Keluarga

7 Film Dokumenter Terbaik Netflix, Kamu Sudah Nonton?

7 Film Dokumenter Terbaik Netflix, Kamu Sudah Nonton?

Kehadiran film dokumenter terbaik tidak hanya menantang apa yang selama ini kamu pikirkan tentang dunia, tetapi juga cara kamu memandangnya. 

Banyak film dokumenter terbaik yang berhasil membuat penontonnya untuk berpikir dengan cara dan sudut pandang yang baru. Apakah kamu termasuk salah satu penggemar genre dokumenter?

Berikut daftar lengkap rekomendasi dokumenter Netflix terbaik untuk kamu tonton. Penasaran apa saja? Yuk, cari tahu!

1. The Disappearance of Madeleine McCann

Photo source: filmdaily.co

The Disappearance of Madeleine McCann menjadi salah satu rekomendasi dokumenter Netflix terbaik sejak ditayangkan pada 2019 lalu. 

Dalam delapan episodenya, film dokumenter terbaik ini menceritakan tentang kasus hilangnya seorang balita bernama Madeleine McCann saat berlibur bersama keluarganya di Resort Praia da Luz, Algarve, Portugal.

Kejadian misterius tersebut terjadi pada 3 Mei 2007 dan sampai saat ini masih belum menemukan titik terang. Terlebih menurut kesaksian kedua orang tuanya, Madeleine saat itu sedang terlelap di tempat tidurnya yang hanya berjarak kurang lebih 180 kaki dari mereka. 

Tanpa adanya hal-hal yang terlihat dan terdengar mencurigakan, lalu menghilang begitu saja.

2. American Murder: The Family Next Door

Photo source: voi.id

Film dokumenter terbaik Netflix selanjutnya yaitu American Murder: The Family Next Door. Hal paling menarik yang membuat film dokumenter ini berbeda adalah keseluruhan tayangan masih menggunakan footage atau rekaman mentah. 

Di tangan produser Jenny Popplewell, seluruh rekaman mentah bisa tersusun rapi menjadi sebuah film dokumenter terbaik berdurasi 82 menit.

Dilansir dari New York Times, kisah pembunuhan dalam film ini adalah yang paling tragis sepanjang sejarah perfilman genre dokumenter. Terlebih pelakunya, Christopher Watts, tega membunuh istri yang sedang hamil dan kedua anak kandungnya sendiri. Sadis banget, ya!

3. The Puppet Master: Hunting the Ultimate Conman

Photo source: netflix.com

Rekomendasi dokumenter Netflix terbaik yang tayang tahun 2022 ini membawa serta judul film The Puppet Master: Hunting the Ultimate Conman dalam daftar. 

Terdapat tiga bagian dalam film dokumenter terbaik yang mengisahkan kehidupan seorang penipu ulung bernama Robert Hendy-Freegard, yaitu They Vanished, Chasing a Ghost, dan Setting the Trap. Ketiga bagiannya sama-sama memiliki genre kriminal.

Dalam dokumenter, Robert mengaku sebagai agen MI5–unit intelijen militer Inggris untuk  korbannya. Tidak hanya meminta sejumlah uang, Robert bahkan menjauhkan korban-korbannya dari keluarga dan kerabat dengan dalih ia sedang melindungi mereka dari IRA. 

Beruntung, di tahun 2005 ia ditangkap dan dijatuhi hukuman atas sejumlah kasus hukum, termasuk penipuan dan pembunuhan keji.

4. The Tinder Swindler

Photo source: tirto.id

Di antara film dokumenter terbaik, The Tinder Swindler menjadi salah satu judul yang sempat viral di media sosial. Film ini mengangkat kisah penipu ulung, Simon Leviev, yang menjerat korbannya melalui aplikasi kencan Tinder. 

Menariknya, dengan begitu lihainya Simon bisa meminjam uang dalam jumlah besar kepada teman-teman wanita yang ia targetkan dari Tinder.

Sejak ditayangkan perdana pada 2 Februari 2022 lalu, The Tinder Swindler masih menduduki peringkat atas di daftar rekomendasi dokumenter Netflix terbaik. Bahkan dilansir oleh situs The Wrap, film dokumenter terbaik ini sudah ditonton sebanyak 45.8 juta jam di Netflix. 

Tak heran jika sampai artikel ini ditulis, film yang disutradarai oleh Felicity Morris masih berada di daftar teratas hasil pencarian.

5. Seaspiracy

Photo source: cinemags.co.id

Sedikit berbeda dari film dokumenter terbaik lainnya, Seaspiracy hadir memberikan sudut pandang baru tentang kehidupan bawah laut akibat industri penangkapan ikan. Sang sutradara sekaligus narator film, Ali Tabrizi, menyoroti aktivitas penangkapan ikan yang terus berlangsung bisa mengosongkan isi lautan di tahun 2048 mendatang. 

Tentu saja, setelah ditayangkan film ini mendapat respon yang beragam dari sejumlah penonton.

Bagi mereka yang memperhatikan kelestarian lingkungan alam semesta, berpendapat sama dengan yang disampaikan Tabrizi dalam film dokumenter terbaik itu. Beberapa bahkan menganggap aktivitas penangkapan ikan yang berlebihan bisa merusak ekosistem bawah laut. 

Bukan tanpa landasan, film dokumenter Seaspiracy digarap berdasarkan data Great Pacific Garbage Patch yang menunjukkan bahwa lebih dari 50% sampah plastik di area Samudera Pasifik adalah jaring ikan.

6. Spycraft

Photo source: ocioworld.net

Mengisahkan tentang bisnis mata-mata di seluruh dunia, film dokumenter terbaik berjudul Spycraft layak untuk kamu tonton. Tak hanya menceritakan cara kerja mata-mata, film ini  juga menunjukkan sejarah hingga alat yang digunakan oleh seorang mata-mata demi mendapatkan informasi rahasia. 

Kamu yang menyukai genre film detektif sepertinya akan menyukai alur cerita Spycraft.

Kesaksian mantan anggota CIA dan FBI, Keith Melton, Robert Bigman, dan Dylan Berry, dalam dokumenter ini akan memberikan gambaran detail tentang dunia kerja mata-mata kepada para penontonnya. Spycraft terdiri dari delapan episode, yang menarik dan sayang dilewatkan begitu saja.

7. The Raincoat Killer: Chasing A Predator in Korea

Photo source: cinemags.co.id

Rekomendasi film dokumenter Netflix terbaik yang terakhir, berjudul The Raincoat Killer: Chasing A Predator in Korea. Mengangkat kisah nyata tentang aksi pembunuhan yang dilakukan oleh Yoo Young Chul terhadap 20 korbannya sepanjang tahun 2003 - 2004 silam. 

Tak hanya melakukan aksi pembunuhan sadis dengan memutilasi korban-korbannya, Yoo Young Chul juga mengambil barang-barang berharga milik korban.

Namun demikian, tidak hanya orang-orang kaya di kawasan Seoul yang menjadi sasaran korban. Ada pula wanita ahli pijat, pekerja seks komersial, dan pramuniaga yang menjadi korban pembunuhan sadisnya. 

Saat ini, pelaku masih berada di dalam penjara dan menunggu eksekusi mati sesuai dengan yang ditetapkan oleh pengadilan setempat.

Itulah tadi 7 rekomendasi film dokumenter terbaik yang bisa kamu tonton melalui Netflix. Kira-kira film dokumenter mana yang akan jadi favorit kamu?

Editor: Dwi Ratih