Keluarga

5 Fakta Menarik Film Barbie, Bolehkah Ditonton Oleh Anak-Anak?

5 Fakta Menarik Film Barbie, Bolehkah Ditonton Oleh Anak-Anak?

Si kecil pecinta boneka Barbie? Pasti sudah nggak sabar banget untuk menanti film Barbie 2023 rilis tahun ini, bukan? Yes! Setelah penantian yang cukup panjang, sutradara film Barbie, Greta Gerwig akhirnya mengumumkan bahwa film ini secara resmi akan dirilis pada Juli tahun 2023.

Di Indonesia sendiri, film Barbie dirilis pada 19 Juli 2023 di seluruh bioskop. Film Barbie Live Action ini menceritakan tentang kehidupan sehari-hari para Barbie di dunia Barbie Land, yang punya karakter berbeda-beda.

Namun, suatu hari seorang Barbie cantik yang diperankan oleh Margot Robbie, punya banyak hal yang ingin ia kejar dan tidak bisa ia temukan jika hanya berada dalam Barbie Land saja. Akhirnya Barbie pun memutuskan keluar dari zona nyamannya tersebut, tapi ternyata salah satu Ken yang diperankan oleh Ryan Gosling malah ikut bersamanya.

Kalau dilihat-lihat, alur cerita dari film Barbie ini memang terlihat sederhana dengan beragam warna merah muda yang menarik, buat anak-anak perempuan. Tapi, sebenarnya film Barbie 2023 apakah aman ditonton oleh di kecil?

Sebelum memutuskan untuk mengajak anak nonton film ini, ada baiknya ketahui dulu yuk fun facts soal film Barbie berikut ini. Apalagi menurut Ibumin, tampilan dari film ini lebih condong pada cerita orang dewasa.

Batasan usia untuk nonton film Barbie 2023


Photo source: Teropong Media

Meskipun si kecil sudah nggak sabar untuk menonton film Barbie 2023, namun sebaiknya Ibu jangan sampai kecolongan ya Bu. Ada baiknya, ketahui terlebih dahulu batasan usia yang aman untuk si kecil nonton film Barbie.

Jika mengutip dari Romper sebenarnya film Barbie ini cenderung tergolong film dengan PG-13 atau Parental Guidance under 13. Artinya, film Barbie sendiri, ada baiknya ditonton oleh anak di atas usia 13 tahun, dengan pengawasan orang tua.

Hal ini karena, beberapa adegan dari film Barbie ini ada yang mengandung konten atau unsur yang mungkin tidak cocok ditonton oleh anak di bawah usia 13 tahun. Sehingga, sangat disarankan untuk didampingi oleh orang tua, apalagi film Barbie 2023 mengandung referensi sugestif alias bahasa-bahasa yang cenderung singkat, dan mungkin saja tidak baik untuk anak di bawah usia tersebut.

Terlebih, dalam film Barbie juga dikisahkan dua dunia berbeda, yakni Barbie Land dan Real World yang sarat akan bahasa dan kata sindiran. Belum lagi beberapa fashion pakaian dari film Barbie yang cenderung lebih terbuka, dan kurang cocok dengan budaya Indonesia, makin membuat film Barbie ini sebisa mungkin ditonton bersama orang tua

Supaya si kecil tetap bisa mendapatkan pendampingan yang tepat, dan bisa tetap menikmati cerita dari film ini dengan lebih baik.

Fun fact yang Parents wajib tahu sebelum nonton film Barbie

1. Mengandung lelucon orang dewasa


Photo source: Girls Beyond

Mengutip dari Screen Rant Motion Picture Association of America memang sengaja memberikan film Barbie dalam golongan PG-13, karena berbagai macam alasan. Yes! Tanpa bermaksud ingin spoiler cerita dari film Barbie ini, para pengamat film di Amerika mengungkapkan film ini sarat akan bahasa singkat dan referensi sugestif.

Bahkan, pada beberapa adegan malah cenderung mengacu pada lelucon orang dewasa. Seperti salah satu adegan di mana Ryan Gosling dan Kens Simu Liu berdebat dan saling menjatuhkan.

Adegan ini adalah salah satu contoh film Barbie, yang berisi lelucon berbau seksual yang dianggap tidak pantas untuk anak-anak. Dalam sebuah wawancara beberapa waktu lalu, sang sutradara bahkan mengungkapkan bahwa film ini memang cenderung mengarah pada lelucon orang dewasa.

