Keluarga

14 Menu Makanan Pencegah Keriput Untuk Kulit Tampak Lebih Muda

14 Menu Makanan Pencegah Keriput Untuk Kulit Tampak Lebih Muda

Tak hanya skincare, ada berbagai jenis makanan pencegah keriput yang bisa diandalkan untuk menutrisi kulit dari dalam. Apalagi cara mencegah keriput nggak hanya perlu dilakukan dari perawatan luar saja.

Sehingga, asupan dari dalam dan luar, adalah kombinasi yang pas untuk menjauhkan keriput dan membuat kulit tampak lebih muda. Mengingat kerutan merupakan kondisi perubahan pada kulit yang cukup mengganggu penampilan.

Terlebih, berbeda dengan jerawat dan flek hitam, keriput bukanlah kondisi pada kulit wajah yang bisa ditutupi kehadirannya menggunakan skincare. Untuk itu, yuk simak berbagai macam makanan pencegah keriput yang bisa Ibu coba.

Mengapa kulit bisa keriput?


Kulit manusia memiliki kandungan kolagen. Seiring berjalannya waktu, kolagen bisa berkurang dan kulit mulai menampakkan tanda penuaan seperti kendur, keriput, muncul flek dan garis halus di wajah.

Produksi kolagen alami yang menurun, bukanlah sebuah kesalahan. Ini merupakan hal wajar yang terjadi pada setiap manusia. Kolagen bisa ditambah dengan asupan tambahan dari luar tubuh, berupa suplemen atau kolagen alami dari bahan makanan.

Selain kolagen ada beberapa hal lain yang menyebabkan kulit keriput, yaitu:

1. Paparan sinar matahari

Selain kolagen dan minyak alami di lapisan kulit yang berkurang secara alami, paparan sinar ultraviolet matahari juga memengaruhi munculnya keriput. Dilansir dari Mayo Clinic paparan radiasi sinar ultraviolet, membuat jaringan tisu di kulit mudah pecah. 

Jaringan ini terdiri dari kolagen dan serat elastis. Keduanya rusak dan kulit kehilangan kekuatannya. Inilah yang kemudian menyebabkan keriput muncul di kulit.

2. Ekspresi wajah

Yup! Ibu nggak salah baca, kok. Ekspresi wajah yang secara alami kita lakukan setiap hari, membuat kita semakin rentan mengalami penuaan dini dan muncul keriput di kulit.

Karena semakin tua nantinya kulit akan kehilangan elastisitasnya, maka ekspresi wajah yang menggerakkan otot di kulit membuat kulit tidak kembali ke tempatnya semula. Inilah yang membuat keriput semakin jelas terlihat.

3. Merokok

Kebiasaan merokok selain tidak baik untuk organ dalam, juga memengaruhi kesehatan kulit dan menimbulkan kerut. Kandungan rokok merusak kandungan kolagen, dan mengikisnya lebih cepet dari cara alaminya.

Selain penggunaan proteksi kulit dari sinar matahari, alangkah baiknya Ibu mengonsumsi makanan pencegah keriput yang bekerja memperbaiki tekstur kulit, menyuplai kolagen dan mengandung anti oksidan tinggi. Makanan dengan kandungan seperti ini biasanya berjenis buah, sayuran, lemak baik serta protein.

Makanan cegah keriput

1. Delima


Dikenal sebagai buah yang tinggi antioksidan, delima menjadi buah yang paling banyak digemari untuk mencegah penuaan dini dan kerutan. Kandungan vitamin C nya yang lebih tinggi dari jeruk, membuat delima menjadi pelindung kulit dari kerusakan, mendukung produksi kolagen dan membuat kulit lebih kenyal.

2. Alpukat

Melansir dari laman Healthline, alpukat mengandung lemak baik yang berfungsi melawan peradangan. Tingginya vitamin A dalam alpukat, juga membantu membuang sel kulit mati. Sedangkan karoten dalam makanan pencegah keriput ini, melindungi kulit dari paparan sinar UV dan potensi kanker kulit.

3. Brokoli


Sayuran hijau yang satu ini merupakan makanan cegah keriput paket lengkap. Tak hanya folat dan vitamin C, brokoli juga mengandung kalsium yang dibutuhkan tubuh untuk lebih sehat.

