Keluarga

8 Cara Menghilangkan Duri Ikan Di Tenggorokan, Sudah Pernah Coba?

8 Cara Menghilangkan Duri Ikan Di Tenggorokan, Sudah Pernah Coba?

Ikan merupakan sumber protein hewani yang kaya akan omega-3 & 6 yang baik untuk tubuh. Sebagai negara maritim terbesar di dunia, populasi ikan di Indonesia sangat melimpah.

Bikin Ibumin merasa bersyukur sekali tinggal di negara ini. Apalagi, harga ikan tergolong jauh lebih murah ketimbang daging sapi ataupun ayam.

Ikan juga memiliki rasa yang lezat dan mudah dimasak dengan berbagai macam masakan. Namun, satu hal yang kadang bikin Ibumin jadi malas makan ikan adalah ketulangan duri ikan.

Terlebih duri ikan yang menyangkut di tenggorokan tak jarang bikin kita jadi tidak nyaman saat menelan. Karenanya, menghilangkan duri ikan di tenggorokan perlu dilakukan dengan segera, sebab juga bisa menyebabkan kesulitan bernapas.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan duri ikan ditenggorokan. Yuk, simak caranya dalam ulasan berikut.

Tanda ada duri ikan yang nyangkut di tenggorokan


Tertelan tulang ikan secara tidak sengaja sangat umum terjadi. Kalau di Indonesia, kondisi ini seringkali disebut sebagai ‘ketulangan’. Tulang ikan memang berukuran kecil, dan mudah hilang saat proses menelan.

Akan tetapi, tulang ikan memiliki tepian yang tajam. Tepian yang tajam tersebut bisa membuatnya lebih rentan tersangkut di tenggorokan.

Mengutip dari Healthline berikut ini beberapa tanda bahwa duri ikan tersangkut di tenggorokan yang umum dialami semua orang:

  • Muncul sensasi kesemutan atau seperti ada yang menusuk di tenggorokan
  • Tenggorokan terasa ada yang mengganjal saat menelan
  • Sering batuk
  • Sulit menelan atau nyeri saat menelan
  • Terdapat darah pada air liur, akibat adanya luka di tenggorokan.

Jenis ikan mana yang banyak mengandung banyak duri?


Beberapa jenis ikan memiliki sistem kerangka yang lebih rumit daripada jenis yang lain. Hal ini dapat membuat mereka lebih sulit untuk dibersihkan atau dimakan, meski rasa dagingnya cukup enak.

Beberapa jenis ikan yang mengandung banyak duri diantaranya adalah:

  • Ikan bandeng
  • Ikan layur
  • Ikan teri kaca/kaca piring
  • Ikan tombak
  • Ikan kembung
  • Ikan mas, dan lain sebagainya.

Duri ikan nyangkut di tenggorokan apakah bisa hancur sendiri?


Meskipun banyak cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan, namun sejatinya duti ikan yang nyangkut di tenggorokan bisa hancur dengan sendirinya melalui proses pencernaan alami. Tapi memang, perlu diakui, hal ini membutuhkan waktu cukup lama, tergantung di mana letak duri ikan tersangkut di tenggorokan.

Mengutip dari Medical News Today menghilangkan duri ikan di tenggorokan mungkin akan jadi hal yang sulit tapi juga mudah dilakukan. Kenapa? Sebab, duri ikan punya bentuk yang cukup tajam.

Duri rentan menancap di tenggorokan dan menyebabkan tenggorokan jadi lecet, terutama saat proses turun ke saluran pencernaan. Mungkin kita juga bisa merasa seolah-olah tulang tersangkut di tenggorokan, padahal kenyataannya, tulang sudah melewati kerongkongan menuju lambung.

Nah, sebelum menghilangkan duri ikan di tenggorokan, namun orang tersebut sudah memuntahkan darah, dapat dipastikan bahwa duri ikan sudah terbentur dengan tenggorokan. Bahkan, ada juga kasus ketulangan ikan yang membuat korban jadi kesulitan bernapas dan harus segera di bawa ke UGD, lho!

