Kesehatan

Biar Tetap Kencang, Yuk Racik Masker Payudara Alami Di Rumah

Biar Tetap Kencang, Yuk Racik Masker Payudara Alami Di Rumah

Ibu, siapa sih yang ingin punya bentuk payudara yang indah dan kencang? Apalagi setelah melahirkan dan menyapih si kecil, payudara kita mungkin akan mulai mengendur dan kehilangan kekencangannya.

Alhasil hal ini bikin Ibu menjadi kurang percaya diri terhadap perubahan bentuk tubuhnya. Padahal nggak kalah dengan wajah, payudara juga perlu di rawat dengan baik lho.

Tujuannya tak lain agar tetap kencang dan bentuknya tetap indah. Jangan khawatir ya Bu, sebab ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan keindahan bentuk payudara tanpa harus melakukan operasi.

Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan melakukan sederet perawatan sederhana, seperti menggunakan masker payudara alami buatan sendiri. Namun seberapa efektifkah masker payudara alami tersebut? Lalu bahan apa saja yang bisa dijadikan masker payudara alami? Simak ulasan berikut yuk.

Seberapa efektif fungsi masker payudara


Masker payudara alami mungkin tidak terlalu asing di telinga perempuan di Indonesia. Meskipun banyak produk masker yang dijual, namun sebelum membeli atau membuat masker payudara alami sendiri seberapa efektifkah masker payudara alami untuk Ibu?

Jika melansir Healthline tidak seperti masker wajah, masker payudara alami mungkin terdengar cukup repot untuk diaplikasikan pada tubuh kita. Namun menurut Dokter Deanne Robinson, MD yang merupakan salah satu dokter dari Women’s Dermatology Society di New York, seiring bertambahnya usia, kekencangan payudara perempuan akan semakin menurun.

Nggak hanya itu, kulit di sekitar payudara ternyata juga bisa kusam dan kering sehingga akan lebih mudah kehilangan elastisitasnya. Dalam kebanyakan kasus, kulit pada dada kita mengalami banyak kerusakan akibat sinar matahari dan rentan berjerawat. Karenanya payudara kita perlu di rawat dengan baik.

Misalnya adalah dengan rutin mengganti bra setiap hari, terutama setelah selesai berolahraga dan dengan cara pakai masker payudara alami. Cara ini dianggap dapat membantu memerangi jerawat payudara dan risiko infeksi jamur, yang umum terjadi di bagian bawah payudara.

Deanne menambahkan setelah mandi jangan lupa untuk selalu melembabkan kulit payudara dengan menggunakan lotion atau krim khusus agar kulit tidak kering. Selain itu, untuk perawatan mingguan Ibu bisa menggunakan masker payudara alami untuk mengencangkan dan membantu mengurangi kerutan pada area payudara.

Ragam masker payudara yang bagus dan alami


Nah, setelah mengetahui pentingnya merawat payudara pasti Ibu semakin tertarik untuk mencoba perawatan alami ini di rumah. Apalagi bahan-bahannya mudah di dapatkan, untuk itu melansir Times of India berikut adalah beberapa masker payudara tradisional alami yang bida di aplikasikan oleh Ibu di rumah:

1. Masker timun dan kuning telur

Timun memiliki fungsi yang baik untuk meremajakan kulit, sementara kuning telur kaya akan nutrisi yang bisa membuat payudara lebih kencang. Untuk membuat masker dari dua bahan ini, cukup campurkan setengah timun lalu parut dengan dua kuning telur.

Selanjutnya, balurkan pada payudara dan diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air dingin. Untuk hasil yang maksimal, aplikasikanmasker ini sebanyak 2-3 kali seminggu.

2. Masker payudara yogurt dan telur

Dua bahan ini dipercaya bisa membuat payudara kencang dan juga berkilau lho Bu. Sementara untuk membuat masker dari bahan ini, Ibu cukup mencampurkan satu sendok makan yogurt dan satu telur ke dalam mangkuk.

Setelah itu, tambahkan satu sendok makan minyak zaitun. Jika sudah, kocok bahan itu hingga tercampur sempurna dan oleskan pada payudara. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air dingin.

3. Masker payudara susu dan minyak almond

Tahukah Ibu? Minyak almond adalah sumber nutrisi dan antioksidan yang bisa melembapkan dan mengencangkan payudara lho. Ketika dikombinasikan dengan susu segar, maka bisa membuat kulit di area payudara jadi lebih halus dan kencang.

Cara membuat masker payudara ini adalah dengan mencampurkan 4-5 sendok makan susu segar dengan dua sendok makan minyak almond. Jika sudah tercampur merata, oleskan masker tersebut ke payudara dan berikan pijatan memutar ke atas selama 10 menit.

Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan dengan air. Ibu bisa mengaplikasikan masker payudara tradisional ini selama 3-4 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

4. Masker payudara dengan putih telur

Meskipun masker ini akan cenderung berbau amis jika diaplikasikan pada payudara, namun kandungan protein, hidro-lipid, dan astringent yang ada dalam putih telur dapat meningkatkan jaringan payudara agar terlihat kencang dan padat. Nah untuk mengurangi bau amis yang menyengat, Ibu bisa teteskan minyak aromatherapi dengan wangi favorit seperti lavender.

Cara membuat masker payudara alami ini cukup mudah. Cukup kocok putih telur hingga berbusa lalu oleskan ke payudara. Tunggu sampai mengering, kemudian bilas dengandengan air dingin.

5. Masker payudara dengan lidah buaya

Lidah buaya nggak hanya bisa digunakan untuk merawat rambut saja ya Bu. Ternyata lidah buaya juga punya manfaat untuk mengencangkan payudara.

Lidah buaya memiliki antioksidan yang mencegah kerusakan yang dilakukan oleh radikal bebas dan membantu mengencangkan payudara. Cara pakai masker payudara alami ini adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya pada payudara.

Setelah itu pijat payudara selama 7-10 menit dengan gerakan melingkar. Biarkan selama 10 menit, setelah itu bilas hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini selama 3-4 kali seminggu.

6. Masker payudara pisang dan yogurt


Kandungan zat besi, kalium, magnesium, dan fosfor yang ada di dalam pisang bisa membuat payudara lembap dan juga lembut. Untuk membuat masker dari pisang, haluskan satu buah pisang hingga.

Setelah itu, tambahkan satu sendok yogurt dan campur hingga merata. Jika sudah, oleskan campuran itu pada payudara. Diamkan masker alami ini selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

7. Masker payudara kentang, kuning telur, dan susu

Kentang sendiri dianggap sebagai zat pemutih alami yang bisa mencerahkan dan melembutkan payudara. Untuk membuat masker payudara alami dengan tiga bahan ini juga cukup mudah lho! Cukup rebus kentang dan tumbuk hingga halus.

Tambahkan kuning telur dan susu secukupnya, lalu aduk hingga merata. Setelah itu, oleskan campuran itu pada payudara dan diamkan selama 20 menit.

Kemudian bilas menggunakan air hangat sambil beri pijatan lembut. Dijamin payudara Ibu bakalan mulus dan juga lembap seketika. Selamat mencoba ya Bu!

Editor: Dwi Ratih