Keluarga

Atasi Dengan Bahan Alami, Ini 7 Cara Mencerahkan Bibir Gelap

Atasi Dengan Bahan Alami, Ini 7 Cara Mencerahkan Bibir Gelap

Kulit udah stunning tapi masih bingung cari cara mencerahkan bibir. Nggak cuma kulit, bibir juga perlu diperhatikan supaya ikutan stunning cerah merona. Karena kalau bibir masih terlihat hitam tapi nggak cerah alami, kamu belum bisa percaya diri maksimal.

Mengapa bibir bisa menghitam, ya?

Alasan bibir menjadi hitam


Warna bibir setiap orang bervariasi, seperti halnya warna kulit. Namun ada kondisi di mana warna bibir menjadi lebih hitam. Biasanya ini terjadi ketika kadar melanin di area bibir meningkat.

Pemicunya beragam, mulai dari adanya reaksi terhadap apa yang dikonsumsi, maupun karena suatu penyakit. Sebuah penelitian di tahun 2012 menyebutkan bahwa hiperpigmentasi dapat disebabkan karena:

  • Perubahan psikologis seseorang
  • Genodermatosis (kelainan kulit yang didapat seseorang sejak lahir)
  • Penyakit peradangan
  • Masalah pada endokrin
  • Penggunaan obat-obatan
  • Atau adanya tumor jinak maupun ganas di area bibir.

Sementara itu laman Healthline menyebutkan kemungkinan warna bibir lebih gelap adalah karena:

  • Terpapar sinar matahari secara berlebihan
  • Dehidrasi
  • Alergi karena lipstick, lipcream, sleeping mask atau pasta gigi
  • Terlalu sering menggigit bibir
  • Konsumsi kopi
  • Merokok
  • Anemia
  • Kekurangan vitamin
  • Sedang menjalani kemoterapi.

Bahkan, Medical News Today juga menyebutkan kemungkinan hormon kehamilan membuat bibir dan beberapa area tubuh lainnya lebih hitam. Ini akan kembali ke warna aslinya ketika melahirkan.

Cara mencerahkan bibir yang hitam


Bila menghitamnya bibir bukan disebabkan karena medis seperti kemoterapi atau penggunaan obat-obatan tertentu, maka kamu bisa mencoba cara mencerahkan bibir yang bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan ada cara mencerahkan bibir hitam secara alami, dengan bahan-bahan yang ada di sekitar kita.

Sebagai langkah awal sebelum memulai treatment mencerahkan bibir hitam, pastikan dulu:

  • Mengurangi atau berhenti merokok
  • Mengurangi konsumsi kafein
  • Lebih banyak minum air putih
  • Mencukupi kebutuhan vitamin dari sayuran, buah atau suplementasi
  • Serta memastikan produk untuk area mulut dan gigi bebas bahan yang menyebabkan alergi.

Selanjutnya, kamu bisa mengikuti tips mencerahkan bibir hitam ini:

1. Gunakan pelembab bibir


Dengan menghidrasi bibir menggunakan pelembab, bibir akan jadi lebih sehat dan mencegah bibir semakin hitam. Lebih baik lagi jika pelembab bibir mengandung UV protection, sehingga proses mencerahkan bibir lebih cepat. Ulangi penggunaannya beberapa kali sehari, apalagi jika kamu banyak menghabiskan waktu di luar ruangan.

2. Eksfoliasi dengan scrub madu


Nggak cuma kulit yang butuh eksfoliasi. Bibir pun perlu. Ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati dan membantu bibir kembali ke warna alaminya.

Kamu bisa menggunakan madu dan gula sebagai cara mencerahkan bibir secara alami. Campurkan madu dan gula dengan perbandingan 1:1, lalu usap lembut di area bibir. Setelah cukup kering, bilas dengan air hangat. Lakukan ini seminggu sekali saja, karena jika berlebihan, bibir bisa mengalami iritasi.

3. Pilih minyak favorit untuk pijat bibir


Memijat lembut area bibir dapat membantu peredaran darah lebih lancar dan warna gelap bibir berkurang. Karena aliran darah yang lancar membantu memberikan warna bibir yang lebih cerah.

Pilih minyak favoritmu yang food grade atau edible, seperti minyak kacang almond, minyak kelapa atau minyak zaitun. Hindari menggunakan minyak dengan campuran yang bukan untuk dikonsumsi. Sasaran pijat adalah area bibir, di mana pengaplikasiannya besar kemungkinan masuk ke rongga mulut dan tertelan.

4. Lemon


Lemon bisa jadi pilihan jika kamu mencari cara mencerahkan bibir secara alami. Lemon mengandung citric acid yang terbukti mampu menekan produksi melanin berlebih. Berdasarkan penelitian di tahun 2022 menemukan bahwa, citric acid lebih berpotensi menekan melanin dibandingkan kojic acid yang sempat booming dalam dunia kecantikan.

Gunakan potongan kecil lemon untuk dioleskan ke bibir sebelum tidur, lalu bilas dengan air hangat keesokan harinya. Cara ini tentu tidak instan, ya. Karena cara alami membutuhkan waktu lebih lama. Konsisten melakukan ini selama 30 hari dapat membantu mencerahkan bibir kembali.

5. Masker jeruk nipis


Sama halnya dengan lemon, jeruk nipis juga mengandung citric acid yang bisa membantu menghambat produksi melanin. Campurkan 1,5 sendok the air jeruk nipis dengan 1 sendok teh madu dan 1 sendok the gliserin. Aplikasikan sebelum tidur dan bilas di pagi hari.

6. Pasta kunyit


Kunyit, si rempah sejuta manfaat juga baik untuk menekan melanin. Buatlah pasta kunyit dari 1 sendok makan susu cair dan secukupnya bubuk kunyit, sebagai cara mencerahkan bibir yang hitam. Diamkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air dan tutup dengan pelembab bibir.

7. Masker buah delima


Si buah super, delima merah, tak hanya punya manfaat untuk kulit, tapi juga untuk bibir. Kandungan buah delima membantu mengatasi hiperpigmentasi di kulit dan bibir. Kamu bisa menggunakan bubuk ektrak delima yang mudah ditemui di marketplace dan toko herbal, kemudian campurkan dengan yogurt dan air mawar.

Gunakan perbandingan yang sama untuk semua bahan, ya. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan buah delima asli dengan cara menghaluskan biji delima bersama yogurt dan air mawar. Jika menggunakan mesin penghancur makanan, kamu bisa sekaligus menggunakannya sebagai masker wajah.

Nah, cara-cara mencerahkan bibir di atas bisa kamu coba di rumah. Karena menggunakan cara alami tentu hasilnya tidak bisa instan. Lakukan secara konsisten dan dapatkan bibir yang lebih sehat merona.

Editor: Aprilia