Keluarga

5 Cara Membersihkan Kipas Angin Tanpa Perlu Membongkarnya

5 Cara Membersihkan Kipas Angin Tanpa Perlu Membongkarnya

Membersihkan kipas angin terkadang bisa menjadi tugas yang merepotkan, karena memerlukan pembongkaran. Tapi tahukah Ibu? Ternyata ada cara membersihkan kipas angin tanpa perlu membongkarnya, lho!

Kipas angin adalah salah satu alat elektronik yang rentan terkena debu. Kipas angin yang terus menerus digunakan, akan memicu timbulnya debu yang lama kelamaan akan menempel pada bagian baling-baling dan bagian besi yang terdapat pada kipas. 

Jika tumpukan debu ini tidak rutin dibersihkan, hembusan anginnya akan berkurang dan kipas angin tidak dapat bekerja secara maksimal. Kipas angin yang kotor tidak hanya menjadi kurang efisien, tetapi juga berpotensi menimbulkan risiko masalah kesehatan, terutama jika ada anggota keluarga yang memiliki alergi.

Manfaat membersihkan kipas angin  

https://ibupediacdn.imgix.net/images/eikyppseieupkigxe.png

Melansir dari The New York Times dan beberapa situs lainnya, cara membersihkan kipas angin secara teratur memiliki beberapa manfaat, diantaranya adalah: 

  • Menghemat biaya energi

Salah satu manfaat terpenting cara membersihkan kipas adalah membantu mengurangi biaya energi. Jika kipas angin tertutup debu, kipas harus bekerja lebih keras untuk mengalirkan udara dan hal ini dapat menyebabkan tagihan biaya energi Ibu meningkat.

  • Meningkatkan kualitas udara

Manfaat lain dari rutin membersihkan kipas angin adalah, dapat membantu meningkatkan kualitas udara. Hal ini karena debu dan kotoran dapat menumpuk pada bilah kipas dan bersirkulasi melalui udara saat kipas dihidupkan.

Sehingga dapat menyebabkan alergi dan masalah pernapasan lainnya bagi anggota keluarga di rumah. Jadi, menjaga kebersihan kipas angin sama halnya dengan menjaga kualitas udara agar tetap baik.

  • Menjaga kualitas kipas angin tetap terjaga

Selain menghemat energi dan meningkatkan kualitas udara, cara membersihkan kipas angin secara teratur juga dapat membantu memperpanjang umur kipas angin. Ketika kipas angin penuh dengan debu, maka kipas harus bekerja lebih keras untuk melakukan tugasnya dan hal ini dapat memperpendek umur kipas. 

  • Meningkatkan kenyamanan dan menjaga estetika rumah

Dengan kipas angin yang bersih dan berfungsi baik, Ibu dapat menikmati kesejukan dan kenyamanan udara yang optimal di ruangan. Selain itu, kipas angin yang berfungsi baik juga dapat berkontribusi pada estetika rumah, memberikan kesan ruangan rapi dan terjaga

Seberapa sering sebaiknya membersihkan kipas angin?

Masih mengutip dari laman The New York Times, frekuensi membersihkan kipas angin sangat bergantung pada tingkat debu dan seberapa sering penggunaan kipas angin itu sendiri. Untuk di negara tropis seperti Indonesia, di mana kondisi cuaca panas hampir ada sepanjang tahun, sangat disarankan untuk membersihkan kipas angin setidaknya satu bulan sekali.

Mengingat kipas angin hampir digunakan sepanjang waktu. Berikut adalah beberapa cara membersihkan kipas angin tanpa membongkar: 

1. Menggunakan Sunlight 

https://ibupediacdn.imgix.net/images/ber3owfkibkjylmzn.png

Cara membersihkan kipas angin dengan Sunlight cukup mudah, berikut adalah caranya: 

  • Siapkan cuka ½ gelas (100 ml), baking soda 3 sdm, dan sabun cuci piring seperti Sunlight 3sdm
  • Campurkan semua bahan dalam mangkuk/wadah
  • Aduk rata dan masukkan dalam botol spray
  • Semprot secukupnya ke kipas angin
  • Bungkus kipas angin dengan kantong plastik dan diamkan lima menit
  • Nyalakan dengan kecepatan tinggi selama lima menit
  • Buka kantong plastik dan cairan kotor berisi debu-debu akan menempel di plastik
  • Terakhir, lap sisa debu dengan spon lap basah.

2. Memanfaatkan vacuum cleaner 

https://ibupediacdn.imgix.net/images/kh8h9k9qydiy8vhhp.png

Mengutip dari laman The Spurce, cara membersihkan kipas angin juga bisa menggunakan vacuum cleaner. Berikut adalah cara membersihkan kipas angin dengan vacuum cleaner

  • Pastikan kipas dalam keadaan mati dan kabel tidak terhubung ke stop kontak
  • Gunakan kepala vacuum cleaner seperti biasa dengan arahkan ke kipas angin
  • Jika dirasa sudah, bersihkan sisa debu di permukaan dengan spons atau lap basah.

3. Menggunakan blower 

https://ibupediacdn.imgix.net/images/xty10civ309py0m48.png 

Menurut laman Dictionary, blower adalah sebuah mesin atau perangkat yang dapat menyuplai udara pada tekanan sedang dan dapat menyuplai tekanan udara tersebut ke dalam ruang tertentu.

Blower menjadi salah satu alternatif cara membersihkan kipas angin tanpa harus membongkarnya. Caranya cukup mudah, pindahkan kipas angin di ruangan terbuka yang luas (disarankan melakukan hal ini di luar ruangan), lalu gunakan blower untuk meniup debu pada kipas angin.

4. Menggunakan hair dryer 

https://ibupediacdn.imgix.net/images/vndpjx41wclaw53xs.png

Cara membersihkan kipas angin selanjutnya adalah dengan menggunakan hair dryer. Cara membersihkan kipas angin dengan hair dryer ini sama halnya dengan menggunakan blower

Ibu dapat menghilangkan debu pada kipas angin dengan hair dryer, tanpa harus membongkarnya. Berilah jarak 15-30 cm antara hair dryer dengan baling-baling kipas, lalu gunakan udara paling dingin dari hair dryer.

5. Memanfaatkan kompresor udara

https://ibupediacdn.imgix.net/images/sv755lddirflrvo6v.png

Cara membersihkan kipas angin yang terakhir adalah dengan memanfaatkan kompresor udara. Ibu bisa menggunakan kompresor untuk membersihkan kipas angin di rumah. 

Cara membersihkan kipas angin dengan kompresor termasuk cara paling efektif, karena kompresor memiliki tekanan angin yang sangat tinggi. Pastikan Ibu membawa kipas angin ke ruangan terbuka atau halaman rumah, setelah itu gunakan kompresor untuk menyemprot kipas angin.

Itu dia beberapa cara membersihkan kipas angin. Dengan memilih salah satu dari cara membersihkan kipas angin di atas, Ibu dapat menjaga kebersihan kipas angin secara rutin tanpa harus membongkarnya. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Editor: Aprilia