Keluarga

Sst… Ini Cara Mengetahui Suami Puas atau Tidak di Ranjang

Sst… Ini Cara Mengetahui Suami Puas atau Tidak di Ranjang

Berhubungan intim tentu menjadi bagian tak terpisahkan dalam setiap kehidupan pernikahan. Tak sekadar bertujuan menuntaskan hasrat seksual, kegiatan ini juga bisa jadi cara yang bagus untuk meningkatkan ikatan emosional antara pasutri. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Psychological Science bahkan diketahui kalau seks merupakan salah satu kunci kebahagiaan rumah tangga. Pertanyaannya, bagaimana sih cara mengetahui suami puas atau tidak selama berhubungan intim?

Persoalan tentang cara mengetahui suami puas atau tidak umumnya memang jadi concern besar bagi sebagian istri. Hal ini wajar kok. Sebagai istri yang baik, keinginan untuk selalu memberikan yang terbaik untuk suami pasti selalu ada, dong? Tak terkecuali yang berkaitan dengan aktivitas ranjang.

Manfaat Rutin Berhubungan Seks untuk Pernikahan


Seks adalah aspek penting dalam kehidupan rumah tangga. Saat orgasme, otak akan melepaskan oksitosin yang disebut sebagai hormon bahagia. Dr. Sanam Hafeez, psikolog klinis dari New York, bahkan menyebutkan bahwa pasangan yang kurang bahagia seringnya disebabkan oleh kehidupan seksual yang kering.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dari rutin berhubungan intim. Sebelum bicara lebih jauh soal cara mengetahui suami puas atau tidak di kamar, kita bahas dulu yuk apa saja sih manfaat positif seks pada kehidupan pernikahan?

1. Membuat pernikahan lebih harmonis

Merasa bahwa pernikahan akhir-akhir ini terasa hambar? Mungkin kamu perlu berhubungan intim lebih sering. Seks akan membantu tubuh untuk melepas hormon oksitosin dan endorfin. Keduanya merupakan hormon bahagia yang membuat pikiran lebih tenang dan membantu memperkuat ikatan emosional dengan pasangan.

2. Mengurangi stres

Stres adalah hal tak terhindarkan dalam setiap kehidupan pernikahan. Pemicunya bisa beragam, mulai dari tugas domestik yang selalu menumpuk, pekerjaan, urusan anak, dan lain-lain. Nah, hubungan intim bisa jadi “pelarian” terbaik untuk meredakan tekanan di pikiran. Seks akan mengurangi produksi hormon stres kortisol sehingga pikiran menjadi lebih relaks.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Susah tidur meski sudah coba beragam cara? Coba luangkan waktu untuk bermesra-mesraan dengan pasangan di ranjang. Seks akan membantu pelepasan hormon prolaktin yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, lho.

4. Memperbaiki sistem imun

Berhubungan seks secara rutin diketahui dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga nggak gampang sakit. Risiko terserang flu atau demam pun bisa dihindari.

5. Menjaga berat badan tetap ideal

Seks juga bisa jadi alternatif olahraga untuk membantu menurunkan berat badan, lho. Berhubungan intim selama 30 menit terbukti dapat membakar sampai 200 kalori. Senyawa-senyawa tertentu yang dilepaskan otak selama seks berlangsung juga bisa membuat perut kenyang lebih lama. Berat badan pun bisa dikontrol.

6. Menjaga kesehatan jantung

Berhubungan seksual bisa menjadi cara untuk menjaga kesehatan jantung. Seks akan membantu menurunkan risiko tekanan darah sistolik yang sering kali memicu terjadinya serangan jantung dan stroke.

7. Meningkatkan self-image

Hubungan seksual yang dilakukan secara rutin dan konsensual ternyata juga dapat membantu meningkatkan self-image kita, lho. Selain menambah rasa percaya diri, seks juga akan membantu mengurangi perasaan insecure yang kerap dialami diri sendiri.

12 Cara Mengetahui Suami Puas atau Tidak Saat Berhubungan Seks


Ternyata ada banyak sekali manfaat yang kita dapat dari berhubungan seks secara rutin ya, Bu. Nah, sekarang masuk ke pertanyaan yang sudah ditunggu-tunggu: bagaimana sih cara mengetahui suami puas atau tidak di ranjang? Adakah cara untuk meningkatkan kepuasan pasangan ketika berhubungan intim? Ini dia jawabannya...

1. Tak segan meminta lebih dulu

Cara mengetahui suami puas atau tidak dengan aktivitas seksual bersamamu adalah dengan melihat inisiatifnya soal berhubungan intim. Cek apakah suami sering meminta untuk berhubungan di ranjang. Jika tidak, ini bisa jadi salah satu pertanda kalau suami kurang puas dengan seks denganmu sebagai istrinya. Psst... Nggak sedikit suami yang jarang berhubungan intim dengan istrinya karena sudah mendapat kepuasan di tempat lain, lho.

