Kelahiran

Ganggu Aktivitas, Ketahui Penyebab Puting Susu Gatal Saat Menyusui

Ganggu Aktivitas, Ketahui Penyebab Puting Susu Gatal Saat Menyusui

Menyusui merupakan proses bonding yang paling indah antara Ibu dan bayi. Sayangnya, tidak semua Ibu menyusui dapat melewati proses ini dengan lancar ya Bu. Sebab, ada saja masalah yang seringkali muncul di awal atau pada saat proses tersebut berlangsung.

Selain mastitis atau payudara yang bengkak dan puting yang lecet, ada masalah lain yang juga sering dialami yakni puting susu gatal saat menyusui. Saking gatalnya, bahkan rasanya ingin sekali digaruk menggunakan kuku agar rasa gatal tersebut bisa hilang.

Tapi wajar nggak sih puting susu gatal saat menyusui? Yup, sebenarnya ini merupakan masalah yang umum dialami oleh Busui lho Bu. Sehingga Ibu tidak perlu khawatir berlebihan.

Hanya saja, hal ini tentu dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari. Selain itu, meskipun hal ini normal terjadi namun puting susu gatal saat menyusui harus tetap diatasi dengan perawatan yang tepat ya Bu.

Sebab, jika di diamkan hal ini justru bisa menyebabkan kondisi yang lebih serius. Untuk itu, yuk kenali terlebih dahulu apa saja penyebab puting gatal saat menyusui dalam ulasan berikut ini.

Penyebab puting gatal saat menyusui


Tidak semua Ibu bisa melewatkan proses menyusui dengan lancar ya Bu. Bahkan proses menyusui akan berbeda di tiap anak yang Ibu lahirkan, baik anak pertama, kedua dan seterusnya.

Bahkan tidak semua Ibu menyadari bahwa pernah mengalami puting susu gatal saat menyusui. Melansir Healthline puting susu gatal saat menyusui bisa jadi penyebab infeksi jamur yang berasal dari mulut si kecil.

Infeksi jamur ini jika sudah menempel pada puting maka rasanya akan sangat gatal sekali. Kenapa hal ini bisa terjadi? Salah satunya karena si kecil sedang dalam fase oral atau gemar memasukan segala benda ke dalam mulutnya.

Penyebab lainnya adalah bisa jadi akibat kulit sekitar payudara dan puting kering serta adanya indikasi kanker. Tapi, rasa gatal yang timbul biasanya berbeda-beda dirasakan oleh tiap Ibu.

Sehingga wajar jika ada beberapa Ibu yang tidak menyadari bahwa putingnya terasa gatal saat menyusui. Terutama ketika proses LDR (let down reflex) terjadi. Berikut adalah penyebab puting gatal saat menyusui lainnya yang patut menjadi perhatian para Ibu:

1. Iritasi kulit

Melansir Medical News Today wanita yang mengalami masalah kulit seperti eksim atau eczema sebelum hamil dan menyusui, ada kemungkinan mengalami puting susu gatal saat menyusui. Hal ini dikarenakan kulit pada puting biasanya lebih tipis dan sensitif.

Terutama pada saat bayi menghisap dengan kuat. Kalau sudah seperti ini, biasanya kulit sekitar puting akan mulai kering, pecah-pecah dan berujung iritasi.

2. Mastitis

Pernahkah Ibu mengalami mastitis selama menyusui? Jika iya, ada kemungkinan juga Ibu dapat mengalami puting susu gatal saat menyusui nantinya. Meskipun ada beberapa yang tidak menyadari hal ini karena tingkat gatalnya bisa ditoleransi.

Mastitis adalah peradangan di jaringan payudara dan biasanya disebabkan oleh bakteri. Mastitis juga bisa menyebabkan rasa gatal dan nyeri baik pada kulit dan di dalam jaringan payudara.

Tak jarang, mastitis juga dapat menyebabkan Ibu sulit menyusui si kecil. Akibatnya payudara menjadi bengkak dan menyebabkan aliran susu tersumbat. Bahkan kalau mastitis dibiarkan dapat menyebabkan Ibu mengalami demam tinggi.

