Kesehatan

Cara Membuat Masker Untuk Kulit Beminyak Yang Alami Di Rumah

Cara Membuat Masker Untuk Kulit Beminyak Yang Alami Di Rumah

Memiliki kulit wajah yang berminyak memang dapat mengundang berbagai masalah. Musuh terbesar bagi wajah berminyak tak lain adalah jerawat.

Kalau sudah timbul jerawat sedikit banyak dapat membuat kepercayaan diri menjadi berkurang ketika bertemu dengan orang lain. Nggak perlu khawatir ya Bu, sebab hal ini bisa diatasi dengan cara rutin melakukan perawatan masker untuk kulit berminyak lho.

Untuk menggunakan masker wajah untuk kulit berminyak juga nggak perlu harus selalu beli di toko kok, Bu. Bahkan bisa membuat masker  untuk kulit berminyak alami di rumah, tentunya dengan bahan yang cukup sederhana.

Masker alami ini juga sangat praktis di buat. Ibu hanya harus pandai memilih masker apa yang cocok untuk kulit Ibu. Sebab, nggak semua orang cocok dengan masker wajah yang dengan bahan alami.

Penasaran ingin mencoba buat masker alami di rumah? Sebelumnya simak terlebih dahulu yuk apa saja sih manfaat masker untuk kulit berminyak selain dapat mengurangi jerawat yang meradang.

Manfaat masker untuk kulit berminyak


Menjaga dan merawat kesehatan kulit wajah sangatlah penting agar wajah tampak sehat dan segar alami. Apalagi jika Ibu memiliki kulit wajah berminyak.

Melansir Medical News Today kulit wajah berminyak bisa terjadi ketika kelenjar sebaceous di kulit menghasilkan terlalu banyak sebum. Sebum sendiri merupakan zat lilin dan berminyak yang melindungi dan menghidrasi kulit.

Sebum sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dan kelembapan kulit. Namun, terlalu banyak sebum dapat menyebabkan kulit berminyak, pori-pori tersumbat, dan berjerawat.

Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk meredakan minyak di wajah. Misalnya saja dengan menggunakan produk perawatan khusus kulit berminyak.

Untuk perawatan wajah mingguan yang mudah dilakukan di rumah adalah dengan menggunakan masker wajah, terutama jika kulit mulai timbul jerawat. Maka masker wajah dapat mencegah dan membantu mengurangi jerawat yang meradang.

Cara membuat masker wajah alami di rumah


Di tengah pandemi seperti sekarang ini membuat beberapa orang takut untuk pergi ke dokter untuk melakukan perawatan masker wajah. Tapi nggak perlu khawatir ya Bu, ternyata kita bisa bikin masker wajah sendiri di rumah dengan bahan alami lho. Melansir Boldsky berikut adalah bahan-bahan dan cara membuat masker wajah alami yang mudah di rumah:

1. Masker tepung beras dan kunyit


Salah satu masker yang cukup direkomendasikan untuk kulit berminyak adalah masker tepung beras dan kunyit. Campuran keduanya dipercaya dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan dapat membantu mengontrol jerawat. Lalu gimana sih cara membuat masker wajah alami yang satu ini?

Bahan:

  • 1 sendok makan tepung beras; dan
  • 1 1/2 sendok makan air perasan kunyit.

Cara membuat dan menggunakan

Aplikasikan ke seluruh wajah kecuali bagian bawah mata. Tunggu hingga kering, lalu bilas dengan air hangat. Setelahnya gunakan pelembab wajah agar kulit tetap lembab.

2. Masker pisang dan air lemon


Salah satu pilihan masker alami untuk kulit berminyak dan berjerawat adalah masker pisang dan air lemon. Pisang memiliki kemampuan dalam menyerap minyak berlebih pada kulit yang menjadi penyebab jerawat. 

Sedangkan, lemon dapat membantu membersihkan pori-pori kulit. Bagaimana cara membuat masker alami ini?

