Keluarga

9 Rekomendasi Menstrual Cup yang Mudah dan Nyaman Digunakan

9 Rekomendasi Menstrual Cup yang Mudah dan Nyaman Digunakan

Saat ini di Indonesia sudah ada cukup banyak rekomendasi menstrual cup. Mulai dari brand lokal sampai internasional, bisa dengan mudah kamu temukan di berbagai situs belanja online. 

Harga menstrual cup pun beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan budget yang kamu punya. Menariknya, dikutip dari CNN, hasil riset menunjukkan penggunaan menstrual cup bisa 95% lebih menghemat pengeluaran tahunan dibandingkan dengan saat kamu membeli pembalut menstruasi.

Namun, banyaknya rekomendasi menstrual cup yang ada saat ini justru semakin membuat kamu bingung menentukan pilihan. 

Nah, untuk memudahkan kamu dalam menentukan pilihan, berikut ini adalah rekomendasi menstrual cup yang mudah dan nyaman digunakan bahkan untuk pemula sekali pun. 

Cari tahu, yuk!

1. Ecotalk Menstrual Cup

Photo source: tokoorganic.shop

Rekomendasi menstrual cup yang pertama datang dari brand lokal, Ecotalk. Harga Ecotalk Menstrual Cup sangat ramah di kantong, yaitu di kisaran Rp175.000 sampai Rp205.000 saja. 

Hanya dengan budget sebesar itu, kamu sudah bisa membawa set Ecotalk Menstrual Cup yang lengkap, termasuk canvas pouch untuk penyimpanannya. Meskipun cukup murah, kualitasnya tidak kalah saing dari brand-brand mancanegara. 

Terlebih Ecotalk Menstrual Cup juga tersedia dalam tiga ukuran berbeda, S, M, dan L, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

2. Lunar Menstrual Cup

Photo source: shopee.co.id

Lunar Menstrual Cup disebut-sebut sebagai salah satu brand rekomendasi menstrual cup yang cocok digunakan untuk pemilik kulit sensitif. Berdasarkan klaimnya, Lunar Menstrual Cup dibuat dengan menggunakan bahan silikon berkualitas tinggi, serta bebas lateks dan hipoalergenik. 

Untuk kamu yang tertarik mencoba, harga menstrual cup dari brand ini dibanderol sekitar Rp90.000 sampai Rp200.000. Oh iya, dibandingkan dengan brand lainnya, Lunar Menstrual Cup memiliki desain dan warna-warna yang menarik.

3. G Menstrual Cup

Photo source: bukalapak.com

Dibuat dengan menggunakan 100% bahan silikon medis, G Menstrual Cup bisa awet hingga 5 sampai 6 tahun pemakaian. Rekomendasi menstrual cup lokal ini tersedia dalam ukuran XS, S, dan L. 

G Menstrual Cup ukuran XS memiliki diameter 38 mm dan tinggi 65 mm, serta daya tampung maksimal 15 ml. Sementara itu, G Menstrual Cup ukuran S berdiameter 42 mm, tinggi 70 mm dan daya tampung 20 ml. 

Di ukuran terbesarnya, yaitu ukuran L, G Menstrual Cup memiliki diameter 47 mm, tinggi 77 mm, dan kapasitas tampung mencapai 25 ml. Harga menstrual cup ini adalah sebesar Rp159.000.

4. Diva Cup

Photo source: healthline.com

Brand Diva Cup masuk dalam daftar rekomendasi menstrual cup selanjutnya. Jika dilihat secara fisik, Diva Cup memiliki bentuk yang agak berbeda dibandingkan dengan menstrual cup pada umumnya. 

Di bagian bawah cup terdapat batang kecil yang berfungsi memudahkan pemakai untuk melepas menstrual cup ini. Desain unik dari Diva Cup yang seperti ini tentu memudahkan para pemula, bukan? 

Untuk mendapatkan produk ini kamu perlu menyediakan budget antara Rp500.000 sampai Rp700.000.

5. Lunette Menstrual Cup

Photo source: nappyneedz.co.nz

Rekomendasi menstrual cup berikutnya, yaitu Lunette Menstrual Cup. Dikemas cantik dalam 6 pilihan warna berbeda, menstrual cup ini layak untuk dipertimbangkan. 

Dari sisi bahan, Lunette Menstrual Cup menggunakan silikon medis, tanpa bahan kimia, dan bebas BPA. Harga menstrual cup asal Kanada ini dibanderol sebesar Rp400.000-an.

6. Saalt Menstrual Cup


Photo source: glamour.com

Saalt Menstrual Cup belakangan cukup populer di kalangan pengguna menstrual cup. Hal ini dikarenakan Saalt menggunakan bahan silikon medis berkualitas yang diklaim bisa bertahan hingga 10 tahun dan dapat menjaga keseimbangan pH organ intim kewanitaan. 

Dengan harga sekitar Rp500.000-an, kamu bisa membawa pulang Saalt Menstrual Cup lengkap dengan pouchnya yang cantik.

7. Allmaters Cup

Photo source: shopify.com

Berbicara tentang rekomendasi menstrual cup rasanya tidak lengkap kalau belum memasukkan nama Allmaters Cup dalam daftar. Perlu diketahui, sebelum berganti nama brand ini lebih dulu muncul ke publik menggunakan nama Organic Cup. 

Meski tidak memiliki warna-warna gemas seperti menstrual cup dari brand lainnya, Allmaters Cup tetap dibuat dengan bahan 100% silikon medis yang aman dan bebas risiko efek samping. Soal harga pun cukup terjangkau, yaitu seharga Rp399.000.

8. Lena Cup

Photo source: thetravellingpath.com

Bagi wanita yang memiliki kondisi serviks sensitif, Lena Cup sangat direkomendasikan. Brand menstrual cup asal California, Amerika Serikat ini memang secara khusus diciptakan untuk menjawab kebutuhanmu. 

Ukuran cup yang terbilang lebih kecil dibandingkan brand lain, juga membuat banyak orang merekomendasikan Lena Cup bagi para pemula. Harga menstrual cup ini dijual sebesar Rp500.000 sampai Rp700.000.

9. Rhea Cup

Photo source: femaledaily.com

Satu lagi rekomendasi menstrual cup yang bisa kamu pilih, Rhea Cup. Ini adalah brand menstrual cup pertama asal Indonesia yang lolos uji standar FDA. Artinya, bahan silikon yang digunakan memang terbukti aman dan tidak memicu terjadinya reaksi alergi di kulit. 

Rhea Cup dijual dengan harga Rp250.000 dan tersedia dalam dua pilihan ukuran S dengan daya tampung 15 ml dan L dengan kapasitas penampungan lebih besar 20 ml.

Kira-kira dari daftar panjang rekomendasi menstrual cup tadi, mana yang akan jadi pilihan kamu? Jangan lupa, pelajari dulu cara memakai menstrual cup yang benar agar tidak mengganggu aktivitasmu. Semoga bermanfaat!

Editor: Dwi Ratih