Kelahiran

Panduan Lengkap Perawatan Rambut Untuk Ibu Menyusui

Panduan Lengkap Perawatan Rambut Untuk Ibu Menyusui

Perawatan rambut untuk Ibu menyusui penting dilakukan demi menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Sekalipun Ibu menggunakan hijab di luar rumah, rambut tetap membutuhkan perawatan secara maksimal. Namun, perlu diingat bahwa kehamilan menyebabkan perubahan hormon estrogen dalam tubuh yang bisa mempengaruhi kondisi rambut.

Selama kehamilan, Ibu mungkin memperhatikan rambut terlihat lebih sehat dan glowing. Sebaliknya setelah melahirkan hormon kembali ke tingkat biasanya. Kondisi ini menyebabkan kadar estrogen turun. Perubahan kadar hormon ini mengembalikan kondisi rambut seperti biasanya. 

Masih bingung harus memulai perawatan rambut untuk Ibu menyusui? Tenang saja, artikel berikut ini akan memberi panduan lengkap untuk kamu.


Memahami masalah rambut pada Ibu menyusui

Dikutip dari Medical News Today, umumnya orang kehilangan sekitar 50-100 helai rambut setiap hari. Namun, penurunan hormon estrogen setelah melahirkan bisa menyebabkan kesehatan rambut menurun hingga 70%. Kadar estrogen yang menurun mengakibatkan helai rambut lebih tipis dan rentan patah serta rontok secara berlebihan.

Pada dasarnya, kondisi tersebut hanya bersifat sementara saja. Ibu bahkan tidak membutuhkan pengobatan secara medis. Pasalnya, rambut akan kembali ke kondisi sebelum hamil kurang lebih enam bulan hingga satu tahun pasca melahirkan. Dengan perawatan rambut rontok untuk Ibu menyusui secara tepat, maka kesehatan rambut bisa lebih terjaga.


Gunakan sampo yang membuat rambut lebih bervolume

Perawatan rambut untuk Ibu menyusui bisa dimulai dengan pemilihan produk volumizing shampoo. Jenis sampo ini bisa meningkatkan volume rambut pada Ibu menyusui. Tujuannya agar rambut tidak terlihat lepek.

Di samping itu, volumizing shampoo juga efektif membantu menghilangkan minyak berlebih yang menumpuk di kulit kepala. Dengan begitu, kulit rambut bisa lebih bebas bernafas, helai rambut lebih tebal, bebas lepek dan masalah kerontokan bisa diatasi.


Jangan lupakan penggunaan conditioner!

Pastikan tidak melewatkan produk perawatan rambut rontok untuk Ibu menyusui yang satu ini. Pasalnya, penggunaan conditioner rambut sama pentingnya dengan sampo. Direkomendasikan untuk memilih jenis volumizing conditioner jika Ibu mengalami masalah rambut rontok pasca melahirkan. 

Oleskan conditioner ke bagian ujung hingga sepertiga bagian rambut setelah keramas saat rambut masih basah. Ingat, penggunaan conditioner di seluruh rambut bisa membebani rambut dan memicu kerontokan. Kemudian, diamkan conditioner selama 1-2 menit agar nutrisinya terserap sempurna. Bilas rambut hingga bersih dan tidak terasa licin saat disentuh.


Keringkan rambut dengan cara tepat

Ibu mungkin tidak merasa nyaman beraktivitas jika rambut berada dalam keadaan basah. Namun, bukan berarti Ibu bisa mengeringkan rambut dengan sembarangan. Demi memaksimalkan perawatan rambut untuk Ibu menyusui, hindari pemakaian pengering rambut atau hairdryer. Alat ini mungkin mempercepat rambut kering, namun suhu panasnya justru bisa memicu kerontokan rambut yang lebih parah.

Saat mengeringkan rambut, sebaiknya tidak menggosok rambut dengan handuk. Perlu diketahui, gerakan menggosok rambut berlebihan akan merusak kutikula rambut. Jika dilakukan secara terus menerus, maka rambut lebih rapuh dan rentan mengalami kerontokan. Sebaliknya, disarankan untuk mengeringkan rambut dengan menepuk helai rambut dengan permukaan handuk yang lembut.


Aplikasikan hair tonic setiap habis keramas

Sejak diperkenalkan pada tahun 1920 silam, produk perawatan rambut bernama hair tonic ini bisa diandalkan untuk mengatasi rambut rontok pada Ibu menyusui. Kandungan vitamin E, vitamin B2, ekstrak zinc, ginseng, urang-aring, dan aloe vera dalam hair tonic efektif memperbaiki jaringan rambut, memperkuat akar rambut, dan membuat rambut lebih sehat berkilau.

Produk perawatan rambut untuk Ibu menyusui ini bisa digunakan setelah keramas dan rambut masih setengah basah. Berbeda dari conditioner yang digunakan pada ujung rambut, hair tonic justru diaplikasikan pada kulit kepala. Gunakan hair tonic setiap habis keramas untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.


Hindari styling rambut sementara waktu

Penurunan kadar hormon estrogen pada Ibu menyusui bisa mengakibatkan helai rambut lebih tipis dan rentan mengalami kerontokan. Pada kondisi ini, penggunaan hair styling seperti hair dryer maupun catokan rambut sebaiknya dihindari. Pasalnya, paparan panas dari alat styling rambut tersebut bisa membuat keratin rambut semakin menipis dan mudah rontok.

Hair dryer dan alat catokan diketahui memiliki suhu panas di atas 148 derajat Celcius. Suhu panas ini bisa menjadikan rambut lebih mudah kehilangan elastisitasnya. Jadi, selama menyusui sebaiknya Ibu menunda dulu keinginan untuk melakukan hair styling.


Konsumsi makanan bergizi tinggi

Perawatan rambut untuk Ibu menyusui juga perlu dilakukan dari dalam tubuh. Artinya, Ibu harus mengonsumsi makanan bergizi tinggi untuk menjaga kesehatan rambut. Beberapa makanan yang dianjurkan untuk mengatasi rambut rontok antara lain:

1. Bayam

Sumber makanan yang kaya akan zat besi ini dipercaya bisa menjaga kekuatan akar rambut. Lebih dari itu, vitamin A, vitamin C dan folat dalam bayam juga membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain bayam, sayuran hijau lainnya seperti brokoli pun bisa dikonsumsi secara rutin untuk mengatasi rambut rontok.

2. Telur ayam

Di samping melakukan perawatan rambut untuk Ibu menyusui dari luar tubuh, cobalah menambahkan telur ayam pada menu makan Ibu. Telur ayam mengandung protein dalam jumlah tinggi yang bisa mempercepat proses pertumbuhan rambut. Kandungan senyawa biotin dalam telur juga mendukung proses terbentuknya keratin yang menjaga kekuatan rambut.

3. Alpukat

Tak hanya memiliki rasa yang lezat, buah alpukat juga kaya manfaat. Alpukat bahkan merupakan sumber makanan yang mengandung asam lemak esensial dan vitamin E. Kedua kandungan ini efektif membantu melawan paparan radikal bebas, sehingga setiap helai rambut lebih terjaga kesehatannya.


Panduan perawatan rambut untuk Ibu menyusui yang sudah dijelaskan tadi cukup mudah dilakukan, bukan? Ibu bahkan bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa perlu jauh-jauh ke salon. Selamat mencoba dan semoga berhasil mengatasi rambut rontok, ya!


Editor: Atalya