Keluarga

12 Rekomendasi Kado Pernikahan Unik dan Bermanfaat

12 Rekomendasi Kado Pernikahan Unik dan Bermanfaat

Peralatan memasak dan bed cover set, menjadi dua barang yang paling sering dijadikan rekomendasi kado pernikahan

Apakah Ibu juga berpendapat sama? Tenang saja, setelah membaca artikel ini Ibu bisa menemukan banyak rekomendasi kado pernikahan lainnya. 

Jadi, Ibu tidak lagi memberikan hadiah itu-itu saja untuk sahabat serta kerabat yang melangsungkan pernikahan. 

Dijamin unik dan bermanfaat, inilah 12 rekomendasi kado pernikahan yang bisa Ibu pilih:

1. Essential Oil Diffuser

Rekomendasi kado pernikahan yang lagi naik daun, yaitu essential oil diffuser. Peralatan ini tidak hanya mempercantik desain interior rumah, tetapi juga bermanfaat untuk memberi efek relaksasi. 

Lebih dari itu, dilansir dari Mayoclinic, essential oil diffuser disebut-sebut mampu membantu pasangan pengantin tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Ibu bisa memberikan essential oil Jasmine, Lavender, dan Myrrh untuk pengantin baru.

2. Piyama / baju tidur

Pengantin baru identik dengan aktivitas di atas ranjang, bukan? Ibu bisa memberikan baju tidur dengan bahan katun yang mampu menyerap keringat dengan baik. Selain itu, piyama atau baju tidur berbahan sutra juga bisa menjadi pilihan tepat karena memberi kesan mewah saat dipakai. 

Rekomendasi kado pernikahan ini terbilang cukup unik. Pasalnya, jarang sekali tamu undangan yang akan memberikannya kepada pasangan pengantin baru.

3. Bathrobe dan perlengkapan mandi

Selain piyama, Ibu bisa memilih bathrobe dan perlengkapan mandi sebagai rekomendasi kado pernikahan yang unik dan bermanfaat. Pesan bathrobe yang dilengkapi dengan bordiran nama pasangan pengantin. Lengkapi juga dengan perlengkapan mandi lainnya, seperti sabun, body scrub, dan sampo.

4. Coffee maker

Mesin pembuat kopi atau populer dengan nama coffee maker menjadi rekomendasi kado pernikahan yang ditunggu-tunggu, terutama bagi pasangan pengantin yang hobi meracik kopi. 

Peralatan elektronik yang satu ini juga akan menjadi pelengkap isi dapur di rumah baru yang akan mereka tempati. Ada baiknya jika Ibu terlebih dulu mencari informasi terkait jenis coffee maker terbaik agar tidak salah pilih.

5. Jam tangan couple

Agar pasangan pengantin selalu mengingat pemberian Ibu, jam tangan couple adalah rekomendasi kado pernikahan yang tepat. Pilih jam tangan couple dengan desain sesuai karakter pengantin baru. 

Terlepas dari model analog atau digital, saat ini jam tangan couple memiliki tali atau strap yang beragam. Jadi, Ibu bisa memilih jam tangan couple terbaik untuk kado pernikahan.

6. Tanaman hias

Di tengah pandemi Covid-19, ternyata tanaman hias menjadi salah satu benda yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia. Beberapa waktu lalu bahkan ada tanaman-tanaman hias yang laku keras dipasaran dan bahkan dijual dengan harga tinggi. 

Ibu bisa memberikan tanaman hias berupa bunga anggrek, tanaman kaktus, maupun monstera sebagai kado pernikahan.

7. Parfum

Bagaimana jika memberikan parfum sebagai kado pernikahan? Tentu saja boleh! Parfum bisa menjadi rekomendasi kado pernikahan yang bermanfaat untuk pasangan pengantin baru. Ibu bisa memilih parfum Chanel No. 5 yang didominasi aroma bunga lili, mawar, dan jasmine sehingga memberi kesan romantis.

8. Lampu tidur

Rekomendasi kado pernikahan berupa lampu tidur juga jarang terpikirkan. Padahal benda ini sangat bermanfaat terutama untuk pasangan pengantin yang akan menempati rumah baru mereka. Ibu bisa memilih lampu tidur dengan desain minimalis dan bewarna netral agar cocok ditempatkan pada interior jenis apapun.

9. Buku tentang pernikahan

Tak banyak orang yang memilih buku sebagai kado pernikahan. Padahal buku bisa menjadi kado istimewa bagi pasangan pengantin. Pilih buku-buku tentang pernikahan, seperti The Art of Loving karya Erich Fromm atau Marriage Meeting for Lastings Love yang ditulis oleh Marcia Naomi Berger. 

Kedua buku ini membicarakan tentang bagaimana seharusnya pasangan suami-istri menjalani pernikahan yang bahagia, terlepas dari lika-liku yang harus dihadapi bersama. Menarik, bukan?

10. Lukisan pengantin

Mendapat undangan dari pasangan pengantin yang menyukai karya seni sering membuat Ibu semakin sulit menentukan kado terbaik. Tenang saja, kali ini Ibu bisa memberikan lukisan pengantin sebagai kado pernikahan untuk mereka. 

Lukisan pengantin ini nantinya bisa menjadi pelengkap pajangan dinding di rumah atau kamar tidur pengantin baru. Lukisan pengantin dalam bentuk karikatur juga akan memberi kesan unik dan antimainstream lho!

11. Perhiasan

Ibu punya budget lebih? Atau undangan pernikahan datang dari sahabat terdekat? Rekomendasi kado pernikahan yang bisa diberikan, yaitu perhiasan. Pilih salah satu dari anting, cincin, atau gelang emas. 

Ibu juga bisa memberikan emas murni dengan ukuran sesuai budget yang dimiliki. Menariknya, rekomendasi kado pernikahan yang satu ini juga punya nilai investasi.

12. Voucher belanja

Voucher belanja menjadi rekomendasi kado pernikahan terakhir yang bisa Ibu berikan untuk pasangan pengantin baru. Kado ini bisa menjadi alternatif terbaik ketika Ibu tidak tahu barang apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pengantin. 

Dengan memberikan voucher belanja, berarti pasangan tersebut bisa membelanjakannya sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Mencari rekomendasi kado pernikahan memang bukan hal yang mudah. Ibu mungkin akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menemukan kado terbaik yang berkesan. 

Beberapa kado pernikahan yang telah disebutkan tadi bisa menjadi pilihan tepat saat Ibu menerima undangan pernikahan dari kerabat maupun sahabat. Kira-kira benda apa yang akan Ibu pilih sebagai kado pernikahan?

Editor: Dwi Ratih