Keluarga

7 Cara Menghilangkan Bruntusan Di Jidat Dalam Semalam Secara Alami

7 Cara Menghilangkan Bruntusan Di Jidat Dalam Semalam Secara Alami

Salah satu masalah pada wajah yang banyak menjadi keluhan para Ibu adalah munculnya bruntusan di jidat. Beberapa orang mengira bahwa bruntusan di jidat terjadi akibat poni rambut.

Namun, bruntusan di jidat juga bisa terjadi karena penyebab lain ya Bu. Misalnya saja seperti perubahan hormon menjelang menstruasi, kurang bersih saat membasuh wajah, tidak cocok dengan sabun yang digunakan dan lain sebagainya.

Tapi, tak banyak yang tahu ternyata bruntusan di jidat bisa diatasi dalam waktu semalam saja lho! Untuk itu, berikut adalah beberapa cara menghilangkan bruntusan di jidat dalam semalam yang bisa kamu coba di rumah. 

Namun sebelumnya pastikan bahan yang digunakan cocok untuk kulit wajah kamu, terutama bagi yang memiliki kulit sensitif ya Bu!

Cara menghilangkan bruntusan di jidat dalam semalam


1. Pakai es batu

Es batu ternyata punya manfaat sebagai salah satu cara menghilangkan bruntusan di jidat dalam semalam lho Bu! Apalagi menurut dokter spesialis kulit dari Cleveland Clinic Dr. Shilpi Khetarpal, MD pada bruntusan yang masih memerah termasuk jerawat, es batu dapat meredakan inflamasi.

Hal ini dikarenakan efek dingin dari es dapat meredakan peradangan sementara waktu meskipun efeknya mungkin bisa cepat hilang. Namun, mengompres es batu di jidat bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa Ibu coba di rumah.

Nah, agar lebih nyaman ada baiknya bungkus es batu dengan kain tipis atau memakai kompres dingin. Kemudian tempelkan kain pada jidat yang bruntusan selama satu menit. Ulangi beberapa kali, cara ini bisa dilakukan sebanyak 3 kali dalam sehari.

2. Lidah buaya

Meski memiliki bau yang kurang sedap bagi sebagian orang, namun lidah buaya bisa menjadi cara menghilangkan bruntusan di jidat dalam semalam lho! Melansir Healthline lidah buaya adalah tanaman dalam keluarga sukulen yang sejatinya tumbuh liar dan memiliki daun yang tebal serta bergerigi.

Jika dibelah, lidah buaya akan mengeluarkan gel berwarna bening. Nah, gel tersebut bisa digunakan untuk menenangkan kulit yang terbakar atau teriritasi, bahkan beberapa orang menggunakannya untuk mengobati jerawat dan bruntusan di jidat. 

Apalagi lidah buaya bersifat antibakteri yang membuatnya efektif untuk mengobati masalah pada kulit wajah.

3. Tea tree oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh sudah sejak lama dikenal dapat membantu mengatasi jerawat dan bruntusan. Sehingga nggak heran ada banyak merk skincare yang menggunakan minyak ini sebagai bahan dasarnya untuk meredakan masalah-masalah tersebut.

Yup, tea tree oil memang bisa meredakan jerawat dan bruntusan yang meradang. Namun, minyak ini kurang cocok bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Untuk itu, sebelum memutuskan menggunakan tea tree pil, pastikan lakukan tes pada kulit tangan terlebih dahulu ya Bu!

4. Lemon dan putih telur

Selain bisa digunakan sebagai masker yang berfungsi mencerahkan wajah, ternyata melansir Medical News Today campuran lemon dan putih telur juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bruntusan di jidat dalam semalam lho!

Apalagi putih telur mengandung protein tinggi yang dapat mengencangkan dan mengontrol minyak berlebih penyebab jerawat dan bruntusan di wajah dan jidat. Sementara lemon kaya akan vitamin C yang bisa mencerahkan wajah dan mencegah inflamasi akibat jerawat dan bruntusan yang meradang. 

Sebelum menggunakan dua bahan alami ini, ada baiknya pastikan kulit tidak sensitif yang justru berpotensi menimbulkan alergi ya Bu!

5. Oatmeal

Oatmeal terbuat dari gandum yang dipercaya menjadi salah satu cara menghilangkan bruntusan dalam semalam. Nah, karena oatmeal memiliki sifat anti inflamasi atau peradangan maka oatmeal sangat cocok untuk menghilangkan bruntusan di jidat dalam semalam.

Oatmeal juga cocok digunakan bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Cukup larutkan oatmeal dengan air hangat dan diblender, lalu pijat secara perlahan ke bagian jidat yang sedang bruntusan.

6. Madu

Memiliki rasa manis alami yang bisa mengobati segala jenis penyakit, ternyata madu juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bruntusan di jidat dalam semalam lho! Kamu bisa gunakan madu sebagai masker, lalu diamkan selama 30 menit dan bilas dengan menggunakan air hangat.

7. Minyak cengkeh

Selain bisa meredakan sakit gigi pada gigi yang berlubang, ternyata minyak cengkeh juga bisa membantu menghilangkan bruntusan ya Bu. Apalagi minyak ini mengandung bahan eugenol yang mampu mengatasi rasa gatal dan menenangkan kulit.

Namun, minyak cengkeh mungkin sedikit terasa hangat bila diaplikasikan di kulit wajah. Untuk itu, ada baiknya campurkan minyak cengkeh dengan sedikit air agar lebih terasa nyaman di kulit. Mengingat kulit di sekitar jidat cukup tipis, sehingga dapat mengurangi kemungkinan alergi.

Editor: Dwi Ratih