Namun, secara visual memang lebih cocok buat anak-anak. Gambaran visual ini sedikit banyak juga dituangkan sang sutradara, dari berbagai macam kenangan masa kecil mengenai boneka Barbie yang pernah ia miliki.

2. Lebih cocok untuk remaja dibandingkan anak-anak


Photo source: CNN

Karena tergolong PG-13, maka bisa dikatakan seluruh adegan dan alur cerita film Barbie mungkin lebih cocok untuk remaja dibandingkan anak di bawah usia remaja. Sebab, remaja mungkin sudah lebih mengerti tentang alur cerita yang pantas dan tidak pantas untuk ia ikuti.

Apalagi tema film Barbie juga lebih diarahkan pada remaja dan dewasa. Tapi, bukan berarti anak-anak di bawah usia remaja nggak akan ngerti dengan jokes pada film ini ya, Bu.

Karena, secara visual dan musikalitasnya memang sangat menarik buat anak-anak. Namun, dilihat dari sisi humor, film Barbie ini menurut Ibumin cukup sulit dimengerti oleh anak-anak.

Sebab, pada beberapa adegan ada yang membahas mengenai kematian hingga krisis eksistensial. Itu sebabnya Barbie tidak cocok untuk semua anak, karena beberapa orang tua mungkin merasa alur cerita dan selera humornya terlalu berat untuk anak.

3. Sudah 3 kali berganti rumah produksi


Photo source: Underconsideration.com

Film Barbie Live Action ini sejatinya sudah berencana di buat pada tahun 2009. Sayangnya, sang sutradara mengaku ada banyak sekali perubahan yang terpaksa dilakukan.

Bahkan, film Barbie ini sempat mengalami perubahan rumah produksi hingga 3 kali, lho! Rumah produksi yang pertama awalnya adalah Universal Pictures, setelah 5 tahun diambil alih Sony Pictures. Namun, pada Oktober 2018 proyek berpindah ke Warner Bros Pictures hingga saat ini.

4. Ryan Gosling sempat menolak tawaran bermain dalam film Barbie


Photo source: The Today Show

Bisa dibilang Ryan Gosling saat ini menjadi salah satu aktor yang makin digandrungi oleh para fansnya. Terutama setelah perannya sebagai Ken dalam film Barbie 2023.

Tapi siapa sangka, ternyata di awal pembuatan film Barbie, Ryan Gosling sempat menolak tawaran peran sebagai Ken, lho! Hal ini karena, pada saat itu, jadwal shooting Ryan terbilang cukup padat.

Sehingga, tidak memungkinkan baginya untuk menjalankan peran tersebut. Namun, karena proses shooting dan jadwal tayang film Barbie sempat ditunda hingga tahun 2023, pada akhirnya Ryan pun menyanggupi

5. Soundtrack yang easy listening


Photo source: Bandwagon Asia

Melansir dari laman People para penonton nggak akan menemukan lagu hits Aqua dengan judul Barbie Girl dalam film ini. Melainkan, akan digantikan dengan lagu lain yang dinyanyikam oleh Dua Lipa yang juga ikut membintangi film tersebut.

Soundtrack berjudul Dance The Night tersebut dikabarkan makin banyak diunduh di beberapa platform musik dunia, terutama jelang perilisan film Barbie 2023.

Perhatikan ini, sebelum ajak anak nonton bioskop


Kita tahu bahwa film Barbie ada baiknya ditonton oleh anak di atas usia 13 tahun, dengan pengawasan orang tua. Supaya si kecil lebih nyaman saat nonton film ini, mengutip dari Motherly orang tua tetap perlu melakukan beberapa persiapan seperti berikut:

  • Pastikan anak sudah benar-benar siap nonton film bioskop, dengan suara yang relatif lebih kencang
  • Pilih waktu nonton yang tepat. Kalau Ibumin biasanya lebih senang mengajak anak nonton bioskop di saat weekend atau pulang sekolah, di akhir minggu (hari Jumat sore)
  • Masuk ke dalam ruangan setelah iklan selesai. Tujuannya supaya si kecil nggak mudah bosan menunggu filmnya dimulai
  • Rencanakan dengan matang. Ceritakan sedikit mengenai trailer film, agar si kecil bisa punya gambaran kisah apa yang akan diceritakan dalam film ini nantinya
  • Sediakan camilan agar anak tidak bosan
  • Tetap dampingi si kecil, terutama apabila terdapat adegan-adegan bullying atau kekerasan yang ditampilkan. Jelaskan pada si kecil bahwa perbuatan tersebut tidak baik dilakukan pada siapapun.