Keluarga

Bisa Dicoba, 8 Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan Ini Cukup Ampuh, Lho!

Bisa Dicoba, 8 Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan Ini Cukup Ampuh, Lho!

Mabuk perjalanan kerap kali menghampiri siapa saja yang bepergian jauh menggunakan kendaraan bermotor, baik itu transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Kabarnya, penyebab mabuk perjalanan yang utama adalah, karena orang tersebut tidak biasa melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan bermotor. Benarkah demikian?

Padahal, ada berbagai macam tips mabuk perjalanan yang bisa kita lakukan, lho! Selain menggunakan obat anti mabuk, beberapa orang ternyata telah melakukan cara mengatasi mabuk perjalanan dengan cara yang lebih alami dan aman untuk tubuh kita.

Melansir dari laman Family Doctor, mabuk perjalanan merupakan sebuah kondisi dimana tubuh mengalami rasa sakit atau tidak nyaman, yang dipicu karena gerakan. Hal ini dapat terjadi di mobil, bus, kereta api, pesawat, hingga kapal laut.

Mabuk perjalanan tidak akan mengancam jiwa jika tidak disertai penyakit tertentu yang membahayakan. Namun tentu saja, saat seseorang mengalami mabuk perjalanan maka semuanya menjadi terganggu dan perjalanan menjadi tidak nyaman.

Oleh karena itu, Ibu wajib menyimak tips agar tidak mabuk perjalanan dalam berikut ini supaya mudik lebaran tahun ini jadi lebih menyenangkan.

Faktor risiko mabuk perjalanan


Melansir dari laman Centers for Disease Control and Prevention (CDC), mabuk perjalanan berkaitan dengan respon fisiologis dan sistem vestibular fungsional. Tapi tentu saja ini tidak berlaku untuk semua orang, karena masing-masing tubuh manusia satu dengan lainnya sangat berbeda.

Faktor risiko mabuk perjalanan yang terjadi pada beberapa orang adalah sebagai berikut:

  • Anak-anak berusia 2-12 tahun dan orang dewasa di atas 50 tahun sangat rentan, sementara itu bayi atau balita cenderung lebih kebal terhadap mabuk perjalanan
  • Wanita lebih rentan mengalami mabuk perjalanan, terutama dalam kondisi khusus seperti hamil, menstruasi, atau karena hormon tertentu. Sementara pria dinilai lebih kebal terhadap kondisi ini
  • Orang yang sedang migrain cenderung mudah mengalami mabuk perjalanan. Oleh karenanya, salah satu tips agar tidak mabuk perjalanan adalah, menjaga badan tetap sehat dan bugar.
  • Orang yang mengonsumsi obat tertentu dapat memperburuk rasa mual akibat mabuk perjalanan, pastikan Ibu mengecek dulu obat apa yang sebelumnya telah dikonsumsi.

Gejala mabuk perjalanan yang kerap terjadi


Beberapa orang akan mengalami gejala mabuk perjalanan yang khas, namun dapat disertai dengan gejala lainya seperti berikut ini:

  • Mengalami mual hingga muntah
  • Berkeringat biasa hingga timbul keringat dingin
  • Air liur berlebihan atau sering meludah
  • Kurang bersemangat menjalani perjalanan
  • Mengalami hiperventilasi atau bernafas terlalu cepat dan terlalu dalam
  • Lebih sensitif terhadap bau atau aroma
  • Kehilangan nafsu makan
  • Merasa sangat mengantuk hingga sakit kepala.

Jika terdapat tanda-tanda di atas menyerang tubuh Ibu, maka tips agar tidak mabuk perjalanan berikut bisa dicoba. Pastikan gejalanya tidak parah sehingga cara mengatasi mabuk perjalanan bisa diterapkan melalui cara yang lebih alami.

Tips agar tidak mabuk perjalanan yang cukup ampuh


Apakah Ibu pernah mengalami mabuk perjalanan sehingga takut jika perjalanan kali ini tidak akan lancar? Jangan khawatir ya, Bu. Sebab, ada banyak sekali tips agar tidak mabuk perjalanan yang dapat Ibu lakukan sebagai tindakan pencegahan.

