Kelahiran Dibaca 878 kali

Inilah Daftar Ruang Menyusui di Mall dan Tempat Wisata 7 Kota Besar

Share info ini yuk ke teman-teman
Menur
Inilah Daftar Ruang Menyusui di Mall dan Tempat Wisata 7 Kota Besar

Menjadi ibu menyusui zaman now ternyata merupakan hal yang patut disyukuri. Bagaimana tidak, berbagai macam perlengkapan menyusui mudah diperoleh, ruang menyusui pun bukan lagi barang langka. Di dunia kerja, semakin banyak kantor yang ramah terhadap ibu menyusui, mulai dari diperbolehkannya izin untuk memompa ASI hingga tersedianya ruang laktasi. Di tempat umum, hampir setiap bandara dan stasiun di kota besar memiliki ruang menyusui. Ini belum termasuk kantor pelayanan publik seperti  kantor catatan sipil dan pengadilan agama. 

Dengan semakin tingginya minat keluarga untuk melakukan perjalanan, baik sebagai sarana relaksasi di akhir pekan maupun saat liburan sekolah, tempat wisata dan pusat perbelanjaan berlomba menyediakan ruang menyusui sebagai fasilitas wajib. Bahkan, di sebagian mall di kota besar, ruang menyusui didesain tak ubahnya kamar bayi yang mewah dengan fasilitas lengkap. Walaupun, masih ada juga ruang menyusui yang terlihat ala kadarnya tanpa fasilitas memadai.

Sebenarnya, apa kriteria ruang menyusui yang layak?

Pemerintah sebetulnya sudah mengatur hal ini melalui Peraturan Menteri Kesehatan RI No 15 Tahun 2013 tentang Tata Cara Penyediaan Fasilitas Khusus Menyusui dan/atau Memerah ASI. Peraturan ini mencakup syarat ruang menyusui di tempat kerja dan di tempat sarana umum, yaitu:

  • merupakan ruangan khusus berukuran minimal 3x4 m²;

  • memiliki pintu yang dapat dikunci serta mudah dibuka tutup;

  • memiliki lantai keramik/semen/karpet;

  • memiliki sirkulasi udara yang baik (ada ventilasi);

  • bebas polusi dan aman;

  • jauh dari kebisingan;

  • penerangan yang memadai tapi juga tidak menyilaukan; dan

  • tersedia wastafel dengan air mengalir.

Cukup ideal, ya. Meskipun pada kenyataannya tidak semua tempat umum memenuhi syarat ruang menyusui sesuai peraturan tersebut, setidaknya ruangan tertutup dengan kursi untuk duduk, wastafel untuk cuci tangan, serta tong sampah sudah bisa menjadi syarat minimal fasilitas ruang menyusui. 

Nah, keberadaan ruang menyusui ini tentu sangat penting saat Ibu berakhir pekan atau traveling ke tempat wisata. Tidak hanya untuk menyusui, terkadang Ibu juga butuh untuk mengganti popok, memberi suasana tenang pada bayi, membuat susu formula, atau merebahkan bayi yang mungkin lelah digendong seharian. Banyak juga yang mengunggah di media sosial saat menggunakan ruang menyusui di tempat umum. Selain untuk berbagi pengalaman, ruang menyusui yang nyaman dan mewah tentu membuat foto yang dihasilkan lebih menarik.

Pusat perbelanjaan dan tempat wisata mana saja yang memiliki ruang menyusui dengan fasilitas layak? Simak daftar ruang menyusui di beberapa kota besar berikut agar Ibu bisa lebih mudah merencanakan akhir pekan atau rencana liburan yang ramah bayi.

Jabodetabek

  1. IKEA Alam Sutera

    Ritel perabot rumah tangga asal Swedia ini tak ubahnya sebuah tempat wisata bagi mereka yang berasal dari luar Jakarta. Dengan ciri khas display perabot yang diletakkan dalam berbagai tema ruangan, ruang menyusuinya pun dirancang menyerupai kamar bayi. Meskipun hanya ada 1 buah ruang menyusui, fasilitas di dalam ruang menyusui di IKEA sangat lengkap, mulai dari sofa dengan sandaran tangan, changing table, wastafel, dan diapers yang bisa kita peroleh di bagian informasi. Kekurangannya, letaknya di ujung bagian akhir rute perjalanan sehingga Ibu harus rela melewatkan sejumlah display ruangan untuk menuju ruang menyusui. Kelebihan lain, ada toilet khusus anak yang terletak sebelum ruang menyusui sehingga toilet training Ananda bisa tetap berjalan meski sedang bepergian.          

  2. AEON Mall Serpong

    Mall yang bernuansa Jepang ini memiliki satu ruang menyusui aja. Meskipun demikian, ruang menyusui di AEON Mall sangat nyaman dengan sofa panjang di area tunggu, dan 3 bilik untuk menyusui, serta 3 meja untuk mengganti popok. Bagi Ibu yang memberi susu formula atau membawa MPASI, tersedia pula dispenser dengan air panas dan microwave. Stop kontak juga ada di setiap bilik, selain sebuah sofa untuk menyusui. Ruang menyusui di AEON Mall terletak di sebelah musholla di lantai 3 dan dilengkapi dengan toilet khusus balita.  

