Keluarga

7 Cara Agar Kulit Kencang dan Sehat Tanpa Prosedur Medis

7 Cara Agar Kulit Kencang dan Sehat Tanpa Prosedur Medis

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar kulit kencang dan sehat. Sebagian besar mungkin memilih prosedur medis, seperti laser resurfacing, terapi ultrasound, radiofrequency, maupun botox. Sayangnya, prosedur-prosedur medis tersebut membutuhkan biaya yang cukup menguras isi kantong.

Di samping itu, prosedur medis untuk kulit wajah juga bisa menimbulkan efek samping terutama jika Ibu memiliki jenis kulit sensitif. Tentu saja, Ibu bisa merasa frustrasi setelah mengeluarkan banyak biaya untuk perawatan agar kulit kencang, tetapi belum mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan.

Padahal seiring pertambahan usia, elastisitas dan kelembaban kulit bisa berkurang jika tidak dijaga dengan baik. Kulit kering bisa memicu munculnya kerutan dan noda hitam di wajah, sehingga mengurangi kecantikan Ibu. Oleh karena itu, dibutuhkan langkah-langkah yang tepat untuk menjaga agar kulit kencang dan sehat meski tanpa prosedur medis.

Beruntung masih ada cara-cara alami yang bisa dilakukan agar kulit kencang dan sehat, meski tidak melalui prosedur medis. Penasaran apa saja yang bisa Ibu lakukan untuk mendapatkan kulit kencang dan sehat? Yuk, cari tahu selengkapnya di sini!


1. Perbanyak minum air putih

Agar kulit kencang dan sehat, Ibu perlu memastikan kulit terhidrasi dengan baik. Dengan memperbanyak minum air putih, maka kebutuhan asupan cairan tubuh pun tercukupi secara optimal. Kondisi ini berpengaruh pada kulit yang jadi terjaga kelembabannya, sehingga munculnya tanda-tanda penuaan dini bisa dicegah. Ibu pun bisa tampak lebih awet muda karena kulit kencang dan sehat. Pastikan Ibu minum air putih setidaknya 2 liter atau 8 gelas air putih dalam sehari.

2. Konsumsi sayur dan buah segar

Selain memperbanyak minum air putih, Ibu juga harus memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Perlu diketahui, sayur dan buah segar mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan untuk proses regenerasi kulit. Sayur dan buah dengan kandungan vitamin C tinggi, seperti brokoli, kale, jeruk, stroberi, maupun kiwi baik dikonsumsi agar kulit kencang dan sehat. Ibu bisa mengonsumsi sayur dan buah tersebut langsung atau mengolahnya menjadi hidangan lezat. 

3. Gunakan pelembab yang mengandung kolagen

Dilansir dari Healthline, kolagen merupakan protein alami dalam tubuh yang berperan penting dalam menjaga kulit tetap kencang dan kencang. Sayangnya, seiring pertambahan usia, produksi kolagen pun menurun. Oleh karena itu, untuk menyiasati kondisi ini Ibu dianjurkan untuk menggunakan pelembab yang mengandung kolagen secara rutin. Cara ini efektif agar kulit kencang, sehingga lebih sehat dan awet muda. Gunakan pelembab setelah mencuci wajah, secara rutin setiap hari untuk memastikan kulit terjaga kelembabannya.

4. Jangan lupa pakai sunscreen!

Paparan sinar UV bisa memicu munculnya noda hitam di wajah. Di samping itu, terlalu lama beraktivitas di luar ruangan juga berisiko menyebabkan kulit wajah tampak kusam. Hal ini tentu bisa menyebabkan kulit wajah tampak lebih tua dibanding usia yang seharusnya. Nah, untuk mencegah masalah ini Ibu wajib memakai sunscreen atau tabir surya. Sunscreen berperan penting melindungi kulit, sehingga terjaga kesehatan alaminya. Kulit yang sehat tentu membuat Ibu tampil lebih percaya diri, bukan?

5. Aplikasikan serum vitamin C

Penggunaan serum vitamin C juga penting dilakukan, terutama di malam hari sebelum tidur. Pasalnya, serum vitamin C dapat mencerahkan kulit dan mempercepat proses regenerasi kulit. Di samping itu, serum vitamin C juga berperan penting dalam meningkatkan elastisitas kulit sekaligus memperbaiki kerusakan kulit. Mengaplikasikan serum vitamin C bisa membantu Ibu mendapatkan kulit kencang, sehat, dan terawat secara maksimal. Serum vitamin C ini bisa dipakai sebelum pemakaian sunscreen atau tabir surya.

6. Manfaatkan masker mentimun

Masih ada lagi lho cara alami yang bisa dilakukan agar kulit kencang. Ibu bisa memanfaatkan mentimun untuk diolah sebagai masker alami yang dibuat di rumah. Masker mentimun ampuh mengatasi kulit berjerawat serta menjaga kelembapan. Tak heran jika banyak orang yang memanfaatkan masker mentimun sebagai perawatan alami agar kulit kencang dan sehat. Ibu bisa mengaplikasikan masker mentimun 1-2 kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal.

7. Rajin mencuci muka secara rutin

Satu lagi cara yang bisa dilakukan agar kulit kencang dan sehat, yaitu dengan rajin mencuci muka secara rutin. Perlu diketahui, debu, kotoran, dan polusi udara bisa menyumbat pori-pori kulit wajah yang pada akhirnya menimbulkan beragam masalah kulit. Mulai dari jerawat, komedo, hingga kulit kusam. Sebaliknya jika Ibu rajin mencuci muka secara rutin, maka pori-pori wajah bebas tersumbat dan proses regenerasi kulit pun berjalan optimal. Kondisi inilah yang menghasilkan tampilan kulit wajah yang kencang dan sehat.


Ibu, banyak juga ya alternatif cara alami yang bisa dilakukan agar kulit kencang dan sehat. Mulai sekarang tidak lagi ada alasan kulit bermasalah karena masalah budget prosedur medis yang kurang terjangkau. Cara-cara di atas bisa Ibu coba lakukan di rumah untuk mendapatkan kulit kencang, sehat, dan terawat. Dengan begitu, Ibu bisa cantik memukau awet muda terlepas berapa pun usia saat ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!