari Microneedling dan Red Light Therapy. 

Tahapan pertama dilakukan dengan memberikan serum sekaligus menggunakan alat yang menggabungkan microneedle dan electroporation. Meskipun microneedling kedengarannya agak serem karena pakai jarum, tapi sebenarnya nggak sakit sama sekali kok. Kalau Ibumin merasa seperti disisir menggunakan sisir serit yang sedikit tajam.

Nah, habis itu rambut Ibumin di kompres dulu selama beberapa menit dan kulit kepalanya diberikan seperti serum yang berfungsi untuk mengontrol minyak di kulit kepala.

Lanjut ke proses terakhir yaitu Red Light Therapy. Terapi ini menggunakan sinar merah yang disinari pada kulit kepala dengan tujuan meningkatkan aliran darah, dan juga membuat oksigen serta nutrisi terbawa ke folikel rambut, sehingga dapat mengurangi, mencegah kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut baru. 

Proses ini berlangsung kurang lebih 20 menit, pokoknya saking nyamannya Ibumin sampai ketiduran. Begitu bangun dokter datang lagi dan mengatakan treatmentnya sudah selesai. Kurang lebih perawatan ini dilakukan selama 2 jam.

Ada baiknya setelah treatment kita nggak boleh keramas selama 12 jam. Dengan tujuan untuk memaksimalkan treatment yang sudah dilakukan sebelumnya.

Sebelum pulang Ibumin diresepkan hair scalp, shampoo dan hair tonic yang berfungsi merangsang pertumbuhan rambut baru yang katanya kurang lebih jika digunakan secara teratur rambut akan kembali tumbuh dalam waktu satu bulan. Ihiiy, Ibumin happy sekali dan nggak sabar menunggu hasilnya sebulan nanti.

And the result is…

Setelah satu bulan mengikuti program ERHA Ultimate Hair Care, Love is in the Hair di ERHA Clinic Ibumin beneran "amazed" sama hasilnya. Karena hasilnya sudah kelihatan bahkan hanya dalam 2 minggu.

Anak-anak rambut Ibumin mulai tumbuh, kebotakan yang Ibumin alami juga mulai berkurang. Memang belum signifikan tapi Ibumin senang sekali karena banyak anak rambut yang tumbuh.

Kalau Ibumin kuncir rambut, rasanya ada rambut jabrik-jabrik yang muncul dan bikin gemas. Rasanya ingin diraba setiap hari, karena Ibumin memang se-happy itu.

Kondisi rambut Ibumin, after 1 month treatment. Banyak anak rambut yang tumbuh

Yang Ibumin sesali, kemana saja ya aku selama ini? Nggak aware sama rambut sendiri, sudah mencoba beragam jenis shampoo. Dari yang mahal hingga yang murah dan di jual di minimarket dekat rumah, belum ada yang bikin rontok rambut Ibumin berkurang. 

Pada intinya, merawat rambut rontok pasca melahirkan itu penting ya Bu. Karena rambut adalah mahkota bagi setiap wanita. Nggak ada salahnya meluangkan waktu sedikit untuk hasil yang maksimal seperti yang Ibumin lakukan.

Selain itu, dengan melakukan perawatan rambut yang tepat juga dapat mengurangi kemungkinan rambut rontok lebih parah akibat gonta-ganti shampoo yang nggak tepat lho Bu. 

Ibumin recommend banget nih untuk join program ERHA Ultimate Hair Care, Love is in the Hair di ERHA Clinic terutama buat kamu yang punya masalah kerontokan rambut seperti Ibumin. 

Oh iya, untuk join perawatan rambut ini dikenakan biaya mulai dari Rp 1,9 juta include konsultasi dan resep obat-obatan. Tapi, karena Ibumin masih menyusui, dokter tidak meresepkan obat oral untuk Ibumin minum.

Untuk menjaga agar kualitas ASI tetap terjaga dengan baik. Pokoknya Buibu yang punya masalah kerontokan rambut wajib banget ikutan program ini ya Bu!

Editor: Dwi Ratih