Keluarga

Bebas Risiko Penyakit, Ini Cara Mengusir Lalat Dengan Cepat

Bebas Risiko Penyakit, Ini Cara Mengusir Lalat Dengan Cepat

Ibu, masih pusing memikirkan cara mengusir lalat dari rumah dengan cepat? Terlebih di tengah curah hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini, lalat berkembang biak lebih banyak. Pasalnya, lalat memang menyukai suhu udara dan tempat yang lembap.

Kondisi itu pula yang menyebabkan lalat berisiko membawa virus dan bakteri penyebab berbagai penyakit untuk Ibu dan keluarga. Dikutip dari United States Environmental Protection Agency (US EPA), lalat termasuk jenis serangga yang bisa memicu risiko penyakit diare, kolera, tuberkulosis (TBC), infeksi mata, serta keracunan makanan.

Tentu saja, Ibu tidak ingin kesehatan seluruh anggota keluarga terancam, kan? Untuk itu, mempelajari cara mengusir lalat di rumah adalah hal yang penting dilakukan. Lantas apa yang bisa Ibu lakukan? Simak panduan lengkap cara mengusir lalat dengan cepat berikut ini.

Bersihkan rumah secara menyeluruh

Cara mengusir lalat di rumah yang paling utama, yaitu dengan memastikan kondisi lingkungan tempat tinggal Ibu bersih secara menyeluruh. Perlu diketahui, lalat biasanya hidup dan berkembang biak di lingkungan yang tergenang air. 

Mengutip laman Medical News Today, lalat tidak bisa hidup lebih dari 48 jam tanpa akses ke air. Air menjadi media utama yang dibutuhkan untuk lalat makan dan berkembang biak. Oleh karena itu, salah satu cara mengusir lalat di rumah adalah dengan memastikan tidak ada tempat yang digenangi air.

Mulai dari wastafel, bak cuci piring, bak mandi, pot-pot tanaman, hingga retakan ubin di lantai atau dinding tempat lalat dapat tumbuh dan berkembang biak. Pastikan untuk membersihkan area-area tersebut secara rutin, sehingga tidak lagi ada tempat bagi lalat bersarang di rumah.

Memastikan tempat sampah selalu tertutup

Tempat sampah sering kali menjadi tempat ternyaman bagi lalat untuk hidup. Hal ini dikarenakan tempat sampah cenderung lembap, basah, dan kotor. Jadi, memastikan tempat sampah selalu dalam keadaan bersih adalah bagian dari cara mengusir lalat dengan cepat.

Segera buang sampah agar tidak menumpuk di dalam rumah. Pastikan bak sampah selalu dalam kondisi tertutup rapat, sehingga tidak ada celah bagi lalat untuk masuk. Jangan lupa  untuk membersihkan bak sampah menggunakan cairan disinfektan setelah kotoran di dalamnya diangkut oleh petugas kebersihan.

Nah, agar proses pembersihan tempat sampah lebih mudah, Ibu bisa memisahkan terlebih dulu antara bak sampah basah dan kering. Langkah ini juga akan memudahkan petugas kebersihan dalam mengolah limbah rumah tangga lho!

Manfaatkan tanaman-tanaman herbal

Cara mengusir lalat selanjutnya adalah dengan memelihara tanaman herbal. Yup! Memelihara tanaman herbal juga jadi salah satu cara mengusir lalat di siang hari yang cukup ampuh.

Ibu bisa mengusir lalat dengan memanfaatkan tanaman-tanaman herbal yang biasa ditanam di sekitar rumah. Beberapa tanaman herbal yang ampuh membasmi lalat antara lain, daun salam, kemangi, marigold, dan catnip.

Tanaman-tanaman herbal tersebut memiliki aroma khas yang tidak disukai oleh lalat. Ibu bisa meletakkannya dalam pot atau langsung menanamnya di halaman rumah. Dengan begitu, lalat jadi enggan masuk ke dalam rumah Ibu.

Selain rumah terbebas dari lalat-lalat nakal yang mengganggu dan membawa risiko penyakit, tanaman-tanaman herbal tadi juga punya banyak manfaat. Beberapa bahkan bisa dijadikan bahan penyedap masakan. 

Membuat perangkap dari campuran cuka apel dan sabun cuci piring

Dikutip dari Healthline, cara mengusir lalat di rumah juga bisa dilakukan dengan membuat larutan perangkap yang terdiri dari campuran cuka apel dan sabun cuci piring. Langkah ini bisa dijadikan alternatif cara mengusir lalat di siang hari maupun malam hari.

Untuk membuat perangkap ini, Ibu bisa mencampurkan 1 sendok makan cuka apel dengan beberapa tetes sabun cuci piring dalam sebuah gelas. Kemudian tutup gelas tersebut menggunakan bungkus plastik. 

Ikat plastik dengan karet gelang untuk memastikan gelas tertutup rapat. Setelah itu, buat beberapa lubang kecil pada bagian permukaan plastik tersebut.

Hasilnya, lalat akan tertarik dengan aroma cuka apel dan masuk melalui lubang-lubang kecil tersebut. Ketika sudah masuk dalam perangkap tersebut, lalat tidak dapat mendarat di atas cuka terapi justru tenggelam karena adanya campuran sabun cuci piring dalam larutan tersebut.

Gunakan insektisida

Jika cara mengusir lalat di siang hari menggunakan bahan-bahan alami belum juga berhasil, Ibu tidak perlu putus asa. Sebagai langkah akhir, gunakan insektisida untuk membasmi lalat-lalat nakal di sekitar rumah. 

Insektisida adalah bahan kimia yang biasa digunakan untuk membunuh serangga, termasuk lalat. Gunakan insektisida berbasis piretrin untuk mengusir lalat di rumah dengan cepat. 

National Pesticide Information Center (NPIC) mendefinisikan piretrin sebagai pestisida yang ditemukan secara alami pada bunga krisan. Penggunaan insektisida berbasis piretrin terbukti efektif mengusir nyamuk, semut, hingga lalat.

Tentu saja, bahan kimia yang jadi alternatif cara mengusir lalat ini tergolong berbahaya. Oleh karena itu, pastikan Ibu meletakkannya jauh dari jangkauan anak-anak di rumah. 

Jangan lupa, gunakan sarung tangan saat Ibu mengaplikasikan insektisida ini untuk mencegah risiko iritasi kulit. Itulah tadi beberapa cara mengusir lalat di rumah yang bisa Ibu terapkan. Semoga berhasil, ya!

Editor: Aprilia