Vitamin C dalam brokoli juga cukup tinggi, lho! Seperempat bagian dari 1 bonggol brokoli besar mencukupi 100 gram vitamin C. Ini akan mendukung produksi kolagen sehingga kulit jadi bebas keriput.

4. Bayam

Bayam juga tak kalah sakti. Bayam mampu menghidrasi dan mengandung antioksidan tinggi. Vitamin K di dalamnya, mengurangi peradangan di sel dan vitamin C nya mendukung produksi kolagen.

5. Kacang-kacangan


Makanan pencegah keriput berikutnya adalah, kacang-kacangan seperti almond, walnut, kedelai dan lentil. Kacang-kacangan ini mengandung folat, zat besi, magnesium dan selenium. Kandungan ini membantu mencegah penuaan dini dan menambah elastisitas kulit.

6. Biji-bijian 

Jenis biji-bijian sehat rupanya selain menyehatkan pencernaan juga baik untuk mencegah keriput. Biji wijen hitam mengandung lemak esensial, asam amino, potassium, asam oleik dan serat yang mendukung kesehatan kulit.

Biji labu juga menakjubkan. Kaya akan zink, vitamin E, sulfur dan Omega-3, yang melembabkan, memperbaiki, dan menghidrasi kulit. Ditambah lagi kandungan-kandungan ini baik untuk menyamarkan bekas jerawat.

7. Tomat


Melansir dari laman Byrdie tomat mengandung SPF alami. Tomat memiliki kandungan likopen, yang berfungsi menangkal radiasi sinar UVA dan UVB.

Meski di sisi lain, Ibu tetap disarankan untuk menggunakan sunscreen sebagai bentuk perlindungan maksimal, ya. Yuk, masukkan tomat dalam menu makanan pencegah keriput!

8. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung vitamin E dan polifenol. Vitamin E baik untuk mencegah rusaknya kolagen di kulit sehingga mencegah keriput. Polifenol bekerja bersama sunscreen, untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Nggak heran minyak zaitun masuk sebagai makanan pencegah keriput.

9. Omega-3 

Makanan pencegah keriput yang kaya Omega-3 ada pada ikan salmon, mackerel, tuna, halibut, tahu, kacang kedelai, dan biji rami (flaxseed). Makanan dengan Omega-3 menahan respon tubuh terhadap iritasi, dan menarik air ke sel kulit untuk melembabkan kulit dan mengurangi keriput.

10. Telur

Telur merupakan sumber protein murah dan mudah didapat, yang baik untuk menguatkan rambut serta mengencangkan kulit. Imbangi dengan konsumsi cukup air putih, kulit jadi tampak terhidrasi dan sehat.

11. Aneka buah beri 

Buah beri seperti blueberry dan redberry, memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Buah ini baik untuk mencegah peradangan dan mencegah hilangnya kolagen.

Makanan pencegah keriput ini, enak dikonsumsi langsung atau disajikan berupa smoothies dan pendamping yogurt.

12. Pepaya

Selain baik untuk pencernaan, papaya merupakan makanan pencegah keriput yang baik dikonsumsi setiap hari. Kandungan fosfor, vitamin A, C, K, E, dan B, kalsium, serta mineral lain yang mampu mengurangi garis halus. Enzim papain di dalamnya baik untuk mncegah peradangan dan menghilangkan kulit mati.

13. Ubi


Disebutkan dalam laman Genesis, bahwa penelitian yang dilakukan di Universitas Nottingham menemukan, ubi bereaksi alami memberikan perlindungan melalui kandungan beta karoten.

Di mana zat ini bermanfaat melindungi lapisan barrier kulit dari sinar matahari. Banyak mengonsumsi ubi, memberikan perlindungan ekstra pada kulit dari penuaan. Inilah mengapa ubi jadi pilihan sehat makanan pencegah keriput.

14. Greek Yoghurt

Makanan pencegah keriput berikutnya adalah Greek Yoghurt, yang bertekstur lebih kental dari yogurt pada umumnya. Makanan ini mencegah peradangan pada kulit, sehingga meminimalisir munculnya jerawat dan eksim.

Selain itu Greek Yoghurt juga mengandung protein yang mendukung produksi kolagen. Pencernaan juga mendapatkan bakteri baik atau probiotik, sehingga kulit pun ikut sehat. Dari semua jenis makanan ini, manakah yang paling sering Ibu konsumsi guna mencegah keriput?

Editor: Aprilia