3. Sariawan puting yang menyebabkan infeksi jamur pada mulut bayi

Orang tua jaman dahulu mengatakan bahwa, “mulut bayi itu tajam, jadi ketika awal menyusui wajar bila puting terasa sakit, lecet dan gatal”. Yup, meskipun mitos ini nggak benar, namun sejatinya puting susu gatal saat menyusui memang sering disebabkan oleh infeksi jamur pada mulut bayi lho.

Terutama bila si kecil mengalami sariawan dan sedang dalam fase oral. Namun, ini merupakan proses yang wajar bila dialami oleh kamu ya Bu.

Hal ini dapat menyebabkan rasa gatal dan nyeri pada puting serta di dalam payudara. Lama kelamaan bisa menyebabkan puting lecet jika tidak dirawat dengan baik.

4. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak biasanya terjadi ketika menyusui si kecil saja dan mengakibatkan puting susu menjadi gatal. Setelahnya Ibu mungkin akan terasa seperti biasa saja.

Dermatitis kontak adalah rasa sakit dan gatal yang terjadi setelah terpapar iritasi kulit. Kalau sudah terpapar mulut bayi, rasanya sangat tidak nyaman. Terkadang puting pun menjadi merah atau bersisik.

5. Kulit area puting kering

Kulit area puting yang kering biasanya disebabkan karena Ibu memiliki kulit yang cenderung sensitif. Kulit puting yang kering mungkin akan terasa sangat gatal saat proses menyusui. Untuk mengatasi kulit area puting yang kering biasanya para Ibu menggunakan beberapa pelembab khusus seperti virgin coconut oil dan aneka salep atau krim yang aman bila tertelan si kecil.

6. Perlekatan yang tidak tepat

Perlekatan yang tidak tepat juga bisa menyebabkan puting susu gatal saat menyusui. Bahkan tak jarang dapat membuat puting menjadi luka dan lecet.

Latch on atau posisi pelekatan yang kurang tepat ini biasanya sering terjadi pada minggu-minggu awal menyusui. Tapi tenang ya Bu, seiring dengan berjalannya waktu dan kebiasaan sehari-hari biasanya rasa gatal ini akan hilang kalau Ibu sudah bisa melakukan latch on dengan benar kok.

7. Let down reflex

Tahukah Ibu hanya dengan memandangi bayi dan melihat tumbuh kembangnya saja ternyata dapat memicu let down reflex (LDR) lho. Melansir Pregnancy Birth Baby LDR terjadi ketika air susu keluar dari puting.

Proses LDR disebabkan adanya hormon prolaktin dan oksitosin yang mengalir ke dalam darah Ibu ketika bayi menyusui. Prolaktin membantu membuat ASI, sedangkan oksitosin membuat payudara mendorong keluar ASI. Susu kemudian dilepaskan atau dikeluarkan melalui puting. Nah, saat susu akan keluar Ibu akan merasakan sensasi sekitar payudara dan puting yang terasa penuh dan gatal.

Cara mengatasi puting susu gatal saat menyusui


Walaupun rasa gatal ini sangat mengganggu bagi sebagian Ibu. Namun sejatinya hal ini bukanlah penghalang untuk tetap menyusui ya Bu. Sebab, ada bermacam cara mengatasi puting susu gatal saat menyusui berikut ini:

  • Rutin bersihkan payudara dan puting setelah menyusui. Caranya dengan menggunakan kain lembut yang dibasahi dengan air hangat kemudian di usap dan dibersihkan perlahan di area payudara terutama puting.
  • Jangan biarkan area puting kering. Ibu bisa menggunakan pelembab atau lotion khusus untuk payudara agar puting tetap terjaga kelembabannya.
  • Selalu gunakan pakaian longgar saat menyusui. Pakaian yang ketat hanya akan menambah rasa sakit dan gatal pada puting terutama jika pakaian seringkali bergesekan dengan area tersebut. Selain itu gunakan pula bra berbahan katun yang nyaman dan sejuk.
  • Obati dengan lotion atau krim antibiotik. Hal ini bisa dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter ya Bu.

Tingkat keparahan puting susu gatal saat menyusui memang berbeda-beda pada tiap Ibu. Tapi kalau kamu sudah mulai merasakan puting gatal saat menyusui ada baiknya segera pantau terlebih dahulu mulut si kecil ya Bu, sebelum memberikan aneka krim atau salep untuk puting yang terasa gatal.

Editor: Dwi Ratih