Kelahiran

Daftar Lengkap Rekomendasi Susu Formula Hypoallergenic Terbaik 2022

Daftar Lengkap Rekomendasi Susu Formula Hypoallergenic Terbaik 2022

Susu formula hypoallergenic adalah susu sapi yang diolah melalui proses hidrolisis parsial, sehingga mengandung partikel susu sapi lebih sedikit dibandingkan dengan susu formula pada umumnya. Artinya, jenis susu ini aman dikonsumsi bagi bayi yang memiliki alergi susu sapi.

Dikutip dari Very Well Health, susu formula hypoallergenic biasanya ditujukan untuk tiga situasi spesifik, antara lain:

  • Bayi yang lahir dalam keluarga dengan riwayat kondisi kesehatan terkait alergi (seperti asma, eksim, demam, atau alergi makanan) yang tidak bisa memperoleh ASI atau yang membutuhkan susu formula tambahan.
  • Bayi yang alergi atau tidak toleran terhadap kandungan protein susu formula dan tidak memperoleh ASI.
  • Bayi yang mengalami peradangan pada saluran pencernaan, sehingga alergi terhadap banyak jenis makanan.

Perlu diketahui, susu formula hypoallergenic adalah salah satu jenis produk susu yang biasa dijual dengan harga tinggi. Oleh karena itu, Ayah dan Ibu perlu menyiapkan budget khusus jika si kecil perlu mengonsumsi susu formula hypoallergenic. 

Lantas, apa saja susu formula hypoallergenic terbaik yang bisa diberikan untuk si kecil? Berikut daftar lengkap rekomendasinya!


1. Neocate LCP

Neocate LCP merupakan susu formula hypoallergenic terbaik yang banyak direkomendasikan oleh dokter anak. Mengapa demikian? Susu formula hypoallergenic ini dirancang khusus dengan bahan dasar asam amino non-alergenik untuk bayi yang memiliki intoleransi protein. Menariknya, susu formula ini bisa dikonsumsi oleh bayi berusia 0 - 12 tahun.

Neocate LCP dijual dengan harga sekitar Rp360 ribuan untuk kemasan 400 gram. Harga jual yang cukup tinggi ini tentu bukan tanpa alasan. Pasalnya, meski bebas protein susu sapi, Neocate LCP mengandung protein amino, kalium, kalsium, vitamin A dan D, serta folat yang baik untuk mendukung tumbuh kembang si kecil.


2. Enfamil A+ Puramino

Rekomendasi susu formula hypoallergenic tahun 2022 selanjutnya, yaitu Enfamil A+ Puramino. Produk ini diklaim bebas protein susu sapi atau laktosa, sehingga aman dikonsumsi bagi bayi yang mengalami kondisi intoleransi protein. Meskipun demikian, kandungan nutrisi di dalam susu formula ini terbilang cukup lengkap, termasuk DHA yang mendukung kecerdasan otak si kecil.

Susu formula hypoallergenic berbasis asam amino ini aman diminum oleh bayi di usia 0 - 24 bulan. Dibandingkan dengan susu hypoallergenic sebelumnya, harga Enfamil A+ Puramino lebih mahal yaitu di kisaran Rp430 ribuan untuk kemasan 400 gram.


3. Enfamil Nutramigen LGG

Berbeda dari dua jenis susu formula hypoallergenic sebelumnya, Enfamil Nutramigen LGG ini memiliki kandungan protein terhidrolisa ekstensif. Maksudnya, protein tersebut sudah melalui proses panjang sehingga ukuran molekulnya berubah sangat kecil dibandingkan dengan protein susu sapi pada umumnya. Jadi, aman dikonsumsi bagi bayi yang memiliki alergi atau intoleransi laktosa.

Harga jual Enfamil Nutramigen LGG adalah sebesar Rp380 ribuan untuk kemasan 400 gram. Namun, pembeliannya tidak boleh dilakukan secara bebas. Kamu perlu rekomendasi dokter terlebih dulu untuk memperoleh produk susu hypoallergenic yang satu ini.


4. MeadJohnson Pregestimil

Susu hypoallergenic dari MeadJohnson Pregestimil dirancang khusus untuk bayi yang mengalami malabsorbsi lemak & yang mungkin juga sensitif terhadap protein utuh. Produk ini mengandung 55% MCT Oils (kelompok lemak unik yang merupakan sumber energi baik karena rendah glikemik).

Selain itu, produk susu hypoallergenic ini juga diperkaya dengan DHA dan ARA yang merupakan nutrisi penting untuk perkembangan otak si kecil. MeadJohnson Pregestimil bisa diberikan untuk bayi usia 0-12 bulan. Umumnya, harga jual MeadJohnson Pregestimil ada di kisaran harga Rp370 ribuan untuk kemasan 400 gram.


5. NAN HA (pH Pro)

Susu formula NAN HA hypoallergenic diproduksi secara khusus oleh Nestle untuk bayi yang mengalami alergi terhadap protein susu. Hal ini dikarenakan protein susu tersebut sudah terhidrolisis hingga berubah menjadi molekul kecil yang aman dikonsumsi karena tidak menimbulkan reaksi alergi. Meskipun demikian, susu formula NAN HA hypoallergenic juga dilengkapi berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang si kecil.

Susu formula NAN HA hypoallergenic mengandung Probiotik Bifidobacterium Longum yang berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan si kecil. Ada pula kandungan DHa dan ARA yang baik bagi perkembangan otak si kecil. Untuk mendapatkan produk susu formula NAN HA hypoallergenic, kamu perlu menyiapkan budget sekitar Rp430 ribuan.


6. Nutrilon Royal Prosyneo

Satu lagi rekomendasi susu formula hypoallergenic  untuk si kecil, yaitu Nutrilon Royal Prosyneo. Persis seperti namanya, Nutrilon Royal Prosyneo diciptakan dengan Advanced Innovation SYNEO, yaitu kombinasi sinbiotik yang sudah dipatenkan dan teruji klinis mencegah risiko alergi protein susu.

Nutrilon Royal Prosyneo mengandung omega-3, omega-6, dan zat besi yang berperan penting dalam mendukung kemampuan berpikir anak. Di samping itu, susu formula hypoallergenic ini juga dilengkapi dengan 13 vitamin dan 14 mineral, yang mampu memperkuat daya tahan tubuh si kecil. Nutrilon Royal Prosyneo tersedia dalam kemasan berukuran 400 gram dengan harga Rp200 ribuan.


Apakah si kecil juga memiliki alergi terhadap protein susu? Jika iya, maka beberapa rekomendasi susu hypoallergenic tadi bisa menjawab kebutuhan si kecil. Kira-kira mana yang akan menjadi pilihan Ayah dan Ibu?


Editor: Atalya