Keluarga

Bikin Pernikahan Langgeng! 8 Langkah Wujudkan Relationship Goals

Bikin Pernikahan Langgeng! 8 Langkah Wujudkan Relationship Goals

Siapa sih yang nggak mau hubungan dengan pasangan terjalin sangat kuat hingga membuat pernikahan langgeng? Untuk mencapai relationship goals tersebut terkadang kita perlu sedikit perjuangan ya, Bu. 

Sebab, relationship goals sejatinya tidak datang begitu saja. Apalagi tiap pasangan tentu memiliki ‘goalsnya’ masing-masing. Ada yang merasa kehidupan finansial sebagai goalsnya, atau sesederhana memiliki waktu berdua untuk sekadar berlibur tanpa dibuntuti si kecil.

Apapun goalsnya, pada intinya relationship goals bertujuan agar pasangan selalu punya waktu untuk menghabiskan waktu berdua. Namun, membangun relationship goals tentu perlu effort yang besar untuk membuatnya tetap kuat mengikuti perjalanan waktu.

Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencapai relationship goals. Selain itu, semua hal ini juga bermanfaat untuk memperkuat hubungan sehingga tetap langgeng meski diterpa cobaan.

Apa itu relationship goals?


Setiap pasangan tentu memiliki prioritas kebutuhan yang berbeda. Artinya, nggak semua pasangan punya sudut pandang yang sama, terutama dalam mewujudkan relationship goals.

Jika melansir Mom n Junction relationship goals adalah sebuah perwujudan bagi tiap pasangan untuk menjalin hubungan cinta yang lebih serius. Tentunya dengan pandangan yang jauh lebih dewasa, supaya pernikahan makin langgeng dan bahagia.

Mewujudkan relationship goals nggak harus selalu tampil romantis atau mesra di depan semua orang, kok Bu. Karena, meskipun kita hanya melakukan hal-hal kecil, tapi siapa sangka hal tersebut sangan membekas bagi pasangan kita dan bisa membantu menjaga percikan hubungan agar tetap hidup.

Meskipun untuk mewujudkannya tiap pasangan punya cara yang berbeda, namun tujuannya tetap sama. Tak lain adalah untuk memiliki hubungan yang bahagia, sehat, dan langgeng hingga maut memisahkan.

Nah, untuk mewujudkan relationship goals tentu ada banyak hal yang perlu dilakukan. Karena semua yang indah-indah tentu nggak datang secara tiba-tiba tanpa adanya perjuangan, kan Bu? 

8 langkah wujudkan relationship goals


Mewujudkan relationship goals memang perlu effort yang nggak sedikit. Karenanya melansir Insider  berikut ini adalah beberapa cara dan hal-hal yang perlu kamu perhatikan untuk mewujudkan relationship goals agar pernikahan langgeng.

1. Belajar berkomunikasi dengan bahasa yang lebih baik

Dalam sebuah hubungan, perbedaan pendapat tentu tidak bisa dihindari. Hal ini juga bisa memicu emosi dan amarah.

Tapi, untuk mewujudkan relationship goals sangat penting untuk membangun komunikasi yang tenang dan lebih baik dengan pasangan. Hal ini juga bermanfaat agar Ibu dan pasangan sama-sama bisa mengatur dan meredakan situasi secara lebih dewasa.

Sebuah studi dari Journal of Marriage and The Family tahun 2017 mengungkapkan bahwa, pasangan yang melakukan komunikasi secara tenang dan positif merasa jauh lebih puas dalam hubungan yang mereka jalankan. Bahkan mereka juga bisa menghindari dan menghadapi konflik tanpa adanya emosi sama sekali. 

2. Atasi masalah bersama sebagai satu tim

Untuk mewujudkan relationship goals, kamu dan pasangan harus selalu mengatasi masalah bersama-sama sebagai sebuah tim. Ketimbang harus berkelahi atau beradu argumen satu sama lain. 

Sebagai manusia, tentu memiliki rasa egoisme dan membuat kita selalu ingin berdebat saat menghadapi suatu masalah. Perdebatan ini tak lain menyangkut siapa yang benar atau salah, tetapi dari pada berdebat akan jauh lebih baik untuk mengatasi masalah ini secara langsung dengan lebih terbuka.

Ketika kita fokus pada masalah dengan solusi yang jelas, dapat membuat hubungan lebih damai dan bahagia. Sehingga kamu dan pasangan akan semakin dekat dengan relationship goals yang sesungguhnya.

3. Jujur dan terbuka antar satu sama lain

Jujur dan terbuka dalam suatu hubungan menjadi hal yang sangat penting dilakukan. Hal ini sedikit banyak dapat mendorong pasangan untuk bersikap lebih terbuka, sehingga saat terjadi konflik dapat diselesaikan bersama tanpa saling menyalahkan.

4. Segera berbaikan setelah bertengkar

Mudah memaafkan pasangan setelah bertengkar menjadi salah satu hal yang penting dalam mewujudkan relationship goals agar pernikahan langgeng. Ketika kamu mampu pulih dengan baik dari pertengkaran, maka otomatis dapat lebih mudah memperbaiki koneksi dengan pasangan.

Tentunya hal ini harus didukung oleh dialog yang sehat agar baik pasangan maupun Ibu tetap bisa menangani kondisi ini secara lebih dewasa dengan pikiran terbuka. Cobalah untuk memecahkan ketegangan dengan berpelukan guna mengubah suasana hati.

5. Jangan mudah cemburu

Cemburu merupakan sikap alami yang kita rasakan ketika memiliki pasangan. Namun, agar relationship goals tercipta ada baiknya hindari sifat ini ya, Bu.

Baik kamu maupun pasangan harus bersikap lebih terbuka tanpa membuat salah satunya merasa bersalah dan muncul rasa kecemburuan. Cobalah untuk selalu mendukung pasangan tanpa alih-alih cemburu terhadap hal kecil.

6. Tingkatkan keintiman 

Keintiman bisa ditingkatkan melalui kehidupan seks yang sehat. Sedikit banyak, seks dapat membantu meningkatkan keintiman dan komunikasi antar pasangan secara emosional.

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa ada banyak pasangan yang mengalami peningkatan suasana hati dan kesejahteraan setelah melakukan hubungan seks secara rutin. Mereka juga merasa kualitas seks yang sehat dapat membantu mereka terhindar dari konflik.

7. Selalu punya waktu berdua

Kesibukan sehari-hari dalam bekerja dan mengurus si kecil terkadang membuat Ibu dan Ayah jadi kurang memiliki waktu berdua-an. Padahal meluangkan waktu untuk bersama dengan pasangan bisa mengurangi tingkat stress dan meningkatkan suasana hati.

Jadi, jangan lupa untuk selalu menyempatkan waktu berdua dengan pasangan. Walaupun hanya sekadar berolahraga pagi bersama ya, Bu!

8. Punya visi misi yang sejalan

Pastikan kamu dan pasangan memiliki keyakinan dan visi misi yang sama alias sejalan ya Bu. Karena, ketika pasangan yang sudah menikah punya visi misi yang sama, maka otomatis akan tercipta pernikahan yang lebih bahagia dan sejahtera.

Itulah 8 langkah yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkan relationship goals agar pernikahan langgeng dan bahagia. Yuk, mulai semuanya secara perlahan agar bisa sama-sama belajar menjadi pribadi yang lebih baik.