Keluarga

8 Jenis Warna Hijau Untuk Percantik Tembok Rumahmu

8 Jenis Warna Hijau Untuk Percantik Tembok Rumahmu

Bicara soal warna, ada banyak variasi tingkatan warna termasuk di antaranya beragam jenis warna hijau. Variasi warna hijau juga seringkali dipilih, untuk dekorasi rumah.

Mulai dari warna cat tembok sampai ke pernak-pernik yang menghiasi ruangan. Apalagi, belakangan ini, jenis warna hijau cat tembok sedang ngetrend nih, Bu.

Bila kamu sedang mencari jenis warna hijau cat tembok yang sesuai untuk mempercantik rumah, lihat referensinya di sini, yuk! Siapa tahu, bisa jadi inspirasi buat mengganti suasana baru di rumah.

Arti warna hijau


Melansir dari Very Well Mind, pada dasarnya warna terbentuk dari gelombang panjang yang membangkitkan gairah dan kehangatan. Warna hijau sendiri, terbentuk dari gelombang panjang yang lebih pendek.

Sehingga, menimbulkan kesan nyaman dan sejuk. Jenis warna hijau, juga identik dengan ketenangan, melepas stres, menyembuhkan, dan sesuatu yang positif.

Menurut penelitian, semua jenis warna memiliki arti psikologi yang memengaruhi perasaan dan perilaku seseorang. Apa saja arti psikologi warna dari jenis warna hijau pada cat tembok dan dekorasi rumah?

Beragam jenis warna hijau untuk warna cat tembok

1. Hijau olive


Warna hijau olive atau hijau buah zaitun, merupakan warna dengan sejarah yang kuat. Pohon buah zaitun dikeramatkan oleh penduduk Yunani kuno, dan sering diibaratkan serupa warna Dewi Athena.

Warna ini mulai populer di Eropa pada abad ke-19, ketika jenis warna hijau zaitun dipilih sebagai warna seragam militer. Inilah mengapa, selain melambangkan ketenangan, jenis hijau zaitun juga melambangkan kekuatan dan kedamaian.

Secara psikologis, warna hijau zaitun menenangkan dan melembutkan. Baik untuk mengurangi stres dan kecemasan.

Warna hijau zaitun cocok digunakan untuk cat tembok kamar tidur. Meski tak jarang tembok luar ruangan, juga tampak manis diberi warna ini karena identik dengan nuansa kembali ke alam.

2. Hijau limau


Jenis warna hijau limau ini, juga dikenal dengan istilah lime green. Sebutannya diambil dari warna kulit jeruk nipis, jeruk purut, atau jenis jeruk serupa.

Warna hijau ini ditandai dengan hijau yang lebih segar, sehingga erat kaitannya dengan kreativitas dan kesegaran. Secara psikologis, jenis warna hijau limau menandakan kepercayaan diri dan energi yang membuncah.

Memilih warna ini menjadikan suasana lebih hidup dan ceria. Paket lengkap dari inspiring sekaligus energizing. 

Untuk pemilihan cat tembok dengan warna ini, akan lebih bagus jika dikombinasikan dengan warna seperti hitam, putih, abu-abu dan fuschia. Jika ingin kombinasi yang lebih eksentrik, pemilihan warna kuning, oranye atau pink gelap bisa diambil.

3. Hijau neon


Siapa penyuka jenis warna hijau neon ini? Hijau neon adalah, warna paling terang dari semua jenis warna hijau. Awalnya warna ini dimulai dari reaksi atomic yang ditemukan ahli kimia. 

Berikutnya, warna ini digunakan sebagai penanda toko atau penunjuk arah. Karena warnanya yang begitu menarik perhatian, hijau neon pun dijadikan warna pada pakaian pekerja konstruksi, pekerja tambang, dan pada papan penanda pekerjaan berat lainnya.

Tujuannya, untuk memudahkan para pekerja ini terlihat di medan yang gelap. Rumah yang dicat dengan hijau neon akan menularkan nuansa keceriaan ala anak muda. Meski sebenarnya ada orang-orang yang merasa terganggu ketika melihat  warna hijau neon.