  3. Kota Kasablanka

    Ruang menyusui di mall yang kerap disebut Kokas ini termasuk yang menjadi favorit banyak ibu. Ruangannya luas dengan 6 changing table dan wastafel, serta 3 bilik menyusui yang dilengkapi dengan stop kontak. Lupa bawa tisu? Tersedia tisu dan sabun. Tong sampah tersedia di dekat masing-masing changing table sehingga Ibu tidak perlu takut meninggalkan bayi untuk membuang bekas tisu dan diapers. Stroller pun bisa masuk dengan leluasa. Interiornya didominasi warna hijau dengan dekorasi boneka dan hiasan dinding, membuat ibu betah berlama-lama menyusui di sini.

  4. Pejaten Village

    Nampaknya, Pejaten Village merupakan mall dengan jumlah bilik menyusui terbanyak, yaitu 10. Selain itu, adanya ruang tunggu di bagian depan ruang menyusui membuat para ayah bisa bersantai di sofa sementara istrinya menyusui di dalam. Fasilitas yang ditawarkan berupa changing table, wastafel, dan toilet khusus balita.

  5. Gandaria City

    Ruang menyusui di Gandaria City ini disponsori oleh produk perawatan bayi, sehingga selalu terjaga kebersihannya. Di dalamnya terdapat sebuah sofa tunggu dan 3 bilik bertirai untuk menyusui, serta dua buah baby tafel untuk mengganti popok dengan wastafel. Asyiknya, ruang menyusui ini ada di setiap lantai sehingga Ibu tidak perlu jauh-jauh mencari ruang menyusui ketika anak sudah rewel.

  6. Cibubur Junction

    Setelah sempat memiliki ruang menyusui yang ala kadarnya, kini ruang menyusui di Cibubur Junction telah bertranformasi menjadi salah satu ruang menyusui ternyaman. Dengan desain minimalis modern, ruang menyusui ini terlihat sangat mewah. Fasilitas yang terdapat di tiap kamar adalah kursi, changing table, wastafel, stop kontak, dan tempat sampah. Ukuran tiap kamar pun tergolong luas di mana stroller bisa masuk ke dalam ruangan. 

Bandung

  1. Paris Van Java 

    Di mall ini terdapat ruang menyusui yang dulunya adalah musholla wanita. Meskipun tidak mewah, namun ruangannya cukup lega dengan kursi tanpa sandaran yang berjajar rapi menghadap pintu. Terdapat dua wastafel tanpa kaca yang dilengkapi dengan sabun. Pintu yang kurang rapat membuat Ibu harus memiliki posisi memilih kursi yang tidak terlihat oleh pengunjung ketika pintu terbuka.

  2. Riau Junction

    Ruang menyusui di Riau Junction cukup layak, dengan sebuah sofa, wastafel, sabun cair, dan tempat sampah. Tersedia pula changing table. Meskipun tidak berbentuk bilik terpisah, stroller masih cukup untuk masuk ke dalam ruangan. 

  3. Bandung Indah Plaza

    Ruang menyusui di BIP termasuk lapang, dengan dua bilik bertirai, sebuah changing table, wastafel, sabun cair, tisu, dan tong sampah. Di dalam bilik terdapat sebuah sofa bertangan sehingga ibu menyusui tidak lelah menggendong bayi.

Yogyakarta

  1. Jogja City Mall

    Salah satu mall terbesar di Yogyakarta ini memiliki ruang menyusui di setiap lantai. Bentuknya berupa private room sehingga harus digunakan bergantian dengan ibu menyusui lainnya. Fasilitasnya cukup lengkap, antara lain wastafel dengan sabun, changing table, serta sofa. Meskipun ruangannya sempit, namun stroller berukuran standar masih bisa masuk.

  2. Transmart Maguwo

    Ruang menyusui di Transmart ada dua, yaitu di area Trans Studio Mini serta di area Carrefour.  Di Trans Studio Mini, ruang menyusui tidak terlalu besar, dengan sebuah wastafel dan bangku panjang. Di area Carrefour, warna biru putih mendominasi dengan dekorasi bernuansa anak. Fasilitas yang tersedia adalah changing table dan wastafel, dua bilik bertirai dengan sofa di dalamnya. Akses menuju ruang menyusui yang harus masuk gang terlebih dahulu membuat aktivitas menyusui tidak terganggu dengan lalu lalang pengunjung saat pintu terbuka.

  3. Ambarrukmo Plaza

    Ruang menyusui di Amplaz tidak terlalu besar, namun bisa digunakan bersama ibu menyusui lain. Fasilitas di dalamnya berupa sofa, wastafel, sabun, tisu, tempat sampah, changing table. Sayangnya, jalan masuknya agak sempit sehingga stroller harus bergantian masuk. Meskipun demikian, Ibu bisa menggunakan ruang menyusui di lantai lainnya jika penuh.

