Keluarga

5 Cara Sehat Makan Mie Instan, Bikin Kamu Bebas Rasa Bersalah

5 Cara Sehat Makan Mie Instan, Bikin Kamu Bebas Rasa Bersalah

Akhir-akhir ini cuaca di beberapa daerah di Indonesia seringkali hujan sehingga membuat udara menjadi dingin. Nah, untuk lebih menghangatkan badan ketika cuaca dingin memang paling enak menyantap segala makanan yang berkuah, termasuk mie instan

Katanya, semangkuk mie instan di kala hujan bisa mengobati mood kita yang sedang kacau lho Bu.

Tapi, sayangnya nggak semua orang bisa makan mie instan dengan mudah. Terutama yang memiliki gangguan pada pencernaan tertentu dan sedang menjalankan program diet.

Supaya lebih sehat, mie instan bisa kamu kolaborasikan dengan bermacam topping sehingga tetap bisa ramah bagi pencernaanmu yang sensitif. Untuk itu, yuk simak cara sehat makan mie instan berikut ini sehingga kamu bebas dari rasa bersalah.

Pentingnya ekstra topping untuk mie instan


Siapa sih yang nggak bisa tergoda dengan aroma khas mie instan? Baik dimasak dalam bentuk kuah ataupun goreng, mie instan selalu menjadi makanan favorit semua orang.

Bahkan mie instan buatan Indonesia sudah nggak diragukan lagi rasanya dan sudah melalang buana ke luar negeri. Namun, meskipun rasanya enak dan sering membuat ketagihan, mengonsumsi mi instan secara rutin tidak ada manfaatnya bagi kesehatan.

Justru hanya dapat mengundang berbagai masalah kesehatan. Akan tetapi, melansir Healthline bukan berarti mie instan tidak boleh dikonsumsi sama sekali ya Bu.

Untuk itu penting untuk mengetahui cara sehat makan mie instan yang benar. Salah satunya adalah dengan menambahkan ekstra topping meliputi protein seperti telur dan aneka sayuran.

5 cara sehat makan mie instan


Meski nggak memiliki manfaat untuk tubuh, mie instan tetap bisa dinikmati dengan cara yang lebih sehat. Melansir Eating Well berikut adalah 5 cara sehat makan mie instan yang bisa kamu lakukan di rumah:

1. Menambahkan sayuran sebagai ekstra vitamin

Kita tahu bahwa mie instan tidak memiliki nilai gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Karenanya cara sehat makan mie instan yang satu ini penting untuk dilakukan agar kamu tetap bisa mendapatkan manfaat setelahnya.

Kamu bisa menambahkan topping tambahan berupa sayuran favorit seperti kubis, sawi, wortel dan aneka sayuran lainnya. Sayur mengandung vitamin dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Usahakan tumis sayuran tersebut dan pisahkan cara memasaknya dengan mie instan. Tambahkan sebagai topping dan jangan pilih sayuran frozen yang hanya mengandung sedikit vitamin. Lebih baik pilih sayuran segar agar kamu tetap mendapatkan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Tambahkan ekstra protein

Telur, daging merah, daging ayam atau aneka seafood bisa kamu tambahkan sebagai cara sehat makan mie instan yang bisa kamu buat di rumah. Apalagi satu bungkus mie instan tidak memiliki kandungan gizi sama sekali untuk tubuh kita.

Dengan menambahkan sayuran dan protein dapat membuat mie instan yang kamu sajikan terasa lebih enak dan bergizi. Kamu juga bisa menambahkan tahu atau tempe sebagai tambahan protein nabati sebagai cara sehat makan mie instan favoritmu.

3. Tidak menggunakan bumbu dalam mie instan

Meskipun bumbu dalam mie instan sangat enak dan bisa meningkatkan selera makanmu, namun bumbu mie instan sejatinya mengandung bahan pengawet yang tidak baik untuk tubuh. Untuk itu, alangkah lebih baik kamu bisa mengganti bumbu mie instan menjadi bumbu yang bisa kamu modifikasi sendiri.

Misalnya saja, dengan tambahan minyak bawang buatan sendiri atau dengan menambahkan kaldu ayam atau daging guna menambah rasa gurih.

4. Perhatikan tanggal kedaluarsa 

Dalam proses pembuatan mie instan tentunya mengandung beberapa bahan pengawet. Sehingga satu bungkus mie instan tentu memiliki tanggal kadaluarsa yang perlu kamu perhatikan.

Jangan lupa perhatikan tanggal kadaluarsa setiap kali kamu hendak memasak mie instan ya Bu. Ini merupakan salah satu cara sehat makan mie instan yang sangat mudah kamu lakukan. Sebab, jika tidak dilakukan dengan teliti dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan.

5. Masak mie instan sesuai dengan anjuran dalam kemasan

Beberapa orang mungkin punya selera makan mie instan yang berbeda. Ada yang suka mie instan dengan tekstur sedikit keras dan setengah matang, ada pula yang lebih suka makan dengan tekstur lembek.

Ada baiknya ikuti anjuran memasak mie instan dalam kemasan. Hal ini bertujuan agar mie matang sempurna sehingga bakteri yang ada pada mie bisa mati dan tidak ikut tertelan dalam tubuh kita.

Cara sehat makan mie instan yang satu ini memang seringkali diabaikan. Namun punya manfaat yang penting untuk kesehatan, jadi jangan sampai hal ini kamu abaikan ya Bu!

Secara keseluruhan cara sehat makan mie instan ini penting dilakukan bagi kamu yang ingin tetap menjaga pola makan sehat setiap hari sehingga bisa bebas dari rasa bersalah. Tapi, sebaiknya usahakan untuk tetap membatasi makan mie instan ya Bu.

Sebab segala yang instan tentunya tidak baik bagi kesehatan, terutama untuk pencernaanmu. Yuk, lebih bijak dalam memilih menu makan sehari-hari agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya.

Editor: Dwi Ratih