Jika kamu memilih jenis warna hijau neon untuk dekorasi ruangan, letakkan warna ini di area favoritmu saja. Misalnya seperti area kamar tidur, dapur, atau ruang olahraga.

4. Hijau sage 


Lebaran 2023 masyarakat Indonesia terkena demam tersage-sage. Istilah ini, mewakili banyaknya keluarga Indonesia yang memilih jenis warna hijau sage untuk busana di hari raya.

Tak tanggung-tanggung, warna ini dipilih untuk seragam hari raya 1 keluarga besar. Wah, apakah kamu salah satunya?

Warna ini berasal dari tanaman herba sage. Warna hijau sage, menandakan awal mula yang baru untuk tumbuh dan berkembang. Di waktu bersamaan juga menenangkan dan memberikan rasa aman.

Ruangan dengan warna hijau sage bisa diletakkan di ruang tamu untuk menandakan sambutan hangat. Cantik dikombinasikan dengan perabotan kayu.

5. Hijau busa laut


Dikenal dengan istilah seafoam green, warna hijau yang satu ini mencerminkan pantulan warna hijau kebiruan khas air laut. Seperti asal dari penyebutan warna ini, hijau busa laut benar-benar mendeskripsikan sebuah ketenangan yang lembut tapi memiliki sentuhan cerah ceria.

Orang-orang yang mencari ketenangan melalui laut, suara debur ombak, dan angin pantai, pasti menyukai warna pastel ini untuk tembok ruangannya. Pemilihan warna ini, cocok untuk warna tembok kamar mandi atau kamar tidur. 

6. Hijau emerald

Photo source: thedesignsheppard.com

Jenis warna hijau emerald juga akrab disapai sebagai hijau botol. Warna ini, identik dengan kekuatan dan kemewahan. Warna ini juga berasal dari batu emerald yang banyak digunakan masyarakat Mesir Kuno sebagai symbol kekayaan.

Tapi tak hanya itu, warna hijau botol ini juga menandakan cinta dan kesetiaan, lho! Warnanya yang terang dan kuat, cocok digunakan untuk dekorasi tembok dapur atau kamar mandi. Menumbuhkan semangat kemewahan dan kekuatan yang terasa meski tanpa diucapkan dengan kata-kata.

7. Hijau mint


Jenis warna hijau mint memiliki sedikit kemiripan dengan hijau busa laut. Hanya saja untuk hijau busa laut memiliki warna yang lebih terang daripada mint.

Meski daun mint asli tidak memiliki warna yang sama dengan hijau mint dalam palet warna. Namun, sensasi dingin semriwing yang dikeluarkan daun mint menular untuk warna hijau mint ini.

Secara psikologis jenis warna hijau mint merepresentasikan ketenangan, kesehatan dan keberuntungan. Tapi dibalik itu hijau minta juga mewakili sesuatu yang baru, segar dan kreatif.

Kamu bisa memilih menggunakan warna ini untuk tembok kamar tidur, kamar belajar atau ruang kerja.

8. Hijau bolu pandan (Chartreuse)


Jenis warna hijau chartreuse disebut juga hijau kekuningan. Hijaunya memberi kesan lembut tapi segar. Di Indonesia akrab dijuluki hijau bolu pandan.

Karena warnanya yang mencerminkan warna hijau kue bolu pandan. Warna ini banyak digemari untuk cat tembok karena manis tapi lembut. Nuansa yang diciptakan juga menjadi lebih akrab.

Melansir dari Color Psychology, jenis warna hijau ini banyak digunakan pada tembok perusahaan teknologi di 2010. Ini karena warna hijau bolu pandan, menunjukkan kreativitas dan dedikasi tinggi yang dibutuhkan di perusahaan teknologi.

Sedangkan secara psikologi, warna hijau bolu pandan menunjukkan semangat muda, antusiasme, sifat alami dan masa muda. Dari semua jenis warna hijau cat tembok ini, mana yang paling kamu suka untuk dekorasi ruangan di rumahmu?

Editor: Aprilia