Keluarga

8 Resep Rahasia Awet Muda Ala Tyo Nugros, Glowing Di Usia 52 Tahun!

8 Resep Rahasia Awet Muda Ala Tyo Nugros, Glowing Di Usia 52 Tahun!

Setelah konser grup band Dewa 19 di 2023 ini, nama Tyo Nugros menjadi sorotan karena rahasia awet mudanya. Bagaimana tidak? Tyo yang beberapa kali tersorot kamera di layar besar saat konser berlangsung, tampak tidak menua dalam beberapa tahun terakhir.

Bila tidak menyebutkan usia, kemungkinan orang masih menganggapnya berusia 30 tahun-an, lho! Padahal kenyataannya usianya sudah 52 tahun. Wow, kok bisa ya?

Disebut-sebut Tyo memiliki rahasia awet muda yang sederhana. Tyo memiliki gaya hidup sehat yang menjadikannya terlihat muda di usianya. Apa saja rahasia awet muda Tyo Nugros?

Rahasia awet muda ala Tyo Nugros

Photo source: @realnugros

1. Mengurangi konsumsi sodium

Dalam video yang diupload di Youtube Channel Andra Ramadhan, personil Dewa 19 termasuk Tyo sedang menikmati nasi goreng setelah latihan bersama. Pada kesempatan tersebut Tyo menyampaikan bahwa nasi goreng miliknya tidak mengandung garam dan MSG.

Tyo mengaku terbiasa dengan rasa makanan minim kedua bahan ini, karena sebenarnya bahan makanan sendiri sudah memiliki kandungan sodium dan natrium. Jumlah yang diasup tubuh sebaiknya tidak berlebihan dan disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

Mengklarifikasi tentang video tersebut, Tyo menjelaskan kembali dalam wawancaranya dengan Najwa Shihab bahwa di siang harinya sebelum ia makan nasi goreng saat itu, Tyo sudah mengonsumsi asupan sodium. Bukan tidak mengonsumsi sama sekali.

2. Tidak konsumsi MSG

Tyo juga menghindari konsumsi MSG atau penguat rasa, lho! Ia menyebut bahwa rasa makanan tidak luar biasa pun tidak masalah. Asalkan asupan untuk tubuh dari bagian leher ke bawah tepat dan sehat.

Sebenarnya, konsumsi MSG masih terbilang aman, hanya saja Medical News Today menyebutkan bahwa batasan konsumsi MSG hanya disarankan maksimal 3 gram sehari. Bila ingin menghindari MSG seperti Tyo Nugros pun tidak masalah. Karena pada bahan makanan alami sudah mengandung glutamic acid, bentuk lain dari monosodium glutamate (MSG).

3. Mengonsumsi telur bagian putih saja


Dalam wawancaranya dengan Najwa Shihab, Tyo juga menyebutkan bahwa ia memilih untuk makan putih telur saja tanpa bagian kuningnya. Rupanya, kuning telur merupakan sumber pangan alami yang tinggi lemak dan kolesterol.

Sebanyak 4.5 mg lemak dan 185 mg kolesterol terkandung dalam kuning telur. Namun karena kuning telur juga memiliki manfaat kebaikan untuk tubuh, maka jumlah konsumsinya perlu dibatasi. Apalagi untuk orang dewasa yang usianya sudah lebih dari 30 tahun.

Nggak heran, kalau Tyo memilih untuk membatasi asupan kuning telur, ya.

4. Mengonsumsi sedikit minyak


Tyo Nugros juga menyebutkan ia hanya mengonsumsi sedikit minyak dalam olahan makanannya. Ini juga diperkuat dengan cerita anggota grup Dewa 19 lainnya, yang juga mengungkapkan pengalaman di tahun 2000 ketika Tyo ingin makan ayam goreng krispi.

Tyo saat itu bahkan melepaskan bagian kulit dan tepungnya, kemudian memeras ayam goreng tersebut untuk mengeluarkan minyak berlebihnya. Terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak tidak baik untuk kesehatan.

Lemak dari minyak jenuh pada gorengan akan menyumbat pembuluh darah dan memperburuk kondisi organ vital. Tak hanya itu, makanan tidak sehat ini akan memengaruhi kondisi kulit. Ini rupanya salah satu rahasia awet muda Tyo.

5. Menghindari banyak lemak


Kulit ayam salah satu makanan yang dihindari Tyo Nugros sebagai rahasi awet muda. Ternyata ini bukan tanpa alasan, lho. Melansir dari Giziklopedia dari Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, kulit ayam memiliki komposisi 82% lemak.