Jadi, jangan salah, ketulangan duri ikan juga bisa menyebabkan komplikasi serius berupa:

  • Ketidakmampuan untuk menelan makanan
  • Nyeri dada dan sulit bernapas
  • Infeksi dan muntah darah
  • Abses.

Cara mengeluarkan duri ikan di tenggorokan


Pada dasarnya, duri ikan bisa hancur atau turun secara alami tanpa memerlukan tindakan medis khusus. Namun, Ibumin paham betul bahwa kondisi ini jelas bikin kita jadi nggak nyaman.

Sehingga, seringkali mencari berbagai cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan demi bisa mengeluarkan duri dengan segera. Apalagi biasanya, duri ikan baru akan benar-benar hancur setelah beberapa hari, hingga beberapa minggu di dalam tubuh.

Tapi, nggak perlu khawatir, mengutip dari Tuasaude berikut adalah cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan yang dapat kamu lakukan di rumah:

1. Makan marshmallow

Marshmallow merupakan makanan yang cukup lembut dan lunak dengan tekstur lengket saat terkena air liur. Memakan marsmallow, dipercaya dapat membuat duri ikan menempel dan terdorong masuk ke dalam perut.

2. Makan pisang

Yes! Ini merupakan cara terbaik yang selalu Ibumin lakukan sebagai cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan. Pisang dianggap sebagai buah dengan teksur yang lunak dan tidak akan melukai tenggorokan.

Bahkan, setelah pisang dikunyah dan ditelan, diharapkan dapat mendorong duri ikan masuk ke dalam saluran cerna. Sehingga bisa dihancurkan secara alami di lambung.

3. Batuk kencang

Batuk juga jadi salah satu cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan, yang jadi reflek alami tubuh. Hal ini dilakukan melindungi tenggorokan dan saluran pernapasan.

Batuk juga dapat menciptakan dorongan udara yang kuat di area tenggorokan. Biasanya selain makan pisang, Ibumin juga berusaha batuk lebih kencang agar duri ikan yang nyangkut bisa turun ke lambung.

4. Makan roti

Ambil selembar roti, kemudian sobek sedikit dan basahi roti dengan air dan bentuk roti tersebut menjadi bola-bola kecil yang dapat mudah ditelan. Nah, setelahnya, cobalah untuk menelan bola roti bulat-bulat tanpa perlu mengunyah.

Hal ini dapat membantu mendorong duri ikan yang tersangkut di tenggorokan, agar bisa masuk ke dalam perut.

5. Minum air soda

Kita tahu bahwa air soda mengandung banyak gas. Nah, gas ini ternyata bisa bermanfaat untuk mendorong duri ikan yang menyangkut di tenggorokan nantinya. 

6. Makan nasi

Sama seperti makan roti, Ibu bisa membentuk nasi menjadi bola-bola kecil yang kemudian bisa ditelan bulat-bulat. Telan nasi tersebut tanpa dikunyah terlebih dahulu, jangan lupa siapkan air putih agar dapat mendorong nasi dan duri ikan masuk ke dalam saluran pencernaan.

7. Minum cuka apel

Cuka apel juga bisa membantu menghilangkan duri ikan di tenggorokan. Cuka apel bersifat asam yang juga bisa membantu memecah tulang ikan, sehingga tulang menjadi lembut dan mudah untuk ditelan.

8. Minum minyak zaitun

Minyak zaitun juga dipercaya mampu menghilangkan duri ikan di tenggorokan, lho! Minyak zaitun bisa berfungsi sebagai pelumas alami. Ibu bisa minum 1-2 sendok makan minyak zaitun untuk membantu meluruhkan duri ikan.

Nah, apabila semua cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan ini sudah kamu lakukan namun tidak membuahkan hasil, selama nggak menyebabkan kesulitan bernapas, maka kamu bisa menunggu hingga duri ikan turun dengan sendirinya.