2. Pembawaannya bahagia

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, seks sangat menentukan kondisi emosional seseorang. Idealnya, makin sering dan puas seseorang di ranjang, makin bahagialah ia. Begitu pun dalam ikatan pernikahan.

Cara mengetahui suami puas atau tidak di ranjang adalah dengan melihat kondisi emosionalnya. Lihat apakah dia cukup bahagia. Jika sebaliknya, bisa jadi itu pertanda kalau suami kurang puas secara seksualitas. Ya, perasaan marah, moody, atau stres dan depresi juga merupakan tanda seseorang nggak puas dengan kehidupan seksualnya, lho.

3. Tidak pernah bertengkar soal seks

Seks punya pengaruh yang sangat besar terhadap kelanggengan rumah tangga. Kamu tentu sering dengar kan pasutri yang memutuskan bercerai karena salah satu pihak merasa kurang dipuaskan dalam hal seks?

Nah, cara mengetahui suami puas atau tidak adalah dengan merefleksi ulang soal hubungan. Adakah pernah terjadi pertengkaran yang dipicu oleh kehidupan ranjang yang tidak maksimal? Apakah suami pernah komplain terkait seks, misalnya durasi, intensitas, atau yang lainnya? Jika ada, bisa jadi itu salah satu tanda kalau suami kurang puas dengan kehidupan ranjangnya bersamamu.

4. Suami menyampaikan rasa puasnya

Meski tidak selalu, laki-laki umumnya akan jujur dengan segala sesuatu yang dirasakannya. Termasuk soal kepuasan hubungan seksualnya bersama sang istri. Nah, cara mengetahui suami puas atau tidak dengan kehidupan seksnya, kamu bisa menanyakannya langsung kepadanya.

Nggak ada salahnya menanyakan hal ini kepada suami. Selain mengetahui apakah dia puas atau tidak, hal ini juga bisa jadi bahan evaluasi untuk membuat kehidupan seks kalian lebih bergairah. Sesekali coba lempar pertanyaan seperti “Sayang, gimana sih perasaan kamu setelah berhubungan intim? Kamu ngerasa puas nggak dengan service yang aku berikan?”

5. Mau melakukan oral seks

Buat sebagian laki-laki, oral seks adalah tanda kepuasan dalam berhubungan seks. Laki-laki seringnya merasa oral seks hanya aktivitas “memberi”, tanpa “mendapatkan”. Jika ia tidak puas dan tidak mendapatkan apa yang diinginkan, maka besar kemungkinan ia juga akan menolak memberikan seks oral.

Nah, cara mengetahui suami puas atau tidak di ranjang adalah dengan melihat apakah dia bersedia memberikan oral seks kepadamu? Jika jawabannya iya, bisa dipastikan kalau dia memang puas dengan kehidupan seks kalian.

6. Kasih sayang yang tulus kepada istri

Cara mengetahui suami puas atau tidak yang berikutnya adalah dengan melihat afeksi atau kasih sayang yang dia berikan kepadamu sebagai istrinya. Seseorang yang puas dengan aktivitas ranjangnya pasti akan sangat sayang dan lekat dengan pasangannya.

Coba cek apakah di luar kamar si suami selalu berusaha menunjukkan kasih sayangnya kepadamu? Apakah suami selalu berusaha ingin dekat denganmu? Jika jawabannya iya, kemungkinan ia memang sudah cukup puas dengan sex life dalam pernikahan kalian berdua.

7. Tidak tergoda dan mencari kepuasan di luar

Kehidupan seksual yang memuaskan memang bukan jaminan suami bisa setia dengan pasangannya. Namun, hal ini juga bisa menjadi indikasi untuk mengetahui suami puas atau tidak dengan aktivitas ranjang bersama istrinya.

Suami yang kurang puas dengan kehidupan seksnya kerap mencari kepuasan di luar rumah. Ia akan selalu berusaha mencari apa yang tak bisa dia dapatkan dari istrinya—misalnya dengan berselingkuh atau “jajan” di luar.

8. Suami menikmatinya

Cara mengetahui suami puas atau tidak adalah dengan melihat apakah dia cukup menikmati sesi seks bersamamu? Nggak peduli seberapa sering hubungan seks dilakukan atau sevariatif apa gaya seks yang dicoba, hal terpenting untuk diketahui adalah apakah masing-masing pihak benar-benar merasa menikmatinya?

Untuk mengetahuinya, lihatlah apakah kamu merasa lebih dekat dengan suami setelah seks/di luar kamar? Bagaimana mood suami setelah berhubungan seks, lebih baik atau justru sebaliknya?

