Keluarga

4 Cara Merawat Kompor Gas agar Irit Bahan Bakar

4 Cara Merawat Kompor Gas agar Irit Bahan Bakar

Bagaimanakah cara merawat kompor gas agar kompor bersih dan tetap awet?

Kompor merupakan salah satu perlengkapan utama rumah tangga. Ada dua jenis kompor, yakni kompor gas dan kompor listrik. Kompor gas termasuk yang paling populer penggunaannya di Indonesia karena harganya lebih murah daripada kompor listrik. Selain itu, semua material peralatan masak bisa digunakan di kompor gas.

Namun, dalam memasak, terkadang ada percikan minyak, air, dan kotoran lainnya yang hinggap di kompor gas. Kotoran yang hinggap di kompor gas dapat menyebabkan jamur dan karat. Karena itu, Ibu harus membersihkan kompor secara rutin dan jangan ditunda-tunda. Kompor yang lama tidak dibersihkan dapat menyebabkan kerusakan pada kompor dan mengurangi kualitas api.

Sebelum membersihkan kompor gas, Ibu harus memperhatikan hal-hal ini saat perawatan kompor gas.:

  • Lepaskan ring kompor gas terlebih dahulu;
  • Hindari membersihkan tungku dengan air. Gunakan krim pembersih dapur khusus yang dioleskan pada bagian tungku kompor gas. Sikat dan lap dengan kain;
  • Gunakan cairan pembersih khusus kompor gas yang disemprotkan kemudian di lap dengan kain; dan
  • Tutup regulator pada tabung gas dan lepaskan selang gas pada kompor sebelum membersihkan.

Berikut tips merawat kompor gas agar kompor gas Ibu tetap awet dan bersih:

1. Bersihkan tungku dengan cairan khusus

4-cara-merawat-kompor-gas-agar-irit-bahan-bakar-1

Tips merawat kompor gas yang pertama adalah jangan membersihkan tungku kompor gas dengan air dan larutan sabun. Ini akan membuat tungku menjadi basah dan lembab sehingga api tidak menyala dengan sempurna. Ibu bisa menggunakan krim atau cairan khusus pembersih dapur atau kompor gas. Ikuti aturan pakai pada kemasan produk. Biasanya, krim cukup dioleskan di tungku.

Diamkan beberapa menit agar krim dapat bekerja meluruhkan lemak dan kotoran. Jika ada kerak. Noda membandel dan bagian yang sulit dijangkau, Ibu bisa menggunakan sikat gigi bekas.

Kemudian, gosok atau lap tungku dengan spons atau lap kain. Bersihkan juga bagian dasar tungku dari ampas bekas memasak. Jangan lewatkan tahapan cara merawat kompor gas yang ini.

2. Rendam tatakan kompor gas

4-cara-merawat-kompor-gas-agar-irit-bahan-bakar-2

Cara merawat kompor gas berikutnya adalah merendam tatakan kompor gas. Setelah tatakan kompor gas dilepaskan dari tungku, rendam tatakan kompor gas tersebut ke dalam air panas yang ditambahkan sabun cuci piring cair maupun satu sendok makan asam sitrat.

Rendam ring selama 2-4 jam agar kotoran dan kerak membandel terangkat. Kemudian, Ibu dapat membersihkan ring dengan menyikatnya menggunakan sikat gigi bekas. Bilas dan keringkan tatakan kompor gas dengan lap kain.

Tahap ini merupakan perawatan kompor gas yang tidak boleh terlewatkan.

3. Menggunakan bahan alami untuk membersihkan permukaan kompor gas

4-cara-merawat-kompor-gas-agar-irit-bahan-bakar-3

Permukaan kompor gas adalah bagian yang wajib dibersihkan setiap Ibu selesai memasak. Noda dan minyak bekas memasak menimbulkan banyak jejak di kompor. Cara merawat kompor gas yang tidak boleh terlewatkan adalah membersihkan permukaan dengan menggunakan bahan alami.

Selain menggunakan cairan pembersih kimia, Ibu juga dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk membuat permukaan kompor gas agar tampak bersih. Ini bahan-bahan yang dapat ibu gunakan:

  • Baking soda: larutkan dua sendok makan baking soda dengan satu liter air hangat dalam botol semprotan. Semprotkan larutan pada permukaan kompor gas dan diamkan beberapa menit. Bersihkan dengan menggunakan lap atau kain microfiber dan pastikan tidak ada bekas cairan tertinggal. Baking soda adalah bahan penting yang termasuk cara merawat kompor gas.
  • Tepung terigu: Cipratan minyak yang dilap dengan menggunakan kain basah hanya akan membuatnya menyebar ke seluruh permukaan kompor gas. Tips perawatan kompor gas  yang dapat ibu lakukan lainnya adalah menebarkan tepung terigu secukupnya di atas permukaan kompor gas dan membersihkannya menggunakan lap kain lembab atau kain microfiber. 
  • Jeruk nipis dan cuka apel: Jeruk nipis dan cuka apel mengandung asam yang mampu mengangkat noda dan minyak yang membandel di permukaan kompor gas. Cara merawat kompor gas dengan menggunakan zat ini dengan meneteskan perasan atau gosokan potongan jeruk nipis atau cairan cuka apel pada permukaan kompor gas. Diamkan beberapa saat, kemudian gosok perlahan permukaan kompor gas dengan menggunakan lap lembab. Setelah itu, keringkan dengan kanebo dan kain microfiber.

4. Cek selang dan regulator tabung gas secara berkala

4-cara-merawat-kompor-gas-agar-irit-bahan-bakar-4

Ternyata, bukan hanya kompor gas yang harus dibersihkan, cara merawat kompor gas yang tidak boleh terlupakan adalah merawat selang dan regulator tabung gas secara berkala.

Bagian luar dapat dilap dengan kain lembab secara rutin sampai bersih. Ibu akan mengetahui jika terdapat kebocoran atau retak pada gas. Regulator juga penting untuk diperhatikan untuk mengantisipasi kebocoran gas saat pemasangannya tidak pas.

Selain itu, Ibu juga harus memastikan tekanan gas dalam keadaan normal. Tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi sehingga berpotensi bahaya karena menyebabkan ledakan gas.

Beberapa cara merawat kompor gas dengan tepat, ada beberapa cara merawat kompor gas lainnya yang tidak kalah harus Ibu perhatikan seperti:

  • Membersihkan bagian tombol dan kenop kompor;
  • Tidak menyalakan kompor tanpa ada peralatan masak di atas kompor;
  • Membiasakan diri untuk selalu membersihkan kompor gas dan area sekitarnya setelah selesai memasak; dan
  • Membersihkan tabung LPG secara rutin saat mengganti dengan yang baru.

Kompor gas harus terus dirawat secara berkala karena fungsi yang primer bagi kebutuhan rumah tangga. Kompor gas yang terawat juga berarti penggunaan bahan bakar yang lebih efisien.

Pastikan Ibu agar secara rutin memperhatikan cara merawat kompor gas ya! 

Editor: Dwi Ratih