Melansir dari laman Mayo Clinic Health System, ada cara mencegah mabuk perjalanan yang cukup ampuh bila dilakukan. Simak tips agar tidak mabuk perjalanan berikut ini:

1. Duduk di kursi yang tepat

Tips agar tidak mabuk perjalanan ini hanya bisa dilakukan jika Ibu melakukan perjalanan dengan mobil pribadi. Mengingat, bila memakai transportasi umum, kita tidak bisa bebas mengganti tempat duduk sendiri. 

Berikut ini merupakan panduan posisi kursi supaya penyebab mabuk perjalanan tidak terjadi:

  • Orang yang usianya di atas 12 tahun sebaiknya duduk di kursi depan.
  • Jika duduk di belakang, pilih kursi bagian tengah supaya tetap bisa melihat ke arah jendela bagian depan.
  • Saat naik bus, ambil kursi bagian depan dan lihatlah lurus ke depan.
  • Jika berada di pesawat, pilih tempat duduk bagian depan, di tepi sayap, atau dekat jendela.
  • Ketika naik kapal laut, pilihlah kursi bagian tengah dan arahkan mata pada ke langit, sehingga otak dapat menyesuaikan dengan gerakan yang dirasakan oleh tubuh.

Sementara, untuk tips agar tidak mabuk perjalanan menggunakan pesawat, biasanya Ibu bisa membeli kursi bagian depan, supaya lebih aman dan nyaman. Lakukan pembelian tiket sejak jauh hari sebelum hari keberangkatan, karena kursi tersebut biasanya merupakan kursi yang paling banyak peminatnya.

2. Istirahat akan lebih baik


Beberapa pemudik atau pelancong kerap kali mengalami mabuk perjalanan karena tidak bisa menyesuaikan dengan keadaan yang sedang terjadi. Salah satu cara mencegah mabuk perjalanan adalah, dengan menghindari membaca, menonton film, atau menatap layar terlalu lama.

Aktivitas lain yang masih bisa jadi salah satu tips agar tidak mabuk perjalanan cukup ampuh adalah, mendengarkan musik, bernyanyi, hingga mengobrol dengan orang lain. Namun, pastikan kegiatan ini tidak mengganggu yang lainnya ya.

3. Sesekali buka kaca jendela mobil

Jika bepergian naik mobil, cobalah sesekali untuk membuka kaca mobil sekedar menghirup udara segar. Udara di dalam mobil yang terasa pengap dan bau AC yang terus menerus akan membuat Ibu merasa lebih pusing dari biasanya.

4. Hindari aktivitas yang merugikan

Tips agar tidak mabuk perjalanan adalah menghindarkan diri dari rokok, alkohol, hingga kafein. Jika harus menggunakan kendaraan umum, pilih transportasi yang nyaman dan di ruangan ber AC sehingga tidak ada yang merokok.

5. Pastikan tubuh dalam kondisi yang bugar


Tips agar tidak mabuk perjalanan yang wajib diperhatikan adalah, memastikan badan dalam kondisi sehat dan bugar sebelum melakukan perjalanan jauh. Buatlah tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik, mendapatkan asupan makanan yang cukup, dan bila perlu mengonsumsi suplemen makanan atau vitamin terlebih dahulu.

6. Mengonsumsi permen pelega tenggorokan

Makan permen pelega tenggorokan dengan rasa mint atau jahe merupakan salah satu tips agar tidak mabuk perjalanan yang cukup jitu. Rasa segar yang ditimbulkan dapat membuat badan dan pikiran lebih nyaman lho.

7. Membawa aromaterapi atau minyak angin

Tips agar tidak mabuk perjalanan berikut ini kerap kali dilakukan banyak orang, yaitu dengan membawa aromaterapi atau minyak angin. Pilih aroma yang Ibu suka dan hiruplah dalam-dalam, untuk menyamarkan rasa tidak nyaman saat mabuk perjalanan.

8. Mengonsumsi obat anti mabuk bila diperlukan

Jika mabuk perjalanan sudah tidak terelakan, Ibu bisa mengonsumsi obat anti mabuk untuk mengurangi gejalanya. Biasanya obat anti mabuk dapat membuat orang dewasa mengantuk dan tertidur selama dalam perjalanan.

Editor: Aprilia