Surabaya

  1. Surabaya Town Square

    Meskipun tidak seluas mall lain, Surabaya Town Square memiliki ruang laktasi berdinding kaca dengan sofa empuk yang bisa memuat 3-4 ibu menyusui sekaligus. Stroller pun bisa masuk. Fasilitas yang terdapat di dalamnya adalah wastafel, AC, dan changing table.

  2. Grand City Mall Surabaya

    Di mall ini, ruang menyusui terdapat di setiap lantai. Namun, satu ruang menyusui hanya cukup untuk satu ibu saja sehingga harus antre untuk menggunakannya. Desain ruangannya menarik dengan sponsor salah satu produk perawatan bayi. Fasilitasnya cukup lengkap, yaitu wastafel, sabun, tisu, baby tafel, dan sofa. Penasaran dengan tinggi badan anak? Ukur saja dengan poster pengukur tinggi badan yang ada di dalam ruangan. 

  3. Pakuwon Trade Center

    Ruang menyusui di PTC memiliki desain yang cantik bernuansa pink. Di dalamnya hanya terdapat changing table dan sofa menyusui di dalam 3 bilik bertirai. Sehingga, Ibu harus menyediakan tisu basah sendiri jika ingin mengganti popok bayi. 

Selain mall-mall di atas, berikut ini adalah daftar tempat wisata yang menyediakan fasilitas ruang menyusui:

Jadetabek

  • Dufan – Taman Impian Jaya Ancol, Jalan Lodan Timur No. 7, Jakarta Utara, DKI Jakarta 14430
  • Sea World - Taman Impian Jaya Ancol, Jalan Lodan Timur No. 7, Jakarta Utara

  • Taman Margasatwa Ragunan - Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

  • Museum MACAN - AKR Tower Level M, Jl. Perjuangan No.5, RT.11/RW.10, Kebon Jeruk, Jakarta Barat

  • KidZania – Pacific Placa L6 – 601 Sudirman Central Business, Jalan Jendral Sudirman No 52-53, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

  • Taman Lalu Lintas – RPTRA Kebon Pala - Jl. Kamboja, RT.10/RW.1, Kebon Pala, Kec. Makasar, Kota Jakarta Timur

  • Skyworld TMII – Skyworld Building, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur

  • Trans Snow World – Jl. Ir. H. Juanda No.180, RT.003/RW.011, Margahayu, Kec. Bekasi Timur

  • Museum Layang-Layang - Jl. H. Kamang No. 38, Pondok Labu, Jakarta Selatan

  • Waterbom Pantai Indah Kapuk - Jalan Pantai Indah Barat No. 1, Penjaringan, Jakarta Utara, 

  • Playparq - Jl. Kemang Timur Raya No.72, Bangka, Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan

Bandung

  • Centrum Million Balls – Jalan Belitung No 10, Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung

  • Trans Studio - Jl. Jenderal Gatot Subroto no. 289, Bandung 40273 

  • Cihampelas Walk - Jalan Cihampelas No.106, Cipaganti, Coblong, Kabupaten Bandung

Bogor

  • Monster Aquarium dan Cimory Forest Walk – Jalan Raya Puncak – Cianjur Km 76 No 415, Cisarua, Leuwimalang

  • Jungle Land – Jungleland Boulevard No 1, Kawasan Sentul Nirwana, Sentul City

  • Cimory Riverside - Jl. Raya Puncak Gadog No.KM, Leuwimalang, Kec. Cisarua, Bogor

  • Taman Safari Indonesia - Jalan Kapten Harun Kabir No. 724, Cibeureum, Cisarua, Bogor

Semarang

  • Saloka Theme Park - Jl. Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Tuntang

  • Lawang Sewu – Jalan Pemuda, Desa Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah

Yogyakarta

  • Gembira Loka Zoo - Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta

  • Jogja Bay Waterpark - Jl. Utara Stadion, Jenengan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Sleman 

  • Pasar Beringharjo - Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta

  • Agrowisata Jejamuran - Jl. Pendowoharjo No.RT.01, RW.20, Niron, Pandowoharjo, Sleman 

  • Candi Prambanan - Jl. Raya Solo-Yogyakarta No. 16, Kranggan, Sleman

  • Candi Borobudur – Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang

  • Museum Benteng Vredeburg - Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan

  • Taman Pintar - Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Ngupasan, Gondomanan

Malang

  • Jatim Park 1 - Jl. Dewi Sartika Atas, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314

  • Jatim Park 2 (Batu Secret Zoo) - Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu 65315

  • Jatim Park 3 (Dino Park) - Jl. Ir. Soekarno No.112, Beji, Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur 65236

Surabaya

  • Taman Flora - Jl. Bratang Binangun, Baratajaya, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60284

Ruang menyusui memang lebih mudah ditemui di mall-mall kota besar daripada di tempat wisata. Sembari menunggu pemerintah menambah jumlah ruang laktasi di tempat wisata, Ibu nampaknya harus melengkapi diri dengan apron menyusui maupun alas untuk ganti popok bayi. Semoga saja makin banyak tempat wisata yang ramah ibu menyusui ya!

(Menur / Dok.Freepik)