9. Komunikasi berjalan lancar

Ya, ada hubungan yang erat antara komunikasi dengan kepuasan seksual bersama pasangan. Seks = keterikatan. Sedikit seks = makin berkurang keterikatan dengan pasangan. Hubungan seksual yang memuaskan akan membuat komunikasi rumah tangga berjalan lancar. Begitu pula sebaliknya.

10. Cuddling setelah seks

Cara mengetahui suami puas atau tidak juga bisa dilihat dari kebiasaannya usai berhubungan intim. Jika setelah seks dia selalu bergegas pergi dan melanjutkan aktivitasnya, besar kemungkinan dia kurang puas dengan kehidupan seksualnya bersamamu.

Sebaliknya, jika suami tetap meluangkan waktu untuk cuddling, pillow talk, atau bermesraan sejenak dengan istri setelah sesi seks selesai, itu bisa jadi pertanda kalau dirinya puas dengan aktivitas ranjangnya.

11. Selalu bersikap romantis

Kepuasan seksual punya kaitan erat dengan keharmonisan hubungan, lho. Jika suami selalu bersikap romantis kepada istri, hal ini merupakan clue kalau dia puas dengan seksnya di ranjang. Sebaliknya, sikap tak acuh suami kepada istri bisa menjadi red flag dalam kehidupan seksualnya. Segera evaluasi ya!

12. Suami selalu membicarakan soal kehebatanmu di ranjang

Cara mengetahui suami puas atau tidak juga bisa dilihat dari bagaimana dia melihat atau membicarakan skill ranjangmu. Apakah suami selalu memuji kehebatanmu di ranjang? Seringkah dia berbicara soal betapa “lincahnya” kamu saat berhubungan intim? Sama seperti orang yang sednag jatuh cinta, suami yang puas dan bahagia pasti akan selalu berbicara soal betapa memuaskan kehidupan seksualnya—terutama kepadamu, pasangan sekaligus sumber kebahagiannya.

Tips Rahasia untuk Istri: Agar Suami Puas di Ranjang


Sekarang kamu sudah tahu cara mengetahui suami puas atau tidak. Nah, pertanyaan berikutnya adalah adakah cara atau tips khusus yang bisa dilakukan istri supaya suami selalu puas di ranjang? Ini dia jawabannya...

1. Jaga penampilan

Laki-laki adalah makhluk visual. Kepuasan seksualnya juga sangat bergantung terhadap penampilan pasangannya di ranjang. Jadi, pastikan kamu selalu tampil oke sebelum berhubungan intim dengan suami, ya!

Ini bukan berarti kamu harus dandan pol-polan. Tampil bersih dan wangi pun sudah cukup bagi suami. Bila perlu, kenakan pakaian yang seksi agar suami makin bergairah, ya!

2. Coba bersikap sensual!

Sikap sensual istri akan membuat pasangan makin bergairah, lho. Jadi, jangan malu-malu untuk selalu menunjukkan gestur sensual di depan suami ya, misalnya dengan menggigit bibir, eye contact, menyentuh rambut, atau menyentuh bagian tubuh yang lain dengan cara-cara yang seksi. Dijamin suami makin puas di ranjang!

3. Moaning

Moaning berupa teriakan atau desahan saat berhubungan seksual merupakan pertanda kalau kamu puas dan menikmatinya. Nah, kepuasan istri ini ternyata juga memengaruhi kepuasan suami, lho. Jadi, jangan ragu-ragu untuk moaning ketika sedang berhubungan intim, ya. Ini akan bikin suami makin ganas di ranjang, lho.

4. Coba variasi seks

Gaya seks yang itu-itu saja berpotensi bikin pasangan bosan dan kehidupan seksual menjadi kering. Tidak mau hal yang sama terjadi padamu, kan? Coba variasikan seks dengan mempraktikkan gaya-gaya baru yang belum pernah dicoba sebelumnya.

Sebagai variasi, kamu juga bisa menjajal role play (bermain peran), melakukan seks di luar kamar (dapur, ruang tamu, balkon rumah). Namun, pastikan aman dan nggak ada orang lain yang melihat ya!

5. Tetap percaya diri

Istri yang merasa percaya diri akan terlihat makin cantik di atas ranjang, lho. Singkirkan perasaan ragu-ragu saat berhubungan intim. Sambut rangsangan seksual dari suami dengan penuh percaya diri.

Hal inilah yang selalu dicari pasangan. Rasa percaya diri akan membuatmu lebih bebas dan menikmati setiap sesi bercinta dengan suami. Melihat istrinya puas dan bahagia, suami pun akan turut merasa puas. Nggak percaya? Coba saja!

Penulis: Kristal Pancarwengi
Editor: Dwi Ratih