Keluarga

11 Tips Menyetrika Cepat, Bisa Hemat Waktu Dan Tenaga, Lho!

11 Tips Menyetrika Cepat, Bisa Hemat Waktu Dan Tenaga, Lho!

Pekerjaan rumah tangga memang tidak ada habisnya, apalagi bagian menyetrika baju yang seringnya menghabiskan banyak waktu. Menyetrika baju harus rapi dan licin karena bila tidak, baju akan tampak lusuh sehingga mempengaruhi orang yang mengenakannya.

Namun sayangnya, tak banyak Ibu yang suka dengan kegiatan rumah tangga yang satu ini. Selain menghabiskan banyak waktu, menyetrika ternyata juga membuat badan basah kuyup karena kalori yang terbakar pun cukup banyak.

Bagaimana ya tips menyetrika cepat ,agar hemat waktu dan tenaga namun hasilnya tetap rapi? Yuk simak sama-sama tips menyetrika cepat berikut ini.

Tips menyetrika cepat agar waktu lebih hemat


Tips mudah menyetrika memang banyak bertebaran di internet, namun tak semua bisa menjalankannya dengan baik. Nah, berikut ini Ibumin punya tips menyetrika cepat yang sudah terbukti licin dan hemat waktu:

1. Lipat sebelum disetrika

Tips menyetrika cepat yang pertama adalah, lipat dulu semua baju setelah diambil dari jemuran supaya tidak terlanjur kusut. Membiarkan baju menumpuk begitu saja terlalu lama pada ruangan, akan membuat baju semakin lecek sehingga susah untuk disetrika.

Tips menyetrika baju ini sangat mudah dilakukan, selain itu ruangan tempat menyimpan baju menjadi lebih bersih dan tidak berantakan.

2. Gunakan alumunium foil sebagai alas

Sudah pernahkah Ibu menggunakan alumunium foil sebagai alas setrika? Ternyata, tips menyetrika cepat dengan alumunium foil sangat membantu lho. Ini dikarenakan alumunium foil dapat membantu menghantarkan panas selama proses setrika baju.

Ibu bisa menaruh alumunium foil ini pada meja setrika, kemudian taruh baju di atasnya dan mulailah setrika seperti biasa. Teknik ini akan membuat baju lebih licin pada bagian depan dan juga belakang, jadi lebih hemat waktu kan?

3. Tunggu setrika sampai benar-benar panas

Suhu pada setrika biasanya disesuaikan dengan jenis kain pada baju yang akan di setrika. Jadi sebelum mulai menyetrika, Ibu bisa atur dulu suhu setrikaannya, pastikan panasnya sesuai dengan jenis baju sehingga proses setrikanya menjadi lancar.

Tips menyetrika cepat ini cukup efektif, namun hati-hati karena beberapa baju tak tahan suhu terlalu panas, dikhawatirkan justru akan merusak kualitas bahan bajunya.

4. Pisahkan baju sesuai bahannya

Nah ini mungkin sedikit memakan waktu, tapi tips menyetrika cepat ini patut dicoba. Luangkan waktu sejenak untuk memilah dan menyatuka bahan baju yang sama, agar lebih mudah disetrika.

Baju berbahan katun jangan disatukan dengan bahan sutra, karena keduanya harus disetrika dengan suhu yang berbeda.

5. Tumpuk baju sejenis

Setelah dipisahkan, baju dengan bahan sejenis bisa ditumpuk (tanpa dilipat). Kemudian Ibu bisa mulai menyetrika baju tersebut dari yang paling atas. Biasanya baju bagian bawahnya jadi lebih mudah dan lebih licin saat akan disetrika.

Tips menyetrika cepat pada bagian ini, harus dipastikan baju yang ditumpuk tidak terlalu banyak dan disesuaikan dengan kapasitas meja setrikanya ya.

6. Coba lakukan di kamar tidur

Melansir dari laman Kelly’s Dry Cleaner, tips menyetrika cepat berikutnya cukup unik, yaitu menyetrika baju di kamar tidur. Apa bedanya dengan ruangan lainnya? Ketika Ibu menyetrika di kamar tidur, maka Ibu akan lebih fokus mengerjakannya.

Selain itu, proses memilih dan memilah baju akan lebih leluasa daripada di ruangan lain yang mungkin lebih banyak barang. Tips mudah menyetrika ini tampak sepele namun cukup efisien, lho!

7. Periksa bagian dasar setrika

Pelat dasar setrika bagian keramik atau logam kerap kali sudah mengelupas dan hampir rusak. Inilah yang membuat tips mudah menyetrika baju dengan cepat sulit diwujudkan.

Setrika yang dasarnya sudah rusak tak mampu secara penuh menghantarkan panas, oleh karenanya Ibu harus rutin memeriksa kualitas setrika Ibu ya. Perlukah untuk segera diganti?

8. Periksa urutan menyetrika dengan benar

Tips menyetrika baju berikut ini mungkin sering diabaikan, yaitu asal setrika tanpa melihat jenis bahannya. Melansir dari laman Which, memilih baju dengan bahan paling berat untuk disetrika lebih dulu nyatanya bisa mempercepat proses menyetrika ini, lho.

Mengatur keranjang pakaian kering yang akan Ibu setrika bisa menghemat waktu dan tenaga. Meski di awal harus bebenah lebih dulu, namun Ibu bisa lebih mudah pada kegiatan berikutnya.

9. Menggunakan karton supaya licin

Melansir dari laman The Happy House Cleaning, tips menyetrika cepat ini cukup mudah dilakukan dan menggunakan bahan yang mudah didapat. Gunakan karton dengan ukuran cukup besar atau seukuran baju, kemudian letakkan disela-sela baju bagian depan dan belakang, lalu mulailah menyetrika seperti biasa.

Hal ini bertujuan agar ketika satu sisi baju disetrika, sisi lain tidak mengalami kerutan yang menyebabkan Ibu harus kembali mengulanginya.

10. Perhatikan gerakan saat menyetrika

Tips menyetrika cepat ini cukup penting dilakukan, yaitu memilih gerakan setrika yang tepat agar hasil setrika langsung licin dan tidak perlu mengulangnya lagi. Hindari gerakan setrika memutar karena berpotensi meregangkan serat kain.

Tekanlah setrika kemudia lakukan gerakan memanjang dari ujung ke ujung, agar kondisi kain tetap terjaga dengan baik. Kerutan membandel juga bisa hilang, caranya dengan menggunakan setrika uap yang diisi air.

Air yang dimasukkan ke dalam tangki setrika juga tak bisa sembarangan. Sebaiknya isi air tangki setrika dengan air matang atau air suling, dan hindari pemakaian air kran yang mungkin membawa partikel kotoran kecil yang dapat tersumbat pada serat kain.

11. Perhatikan kembali teknik menjemur baju yang tepat

Tips menyetrika baju berikutnya harus memperhatikan teknik menjemur baju yang benar. Hindari menjemur baju langsung di bawah sinar matahari, karena hal ini akan membuat baju menjadi sangat kering hingga hampir renyah seperti kerupuk.

Biarkan baju kering alami tanpa harus dijemur di bawah sinar matahari secara langsung. Ibu bisa meletakkan jemuran di luar rumah, atau di tempat terbuka yang masih ada pelindung atapnya.

Ini adalah salah satu tips mudah menyetrika yang bisa Ibu lakukan di rumah agar lebih menghemat waktu dan juga tenaga. Silahkan dicoba ya!

Editor: Aprilia