Bahan:

  • 1 buah pisang, yang sudah dipotong-potong;
  • 10 tetes air lemon; dan
  • 1 sendok teh minyak zaitun murni.

Cara membuat dan menggunakan:

Haluskan potongan buah pisang dalam sebuah mangkuk kecil. Tuang air lemon dan minyak zaitun ke dalam potongan buah pisang yang sudah dihaluskan. Oleskan pada seluruh permukaan wajah. Diamkan selama 15 menit hingga masker mengering. Bilas wajah dengan air hangat.

3. Masker oatmeal, lemon dan madu


Oatmeal dipercaya dapat menyerap minyak berlebih di wajah dan menenangkan kulit berjerawat yang meradang. Perpaduan antar ketiga bahan ini diyakini dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk dan menjadi penyebab jerawat.

Penasaran gimana cara buatnya? Ikuti langkah berikut yuk:

Bahan:

  • ½ mangkuk oatmeal;
  • 1 sendok makan madu; dan
  • 1/2 sendok teh air perasan lemon.

Cara membuat dan menggunakan:

Campurkan oatmeal dengan air panas secukupnya. Aduk merata hingga menjadi pasta masker. Tambahkan 1 sendok makan madu dan air perasan lemon. Oleskan pada wajah sambil perlahan dipijat selama 3 menit. Diamkan masker agar mengering selama 10-15 menit. Bilas hingga bersih menggunakan air air hangat.

4. Masker putih telur dan lemon


Masker putih telur dan lemon mungkin lebih populer dan sering digunakan oleh beberapa wanita yang memiliki kulit berminyak. Apalagi perpaduan antar keduanya dipercaya bisa mengencangkan pori-pori kulit dan menyerap produksi minyak berlebih pada kulit. 

Nggak hanya itu lho Bu, menurut sebuah studi dari Journal of Food Safety zat asam pada buah lemon mengandung antibakteri yang mampu membasmi bakteri penyebab jerawat. Buat sendiri di rumah yuk!

Bahan:

  • 1 butir putih telur; dan
  • 1 sendok teh perasan air lemon.

Cara membuat dan menggunakan:

Campurkan putih telur dan perasan air lemon ke dalam sebuah mangkuk. Aduk merata. Oleskan pada wajah, diamkan masker beberapa saat hingga mengering. Lalu bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

5. Masker lidah buaya


Ibu, punya tanaman lidah buaya di rumah dan bingung mau dimanfaatkan jadi apa? Coba bikin masker wajah sendiri di rumah yuk.

Apalagi lidah buaya dianggap dapat mengobati luka bakar dan masalah kulit lainnya, termasuk untuk mengatasi kulit berminyak. Caranya gampang, cukup oleskan gel lidah buaya ke permukaan wajah secara merata.

Ibi bisa gunakan setiap pagi hari dan sebelum tidur di malam hari. Kalau tidak suka dengan baunya, Ibu bisa menambahkan essential oil favorit yang aman digunakan di area wajah.

Jangan lupa, setelahnya bilas wajah dengan menggunakan air hangat dan keringkan dengan handuk.

Tips gunakan masker wajah alami dengan aman


  • Test alergi dengancm cara mengoles masker ke bagian tubuh lain seperti punggung tangan atau area kulit di belakang telinga;
  • Tunggu selama beberapa menit dan bilas dengan air hingga kulit benar-benar bersih;
  • Kemudian, lihatlah reaksi kulit kamu;
  • Nah, kalau kulit Ibu tidak mengalami kemerahan, terasa perih dan gatal, bengkak, atau tanda-tanda alergi kulit lainnya dipastikan kandungan zat alami tersebut cocok dan aman diaplikasikan pada wajah Ibu; dan
  • Bagaimana jika muncul reaksi? Sebaiknya hentikan pemakaian jika hal ini terjadi ya Bu dan segera bilas wajah dengan air bersih dan keringkan.

Editor: Dwi Ratih