Untuk berat 100 gram kulit ayam yang belum diolah, kalorinya sekitar 363 kkal. Kadar kolesterol dalam kulit ayam belum diolah ini sebesar 63 mg. Bila kulit ayam diolah apalagi dengan sistem memasak yang melibatkan lemak jenuh, maka kadar kolesterol dan kalorinya juga bertambah.

6. Menghindari mie instan


Rahasia awet muda Tyo berikutnya adalah mie instan. Mie instan banyak digemari masyarakat. Sedangkan Tyo Nugros terakhir kali makan mie instan sekitar 3 tahun lalu. 

Tyo juga menyebutkan bahwa, mie instan memiliki kandungan natrium 1.500 mg lebih. Di mana tubuh manusia sebenarnya tidak membutuhkan itu.

Ketika tubuh mendapatkan asupan yang tidak perlu, maka zat tersebut akan dibuang. Bila kandungannya berlebih tentu akan memberatkan kerja ginjal. Wah, efeknya jadi ke mana-mana, ya.

7. Minum air distilasi


Tyo Nugros mengonsumsi air distilasi yang membantu mengeluarkan air di bawah kulit menjadi keringat. Air di bawah kulit diikat oleh sodium sehingga menyebabkan kulit bergelambir dan tidak kencang.

Sedangkan ketika air distilasi berhasil membantu mengeluarkan kelebihan air di bawah kulit, kulit akan lebih kencang dan tampak berserat. Tandanya adalah dari kulit yang sulit dicubit.

Melansir dari WebMD, air distilasi sendiri merupakan air murni yang tidak mengandung mineral lain selain hidrogen dan oksigen. Mineral lain, garam dan material organik lain juga ditiadakan dalam air distilasi ini.

Meski begitu, beberapa kandungan mineral dalam air mineral tetap dibutuhkan tubuh, lho! Misalnya saja, seperti kalsium, magnesium serta sodium.

8. Olahraga

Tyo Nugros juga rutin berolahraga. Olahraga bantu memperlancar alirah darah dan meregulasi sel. Siapa yang menyangka, bahwa drumming yang selama ini Tyo lakukan juga bagian dari olahraga yang menjadi rahasia awet mudanya.

Melansir dari postingan instagram Tyo di @realnugros, drumming memberikan manfaat seperti:

  • Melancarkan sirkulasi darah
  • Pereda nyeri
  • Meningkatkan imun
  • Menstabilkan tekanan darah
  • Meningkatkan kemampuan motorik
  • Meredakan sakit kronis
  • Membakar kalori
  • Menenangkan syaraf
  • Mendukung kesehatan kardiovaskular
  • Minim risiko stress
  • Meredakan kecemasan
  • Meningkatkan energi, konsentrasi, daya ingat, dan fungsi otak, serta
  • Bermanfaat bagi kesehatan mental

Nggak heran kalau ini juga jadi rahasia awet muda Tyo Nugros, ya.

Tips yang bisa kita ikuti supaya awet muda


Tyo Nugros mengatakan kalau dirinya yang tampak awet muda ini merupakan hasil dari pola dan kebiasaan yang bertahun-tahun ia lakukan. Nah, kamu pun bisa mengikuti rahasia awet muda alami ala Tyo Nugros ini, lho. Coba tips berikut ini:

  • Mengatur pola makan: Diet berarti bukan tidak makan sama sekali, tapi mengatur pola makan. Stick to the rules makan sehat selama Senin-Sabtu, lalu berikan hari bebas makan 1 hari, misal di hari Minggu. Tapi batasi sampai siang saja, ya. Tentukan makanan apa yang ingin dimakan, misal soda, mie instan, atau makanan bertepung. Lalu beri jeda seminggu bahkan sebulan untuk kembali makan makanan tersebut.
  • Kurangi garam dan MSG: Menerapkan batasan asupan garam dan MSG akan membantu tubuh lebih sehat dan meringankan kerja organ. Kulit juga akan mengikuti.
  • Rutin berolahraga: Olahraga tentu jadi bantuan untuk mendukung pola hidup sehat. Rahasia awet muda Tyo Nugros sendiri karena mengikuti prinsip 70% dari dapur dan 30% dari olahraga.
  • Eat your skincare: untuk jadi awet muda tentu asupannya harus tepat. Makan makanan yang tepat untuk tubuh akan mendukung kesehatan kulit. Jauhi lemak jenuh dan ganti dengan lemak sehat. Pastikan bahan makanan bernutrisi dan seimbang tiap porsinya.

Kamu punya tips apalagi sebagai rahasia awet muda ala Tyo Nugros ini?

Editor: Aprilia